Achmad Soebardjo: Béda antara owahan

Konten dihapus Konten ditambahkan
Arupako (parembugan | pasumbang)
c éjaan, replaced: Indonesia → Indonésia (16) using AWB
Top4Bot (parembugan | pasumbang)
éjaan using AWB
Larik 4:
|imagesize =
|caption =
|office = Mentri Luar Negeri RepublikRépublik Indonésia|Mentri Luar Negeri Indonésia
|order = 1
|term_start = [[2 September]] [[1945]]
Larik 42:
Ayahnya mulanya memberinya nama '''Teuku Abdul Manaf''', sedangkan ibunya memberinya nama Ahmad Subardjo.<ref name=Tempo75/> Nama Djojoadisoerjo ditambahkannya sendiri setelah dewasa, saat ia ditahan di penjara Ponorogo karena "[[Peristiwa 3 Juli 1946]]".<ref name=Tempo78>''[http://majalah.tempointeraktif.com/id/arsip/1978/12/23/NAS/mbm.19781223.NAS73505.id.html Ahmad Subardjo (1896-1978)]'', Copyright 2011 TEMPOinteraktif, 23 Desember 1978. Diakses 7 Februari 2011.</ref>
 
Ia bersekolah di [[Hogere Burger School]], [[Jakarta]] (saat ini setara dengan Sekolah Menengah Atas) pada tahun [[1917]]. Ia kemudian melanjutkan pendidikannya di [[Universitas Leiden]], [[BelandaWalanda]] dan memperoleh ijazah ''[[Meester in de Rechten]]'' (saat ini setara dengan Sarjana Hukum) di bidang [[undang-undang]] pada tahun [[1933]].
 
== Riwayat perjuangan ==
Semasa masih menjadi [[mahasiswa]], Soebardjo aktif dalam memperjuangkan [[kemerdekaan Indonésia]] melalui beberapa organisasi seperti [[Jong Java]] dan Persatuan Mahasiswa Indonésia di BelandaWalanda. Pada bulan Februari [[1927]], ia pun menjadi wakil Indonésia bersama dengan [[Mohammad Hatta]] dan para ahli gerakan-gerakan Indonésia pada persidangan antarbangsa "Liga Menentang Imperialisme dan Penindasan Penjajah" yang pertama di [[Brussels]] dan kemudiannya di [[Jerman]]. Pada persidangan pertama itu juga ada [[Jawaharlal Nehru]] dan pemimpin-pemimpin [[Nasionalisme|nasionalis]] yang terkenal dari [[Asia]] dan [[Afrika]]<ref>[http://www.indonesia-ottawa.org/page.php?s=1000history Gerakan Nasionalis]</ref>. Sewaktu kembalinya ke Indonésia, ia aktif menjadi anggota [[Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonésia]] (BPUPKI).
 
Dan pada tanggal [[17 Agustus]] [[1945]], Soebardjo dilantik sebagai [[Menteri Luar Negeri]] pada [[Kabinet Presidensial]], kabinet Indonésia yang pertama, dan kembali menjabat menjadi Menteri Luar Negeri sekali lagi pada tahun [[1951]] - [[1952]]. Selain itu, ia juga menjadi [[Duta Besar]] RepublikRépublik Indonésia di [[Switzerland]] antara tahun-tahun [[1957]] - [[1961]].
 
Dalam bidang [[pendidikan]], Sebardjo merupakan [[profesor]] dalam bidang Sejarah Perlembagaan dan Diplomasi RepublikRépublik Indonésia di Fakultas Kesusasteraan, [[Universitas Indonésia]].
 
== Wafat ==