Wikipédia:Mbesut kaca: Béda antara owahan

Konten dihapus Konten ditambahkan
Anggoro (parembugan | pasumbang)
cTanpa ringkesan besutan
 
Anggoro (parembugan | pasumbang)
salin basa, misah
Larik 1:
[[Wikipedia]] iku sawijining [[Wiki|WikiWiki]], kang artiné sapa wae bisa nyunting [[Wikipedia:Artikel|artikel]] sing '''[[Wikipedia:Kaca sing direksa|ora direksa]]''' lan ngetrapake owah-owahan iku langsung ing kaca kuwi uga.
 
Nyunting sawijining kaca Wiki iku gampang. Klik waé ''tab'' '''sunting''' (ing sisih tengen, dhuwur utawa ngisor kaca wiki). Sabanjuré, panjenengan bakal mlebu ing kothak teks sing bisa kanggo nyunting (''editing'') naskah kang bakal kapacak ing kaca wiki. Panjenengan beciké nyoba dhisik ana ing [[Wikipedia:Kothak Wedhi|kothak wedhi]]. Panggonan iki kanggo sinau kepriyé cara ''tag'' wikipedia lumaku.
{{terjemah|basa=Indonesia}}
Menyunting sebuah halaman Wiki itu mudah: Klik saja ''tab'' "'''sunting'''" di bagian atas (atau ''link'' "sunting" di sebelah kanan atau bawah) sebuah halaman Wiki. Ini akan membawa Anda ke sebuah halaman dengan kotak teks yang berisi teks yang dapat diedit untuk halaman itu. (Jika Anda hanya ingin bereksperimen, lakukan di halaman [[Wikipedia:Bak pasir|bak pasir]] kami, bukan di sini. Anda dapat membuka [[Wikipedia:Bak pasir|bak pasir]] di ''window'' atau ''tab'' lain agar dapat melihat teks ini dan hasil percobaan Anda di bak pasir.)
 
Mulailah mengetik, dan kemudian tuliskan [[Wikipedia:Ringkasan|ringkasan suntingan]] pendek di ruang kecil di bawah kotak penyuntingan. Klik [[Wikipedia:Lihat pratayang|Lihat pratayang]] untuk melihat bagaimana perubahan Anda akan diterapkan, lalu tekan "Simpan halaman". Tergantung sistem Anda, menekan "Enter" ketika kotak penyuntingan tidak aktif (ketika tidak ada kursor mengetik di dalamnya) mungkin mempunyai efek yang sama dengan menekan tombol "Simpan halaman". Selain itu, jangan merusak informasi-informasi yang ada di Wikipedia.
 
Panjenengan bisa miwiti ngetik ing kothak teks mau. Panjenengan bisa nambahi katrangan utawa mbeneraké katrangan sing klèru. Eling, tulisan ing wikipedia '''kudu nétral'''! Sawisé tulisan wis dadi, panjenengan beciké ''nonton dhisik'' sadurungé disimpen.
Anda juga dapat mengklik ''tab'' "'''diskusi'''" (atau ''link'' "'''Diskusikan halaman ini'''") untuk melihat halaman [[Wikipedia:Halaman pembicaraan|halaman pembicaraan]] yang bersangkutan, yang berisi komentar-komentar tentang halaman tersebut dari pengguna Wikipedia yang lainnya. Klik pada ''tab'' "'''+'''" (atau "'''Sunting halaman ini'''") untuk menambah komentar Anda.
 
Ana kalané isi Wikipedia prelu dirembug, apa manèh yèn ana sing ora nétral utawa ''data''-né salah. Panjenengan bisa klik ''tab'' "'''+'''" utawa '''dhiskusi''' kanggo ngrembug perkara mau.
==Informasi lebih lanjut mengenai pengeditan halaman wiki==
Halaman ini adalah sebuah referensi mengenai '''markup wiki'''. Anda mungkin perlu juga mengetahui tentang:
* Wiki Markup: [[Wikipedia:Memulai halaman baru|Memulai halaman baru]]
* Cara pengeditan secara umum di [[Wikipedia:Editing FAQ|FAQ Penyuntingan]]
* Tips untuk [[Wikipedia:Berkontribusi di Wikipedia|berkontribusi di Wikipedia]] sebagai saran, petunjuk dan inspirasi umum.
 
==Katrangan luwih premana perkara nyunting kaca wiki==
==Tips dalam menyunting artikel-artikel Wikipedia==
Panjenengan bisa niliki kaca-kaca pitulungan liyané:
* [[Wikipedia:Miwiti kaca anyar|Miwiti kaca anyar]].
* [[Wikipedia:Suntingan FAQ|Pitakonan sing asring kawetu]].
* [[Wikipedia:Wiki markup|Wiki markup]].
 
==Tips panyuntingan==
Harap diingat agar menulis artikel dari [[Wikipedia:Sudut pandang netral|sudut pandang yang netral]] (''neutral point of view''/''NPOV''), dan berikan sumber-sumber tulisan Anda agar orang lain dapat memeriksa dan memperpanjang tulisan Anda.
* Panjenengan '''[[Wikipedia:Panyawang netral|kudu nétral]]''' ''(Neutral point of view/NPOV)''.
* Kanthi tulisan sing panjenengan gawé, coba panjenengan klik ''Pranala kaca iki'' kanggo mriksa kaca-kaca liya sing kasambung pranala menyang tulisan sing panjenengan gawé. Yèn ana sing béda, beciké panjenengan beneraké utawa ditakonaké marang sing nulis.
* Yèn ora ana pranala tumuju menyang kaca sing panjenengan tulis, iku artiné kaca iku klebu '''kaca kasepèn''' ''(lonely pages).Kaca kasepèn arang ditiliki para pamaos. Beciké panjenengan nggolèki naskah liya sing magepokan lan gawé pranala ing naskah liya mau.
* Mriksani artikel sing padha ing Wikipedia basa liya kanggo njangkepi tulisan lan mènèhi [[Wikipedia:Interwiki|interwiki]].
 
==Gawé pranala==
Jika pada saat penyuntingan Anda ingin melihat versi saat ini lagi, buka "Batalkan" di ''window'' baru. Ini tidak akan membatalkan penyuntingan Anda.
Pranala ''(link)'' iku pérangan wigati ing kaca wiki. Sebisané, panjenengan gawé pranala ing naskah utawa tulisan sing panjenengan gawé. Pranala utawa sambungan menyang kaca liya iku bisa wis ana, bisa uga ora ana (''kaca buntu'' utawa ''dead-end pages'').
 
==Suntingan sithik==
Setelah memulai halaman baru, merupakan hal yang baik jika Anda:
Yèn panjenengan ''[[Astamiwa:Userlogin|login]]'', nalika nyunting ana pilihan katrangan cénthangan ''sithik''. Iku kanggo suntingan sing ora ngowahi akèh isi tulisan.
* Dengan halaman tulisan Anda ditampilkan, menggunakan ''Pranala ke halaman ini'' untuk memeriksa artikel-artikel yang telah mempunyai pranala ke halaman Anda, dan memastikan mereka semua mengharapkan penjelasan yang sama dengan apa yang telah Anda berikan;
* Menggunakan tombol "Cari" untuk menampilkan halaman pencarian [[Google]] terhadap Wikipedia untuk judul topik Anda (dan mungkin juga variasi-variasi judulnya), untuk mencari artikel yang memuat topik Anda, dan membuat pranala jika diperlukan;
* Memeriksa apakah ada artikel-artikel yang bersangkutan di Wikipedia bahasa lain yang bisa Anda baca.
 
===Membuat artikel yang anda buat dapat dicari orang lain===
Jika Anda membuat artikel baru, Anda tentu saja mengharapkan artikel yang Anda buat dapat dicari dengan mudah pengguna lain dengan mudah. Buatlah ''link'' ke artikel yang Anda buat dari artikel-artikel yang lain sebanyak mungkin, tentu saja dari artikel-artikel yang berhubungan. Apabila artikel Anda tidak memiliki link dari artikel manapun juga (hal ini dinamakan sebagai "halaman tak bertuan" atau ''lonely pages''), sangat kecil kemungkinan artikel yang anda buat dibaca pengguna lain. Contohnya: artikel [[A-10 Thunderbolt II]] tidak memiliki link dari artikel manapun. Dikarenakan hal teknis suatu artikel baru belum dapat dimasukkan dalam hasil pencarian karena memerlukan proses ''update'' basis data terlebih dahulu, sehingga kemungkinan kecil artikel itu muncul dalam pencarian (''search'') "Thunderbolt". Untuk dapat mengakses artikel itu secara langsung dengan mengetik pada ''url'' atau alamat web, pengguna harus mengetik secara persis nama artikel tersebut. (A-10 Thunderbolt II tidak sama dengan a-10 thunderbolt II atau Thunderbolt II atau A-10 thunderbolt II dan sebagainya).
 
[[kategori:Wikipedia]]
===Membuat link===
Buatlah ''link'' pada artikel yang Anda buat sebisa mungkin. (lihat [[Wikipedia:Wikifisasi]]) Tapi harap diperhatikan bahwa link yang Anda buat haruslah sah bahwa artikel yang dituju itu benar dan sebisa mungkin telah ada. Artikel yang tidak mempunyai ''link'' (dinamakan dengan "halaman buntu" atau "dead-end pages") tidak akan dihitung sebagai artikel yang sah dalam [[Istimewa:Statistics|statistik jumlah artikel]].
 
===Membuat pengalihan===
Dalam membuat pengalihan atau ''redirect'' harap diperhatikan agar artikel yang dituju bukan merupakan artikel pengalihan juga (hal ini dinamakan pengalihan berganda atau "double redirect"). Harap diperhatikan juga bahwa artikel yang dituju haruslah ada. (pengalihan ke artikel yang belum ada dinamakan pengalihan halaman rusak atau "broken redirects"). Lihat [[Wikipedia:Pengalihan]].
 
===Masa ''timeout'' 60-detik pada ''browser'' Safari===
Jika Anda menggunakan ''browser'' Safari pada Mac OS X, Anda mungkin akan menyadari bahwa masa ''timeout'' 60-detik pada ''browser'' lebih pendek daripada jumlah waktu yang diperlukan agar hasil suntingan Anda dapat dipastikan, terutama ketika beban server sedang tinggi. Mengklik "Simpan" sekali lagi akan membuat suntingan kembali dilakukan, yang bisa berakibat buruk jika Anda hanya melakukan suntingan pada suatu bagian. Anda mungkin ingin meng''install'' [http://www.unsanity.com/products/free SafariNoTimeout], sebuah ''extension'' gratis yang bisa menambah masa ''timeout'' dari 60 detik menjadi 10 menit. Safari juga mempunyai ''plug-in'' [http://haoli.dnsalias.com/Saft/ Saft] yang memperbolehkan Anda untuk mengubah masa ''timeout'', tetapi ini tidak gratis.
 
==Suntingan kecil==
''Lihat pula [[Wikipedia:Suntingan kecil]]''
 
Ketika menyunting sebuah halaman, seorang pengguna yang telah [[Istimewa:Userlogin|login]] dapat menandai suntingan tersebut sebagai suntingan "kecil". Suntingan kecil biasanya berupa koreksi ejaan, pemformatan, dan penataan kembali teks yang kecil. Anda dapat ''menyembunyikan'' suntingan kecil ketika melihat [[Wikipedia:Perubahan terbaru|Perubahan terbaru]]. Menandai perubahan yang besar sebagai sebuah suntingan kecil merupakan suatu perbuatan yang kurang baik, apalagi jika ia melibatkan penghapusan banyak teks. Jika seseorang telah secara tidak sengaja menandai sebuah suntingan sebagai suntingan kecil, orang tersebut harus kembali menyunting sumber halaman (''page source'') itu sekali lagi dan menandai suntingan itu sebagai besar (atau sebenarnya hanya perlu menghapus tanda cek pada bagian "Tandai sebagai suntingan kecil."), dan tuliskan bahwa perubahan sebelumnya merupakan suntingan besar di bagian Ringkasan.
 
==Markup Wiki==
Di kolom sebelah kiri tabel berikut ini, Anda dapat melihat efek-efek apa saja yang dapat dilakukan di Wikipedia. Di kolom sebelah kanan, Anda dapat melihat bagaimana efek-efek tersebut diperoleh. Dengan kata lain, untuk membuat teks terlihat seperti apa yang terlihat di kolom sebelah kiri, ketikkan teks dalam format seperti yang ada di sebelah kanan.
 
Anda mungkin ingin membiarkan halaman ini terbuka di ''window browser'' yang terpisah sebagai rujukan. Jika Anda ingin mencoba melakukan sesuatu tanpa merusak apapun, lakukan di '''[[Wikipedia:Bak pasir|Bak pasir]]'''.
 
'''CATATAN''': Bagian "Markup Wiki" ini dibagi ke dalam dua halaman untuk mengurangi ''size'' halaman ini:
* Bagian pertama: '''Bagian, paragraf, daftar-daftar dan baris, Pranala dan URL''' di halaman ini,
* Bagian kedua: '''[[Wikipedia:Markup Gambar, Pemformatan Karakter, Tabel, Variabel dan Templat|Gambar, Pemformatan Karakter, Tabel, Variabel dan Templat]]''' di halaman terpisah (klik pada ''link'' tebal).
 
===Bagian, paragraf, daftar-daftar dan baris===
 
----
 
{| border="1" cellpadding="2" cellspacing="0"
|-
! Hasil yang Anda dapatkan
! Yang Anda ketikkan
|- valign="top"
|
Mulai bagian-bagian halaman Anda sebagai berikut:
 
'''<font style="font-size:120%">Bagian baru</font>'''
 
'''<font style="font-size:110%">Sub-bagian baru</font>'''
 
'''<font style="font-size:100%">Sub-sub-bagian baru</font>'''
 
* Mulai dengan menggunakan ''heading'' level-kedua (<tt><nowiki>==</nowiki></tt>); jangan gunakan ''heading'' level-pertama (=).
* Jangan melangkahi level (misalnya, level-kedua dilanjutkan level-keempat).
|
<pre><nowiki>
==Bagian baru==
 
===Sub-bagian baru===
 
====Sub-sub-bagian baru====
</nowiki></pre>
|- valign="top"
|
Sebuah ''[[newline]]'' (tidak adanya
sebuah baris kosong di antara dua
baris kalimat) biasanya tidak akan
mempunyai efek pada tata letak.
''Newline'' dapat digunakan untuk
memisah kalimat-kalimat terpisah
dalam sebuah paragraf. Beberapa
editor mengatakan bahwa ini membantu
penyuntingan dan memperbaiki fungsi
''diff'' (digunakan secara internal
untuk membandingkan versi-versi
berbeda sebuah halaman).
 
Tetapi sebuah baris yang kosong
memulai sebuah paragraf baru.
 
* Ketika digunakan dalam sebuah daftar, ''newline'' ''akan'' mempengaruhi tata letak ([[#daftar-daftar|lihat di bawah]]).
|
<pre><nowiki>
Sebuah ''[[newline]]'' (tidak adanya
sebuah baris kosong di antara dua
baris kalimat) biasanya tidak akan
mempunyai efek pada tata letak.
''Newline'' dapat digunakan untuk
memisah kalimat-kalimat terpisah
dalam sebuah paragraf. Beberapa
editor mengatakan bahwa ini membantu
penyuntingan dan memperbaiki fungsi
''diff'' (digunakan secara internal
untuk membandingkan versi-versi
berbeda sebuah halaman).
 
Tetapi sebuah baris yang kosong
memulai sebuah paragraf baru.
</nowiki></pre>
|- valign="top"
|
Anda dapat memisahkan baris-baris<br>
tanpa perlu memulai sebuah paragraf
baru.
 
* Gunakan ini secukupnya.
|
<pre><nowiki>
Anda dapat memisahkan baris-baris<br>
tanpa perlu memulai sebuah paragraf
baru.
</nowiki></pre>
|- id="daftar-daftar" valign="top"
|
* Membuat daftar sangat mudah:
** Mulakan setiap baris dengan tanda bintang.
*** Lebih banyak bintang berarti level yang lebih dalam.
**** Sebuah ''newline'' dalam daftar menandakan akhir sebuah daftar.
 
*Sebuah baris kosong memulai daftar baru.
|
<pre><nowiki>
* Membuat daftar sangat mudah:
** Mulakan setiap baris dengan tanda bintang.
*** Lebih banyak bintang berarti level yang
lebih dalam.
**** Sebuah ''newline'' dalam daftar
menandakan akhir sebuah daftar.
 
*Sebuah baris kosong memulai daftar baru.
</nowiki></pre>
|- valign="top"
|
# Daftar bernomor juga bagus
## sangat teratur
## mudah diikuti
|
<pre><nowiki>
# Daftar bernomor juga bagus
## sangat teratur
## mudah diikuti
</nowiki></pre>
|- valign="top"
|
* Anda bahkan dapat membuat daftar bercampur
*# dan gabungkan mereka
*#* seperti ini
|
<pre><nowiki>
* Anda bahkan dapat membuat daftar bercampur
*# dan gabungkan mereka
*#* seperti ini
</nowiki></pre>
|- valign="top"
|
; Daftar definisi : daftar yang berisi definisi
; item : definisi item tersebut
; item lainnya
: definisi item lainnya
 
* Satu item per baris; sebuah ''newline'' dapat tampil sebelum tanda titik dua (:), namun sebuah spasi sebelum tanda titik dua membantu penguraian.
|
<pre><nowiki>
; Daftar definisi : daftar yang berisi definisi
; item : definisi item tersebut
; item lainnya
: definisi item lainnya
</nowiki></pre>
|- valign="top"
|
: Sebuah tanda titik dua menginden sebuah baris atau paragraf.
Sebuah ''newline'' manual memulai paragraf baru.
 
* Ini biasanya digunakan hanya untuk material yang ditampilkan, tetapi juga juga digunakan untuk diskusi dalam [[Wikipedia:Halaman pembicaraan|Halaman-halaman pembicaraan]].
|
<pre><nowiki>
: Sebuah tanda titik dua menginden sebuah baris
atau paragraf.
Sebuah ''newline'' manual memulai paragraf baru.
</nowiki></pre>
|- valign=top
|
JIKA sebuah baris dimulai dengan sebuah spasi
MAKA
ia akan diformat persis seperti
yang diketikkan;
dalam ''fixed-width font'';
baris-baris takkan melangkahi satu sama lain;
AKHIRJIKA
ini berguna untuk:
* mem''paste'' teks yang telah diformat sebelumnya;
* deskripsi algoritma;
* kode sumber (''source code'') program;
* [[seni ASCII]];
* struktur kimia;
 
* '''PERINGATAN:''' Jika Anda membuatnya lebar, Anda memaksa seluruh halaman menjadi lebar dan dengan demikian, lebih susah dibaca, terutama untuk orang-orang dengan layar beresolusi rendah. Jangan pernah memulai baris biasa dengan ''space''.
|
<pre><nowiki>
JIKA sebuah baris dimulai dengan sebuah spasi
MAKA
ia akan diformat persis seperti
yang diketikkan;
dalam ''fixed-width font'';
baris-baris takkan melangkahi satu sama lain;
AKHIRJIKA
ini berguna untuk:
* mem''paste'' teks yang telah diformat sebelumnya;
* deskripsi algoritma;
* kode sumber (''source code'') program;
* [[seni ASCII]];
* struktur kimia;
</nowiki></pre>
|- valign="top"
|
<center>Teks di tengah.</center>
<br>''Gunakan ejaan "center" (bukan "centre").''
|
<pre><nowiki>
<center>Teks di tengah.</center>
</nowiki></pre>
|- valign="top"
|
Sebuah garis pemisah horisontal:
ini di atasnya
----
dan ini di bawahnya.
 
* Berguna untuk memisah topik-topik dalam halaman pembicaraan.
* Juga berguna untuk [[Wikipedia:Disambiguasi|meng''disambiguasi'']] dalam sebuah artikel tanpa perlu memulai halaman baru.
|
<pre><nowiki>
Sebuah garis pemisah horisontal:
ini di atasnya
----
dan ini di bawahnya.
</nowiki></pre>
|}
 
=== Pranala dan URL===
{| border="1" cellpadding="2" cellspacing="0"
|-
! Hasil yang Anda dapatkan
! Yang Anda ketikkan
|- valign="top"
|
Surabaya merupakan nama sebuah [[kota]] di Indonesia.
 
* Sebuah pranala ke artikel Wikipedia.
* Secara internal, huruf pertama halaman tujuan dijadikan huruf besar secara otomatis dan spasi direpresentasikan sebagai garis bawah (''underscore'') - mengetikkan garis bawah di pranala tersebut mempunyai efek yang sama seperti mengetikkan spasi namun ini tidak dianjurkan.
* Dengan demikian pranala di atas akan menuju ke [[URL]] http://id.wikipedia.org/wiki/Kota, yang merupakan artikel Wikipedia dengan nama "Kota". Lihat pula [[Wikipedia:Kanonikalisasi]].
|
<pre><nowiki>
Surabaya merupakan nama sebuah [[kota]] di Indonesia.
</nowiki></pre>
|- valign="top"
|
Daerah [[Kota|perkotaan]] biasanya menjadi tujuan urbanisasi.
 
* Target yang sama namun dengan nama yang berbeda.
* Ini adalah sebuah ''[[Wikipedia:Piped link|piped link]]''.
|
<pre><nowiki>
Daerah [[Kota|perkotaan]] biasanya menjadi tujuan urbanisasi.
</nowiki></pre>
|- valign="top"
|
Lihat [[Wikipedia:Piped link]].
 
* Pranala ke [[Wikipedia:namespace|namespace]] Wikipedia lainnya.
|
<pre><nowiki>
Lihat [[Wikipedia:Piped link]].
</nowiki></pre>
|- id="link-to-section" valign="top"
|
[[Indonesia#Geografi]] adalah sebuah pranala
ke suatu bagian dalam sebuah halaman.
 
[[#Pranala dan URL]] adalah sebuah pranala
ke suatu bagian pada halaman saat ini.
 
[[#contoh]] adalah sebuah pranala menuju
sebuah jangkar (''anchor'') yang diciptakan
menggunakan
<div id="contoh">sebuah atribut id</div>
 
* Bagian setelah tanda nomor (#) harus cocok dengan suatu judul bagian halaman tersebut, atau sebuah penanda (''identifier'') yang diciptakan melalui cara yang lain. Kecocokan haruslah benar-benar tepat baik dalam hal pengejaan, huruf besar/kecil dan tanda baca. Pranala menuju bagian yang tidak ada akan dianggap sebagai pranala menuju bagian teratas halaman tersebut.
* Penanda (''Identifier'') bisa dibuat dengan meletakkan atribut <code>id="..."></code> kepada hampir semua elemen HTML apapun.
|
<pre><nowiki>
[[Indonesia#Geografi]] adalah sebuah pranala
ke suatu bagian dalam sebuah halaman.
 
[[#Pranala dan URL]] adalah sebuah pranala
ke suatu bagian pada halaman saat ini.
 
[[#contoh]] adalah sebuah pranala menuju
sebuah jangkar (''anchor'') yang diciptakan
menggunakan
<div id="contoh">sebuah atribut id</div>
</nowiki></pre>
|- valign="top"
|
Menyembunyikan sesuatu secara otomatis dalam tanda kurung:
[[kabinet (pemerintahan)|kabinet]].
 
Menyembunyikan ''namespace'' secara otomatis:
[[Wikipedia:Bak pasir|Bak pasir]].
 
Atau kedua-duanya:
[[Wikipedia:Manual of Style (headings)|Manual of Style]]
 
Tapi tidak dengan:
[[Wikipedia:Manual of Style#Links|]]
 
* Server kami mengisi bagian setelah karakter pipa (|) ketika anda menyimpan halaman Anda. Pada kali berikutnya Anda membuka halaman kotak penyuntingan Anda, Anda akan melihat ''piped link'' yang telah diperluas. Ketika Anda mempratilik suntingan Anda, Anda tidak akan melihat bentuk yang telah diperluas hingga setelah Anda menekan "Simpan" dan "sunting" lagi. Hal yang sama berlaku untuk pranala-pranala menuju bagian-bagian di dalam halaman yang sama. ([[#link-to-section|lihat entri sebelumnya]]).
|
<pre><nowiki>
Menyembunyikan sesuatu secara otomatis dalam tanda kurung:
[[kabinet (pemerintahan)|]].
 
Menyembunyikan ''namespace'' secara otomatis:
[[Wikipedia:Bak pasir|]].
 
Atau kedua-duanya:
[[Wikipedia:Manual of Style (headings)|]]
 
Tapi tidak dengan:
[[Wikipedia:Manual of Style#Links|]]
</nowiki></pre>
|- valign="top"
|
[[Peperangan di seluruh dunia]] adalah sebuah
halaman yang belum ada.
 
* Anda bisa menciptakannya dengan mengklik pranala tersebut (tetapi jangan lakukan itu pada pranala yang satu ini).
* Untuk memulai halaman baru:
*# Buat pranala menuju halaman itu dari halaman lainnya yang berhubungan.
*# Simpan halaman tersebut.
*# Klik pada pranala yang baru saja Anda buat. Halaman baru tersebut akan dibuka untuk penyuntingan.
* Unutk informasi lebih lanjut, lihat [[Wikipedia:Memulai halaman baru]] dan lihat pula [[Wikipedia:Konvensi penamaan]].
* Harap jangan memulai artikel baru tanpa menyambungkannya dari setidaknya satu artikel lainnya.
|
<pre><nowiki>
[[Peperangan di seluruh dunia]] adalah sebuah
halaman yang belum ada.
</nowiki></pre>
|- valign="top"
|
[[Wikipedia:Menyunting sebuah halaman]] adalah halaman ini.
 
* [[Pranala sendiri]] tampil sebagai teks tebal ketika artikel tersebut dibaca.
* Jangan gunakan teknik ini untuk membuat nama artikel tebal di paragraf pertama<!--; lihat [[Wikipedia:Manual of Style#Article names|Manual of Style]]-->.
|
<pre><nowiki>
[[Wikipedia:Menyunting sebuah halaman]] adalah halaman ini.
</nowiki></pre>
|- valign="top"
|
Ketika menambahkan komentar kepada suatu halaman
pembicaraan, Anda harus menandakannya dengan
menambahkan tiga tanda gelombang untuk menambahkan
''username'' Anda:
: [[Pengguna:Hayabusa_future|Hayabusa_future]]
atau empat untuk ''username'' dengan tanggal/waktu:
: [[Pengguna:Hayabusa_future|Hayabusa_future]] 08:10 5 Okt 2002 (UTC)
 
Keduanya menambah sebuah pranala menuju [[Wikipedia:Halaman Pengguna|halaman pengguna]] Anda.
 
Lima tanda gelombang hanya menampilkan tanggal/waktu:
: 12:57, 22 Aug 2004 (UTC)
|
<pre><nowiki>
Ketika menambahkan komentar kepada suatu halaman
pembicaraan, Anda harus menandakannya dengan
menambahkan tiga tanda gelombang untuk menambahkan
''username'' Anda:
: ~~~
atau empat untuk ''username'' dengan tanggal/waktu:
: ~~~~
 
Lima tanda gelombang hanya menampilkan tanggal/waktu:
: ~~~~~
</nowiki></pre>
|- valign="top"
|
* [[Wikipedia:Redirect|Alihkan]] (''Redirect'') suatu artikel ke artikel lainnya dengan meletakkan sebuah arahan seperti yang ditunjukkan di sebelah kanan pada baris ''pertama'' artikel tersebut (misalnya di halaman berjudul "[[AS]]").
* Perhatikan bahwa pengalihan ke suatu ''bagian'' tidak dapat dilakukan. Misalnya "<nowiki>#REDIRECT [[Amerika Serikat#Pembagian Administratif]]</nowiki>" akan mengalih ke halaman [[Amerika Serikat]] namun tidak menuju ke bagian yang spesifik di dalamnya.
|
<pre><nowiki>
#REDIRECT [[Amerika Serikat]]
</nowiki></pre>
|- valign="top"
|
* Alihkan ke halaman lain dengan subyek yang sama dalam bahasa lain dengan menggunakan pranala dalam bentuk: <nowiki>[[:kode bahasa:Judul]]</nowiki>. Contohnya [[:fr:Aide]].
* Di manapun Anda menempatkan pranala-pranala ini sewaktu penyuntingan tidak menjadi masalah, karena mereka akan selalu muncul pada tempat yang sama setelah anda menyimpan halamnnya, namun peletakan di akhir kotak penyuntingan dianjurkan.
* Lihat [[Wikipedia:Pranala antarbahasa]] dan [[m:Complete list of language wikis available|daftar bahasa dan kode-kodenya]].
|
<pre><nowiki>
[[:fr:Aide]]
</nowiki></pre>
|- valign="top"
|
Halaman '''Pranala ke halaman ini''' dan
'''Perubahan terkait''' dapat disambungkan dengan:
[[Istimewa:Whatlinkshere/Wikipedia:Menyunting sebuah halaman]]
dan
[[Istimewa:Recentchangeslinked/Wikipedia:Menyunting sebuah halaman]]
 
|
<pre><nowiki>
Halaman '''Pranala ke halaman ini''' dan
'''Pranala pilihan''' dapat disambungkan dengan:
[[Istimewa:Whatlinkshere/Wikipedia:Menyunting sebuah halaman]]
dan
[[Istimewa:Recentchangeslinked/Wikipedia:Menyunting sebuah halaman]]
</nowiki></pre>
|- valign="top"
|
Halaman '''sumbangan''' seorang pengguna bisa disambungkan dengan:
[[Istimewa:Contributions/UserName]]
atau
[[Istimewa:Contributions/192.0.2.0]]
 
|
<pre><nowiki>
Halaman '''sumbangan''' seorang pengguna bisa disambungkan dengan:
[[Istimewa:Contributions/UserName]]
atau
[[Istimewa:Contributions/192.0.2.0]]
</nowiki></pre>
|- valign="top"
|
* Untuk memasukkan sebuah artikel ke dalam sebuah [[Wikipedia:Category|kategori]], letakkan pranala seperti yang ada di sebelah kanan di manapun di dalam artikel. Sama seperti pranala antarbahasa, bukan masalah di mana Anda meletakkan pranala-pranala ini ketika penyuntingan karena mereka akan selalu muncul di tempat yang sama setelah halaman disimpan, namun peletakan di akhir kotak penyuntingan dianjurkan.
 
|
<pre><nowiki>
[[Category:Nama kategori]]
</nowiki></pre>
|- valign="top"
|
* Untuk ''menyambungkan'' ke sebuah [[Wikipedia:Kategori|halaman kategori]] tanpa memasukkan artikel tersebut ke dalam kategorinya, gunakan tanda titik dua (:) di awal pranalanya.
 
|
<pre><nowiki>
[[:Category:Nama kategori]]
</nowiki></pre>
|- id="pranala-eksternal" valign="top"
|
Tiga cara untuk membuat pranala ke sumber-sumber eksternal (non-wiki):
# URL saja: http://www.nupedia.com/ (''style'' yang buruk)
# Pranala yang tidak dilabel: [http://www.nupedia.com/] (''style'' yang buruk)
# Pranala yang dilabel: [http://www.nupedia.com Nupedia]
 
:Lihat [[MetaWikiPedia:Interwiki_map]] untuk daftar ''shortcut''.
 
* Tanda kurung kotak menandakan sebuah pranala eksternal (pranala luar). Perhatikan pengunaan ''space'' (bukan ''pipe'') untuk memisahkan URL dari teks pranala di versi yang "dilabel".
* Pada [[URL]], semua simbol harus meliputi:<br/>'''A-Z a-z 0-9 . _ \ / ~ % - + &amp; # ? ! = ( ) @ \x80-\xFF'''
* Jika sebuah URL berisi karakter yang tidak ada dalam daftar tersebut, ia harus dikodekan dengan menggunakan tanda persen (%) diikuti dengan kode [[heksadesimal]] karakter tersebut, yang dapat ditemukan di tabel berisi [[ASCII#karakter yang dapat dicetak|karakter ASCII yang dapat dicetak]]. Misalnya, karakter ''caret'' (^) dikodekan di URL sebagai '''%5E'''.
* Lihat [[Wikipedia:Pranala Luar]] unutk hal-hal mengenai ''style''.
|
<pre><nowiki>
Tiga cara untuk membuat pranala ke sumber-sumber eksternal (non-wiki):
# URL saja: http://www.nupedia.com/ (''style'' yang buruk)
# Pranala yang tidak dilabel: [http://www.nupedia.com/] (''style'' yang buruk)
# Pranala yang dilabel: [http://www.nupedia.com Nupedia]
</nowiki></pre>
|- valign="top"
|
Membuat pranala ke wiki lainnya:
# Pranala [[Interwiki]]: [[Wiktionary:Hallo]]
# Pranala Interwiki berlabel: [[Wiktionary:Halo|Hallo]]
# Pranala Interwiki tanpa prefiks: [[Wiktionary:Hallo|Hallo]]
 
* Semua bentuk di atas menuju ke URL http://en.wiktionary.org/wiki/Hallo
* Perlu diperhatikan bahwa pranala interwiki menggunakan ''style'' pranala ''internal''.
* Lihat [[MetaWikiPedia:Interwiki_map]] untuk daftar ''shortcut''; jika situs yang ingin Anda sambungkan tidak ada di daftar tersebut, gunakan pranala eksternal ([[#pranala-eksternal|lihat di atas]]).
* Lihat pula [[Wikipedia:Bagaimana membuat pranala ke proyek Wikipedia lainnya]].
 
Membuat pranala ke wiktionary bahasa lain:
# [[Wiktionary:fr:Bonjour]]
# [[Wiktionary:fr:Bonjour|Bonjour]]
# [[Wiktionary:fr:Bonjour|fr:Bonjour]]
 
* Semua bentuk di atas menuju ke URL http://fr.wiktionary.org/wiki/Bonjour
|
<pre><nowiki>
Membuat pranala ke wiki lainnya:
# Pranala [[Interwiki]]: [[Wiktionary:Hallo]]
# Pranala Interwiki berlabel: [[Wiktionary:Halo|Hallo]]
# Pranala Interwiki tanpa prefiks: [[Wiktionary:Hallo|]]
 
Membuat pranala ke wiktionary bahasa lain:
# [[Wiktionary:fr:Bonjour]]
# [[Wiktionary:fr:Bonjour|Bonjour]]
# [[Wiktionary:fr:Bonjour|]]
</nowiki></pre>
|- valign="top"
|
ISBN 012345678X
 
ISBN 0-123-45678-X
 
* Buat pranala ke buku-buku dengan menggunakan nomor [[Wikipedia:ISBN|ISBN]] mereka. Ini lebih disukai daripada menyambungkan pranala tersebut ke sebuah toko buku ''online'' secara spesifik, karena dengan begini pengguna akan mempunyai lebih banyak pilihan toko buku.
* Pranala ISBN tidak memerlukan markup tambahan lainnya asalkan Anda menggunakan salah satu format yang tersedia.
|
<pre><nowiki>
ISBN 012345678X
 
ISBN 0-123-45678-X
</nowiki></pre>
|- valign=top
|
Format tanggal:
# [[20 Juli]] [[1969]]
# [[20-07]] [[1969]]
 
* Buat pranala tanggal-tanggal dalam salah satu format di atas agar semua orang dapat mengeset aturan tampilan mereka sendiri. Jika Anda sudah [[Istimewa:Userlogin|log in]], Anda dapat menggunakan [[Istimewa:Preferences]] untuk mengganti setting tampilan tanggal Anda sendiri.
|
<pre><nowiki>
Format tanggal:
# [[20 Juli]] [[1969]]
# [[20-07]] [[1969]]
</nowiki></pre>
|- valign="top"
|
[http://upload.wikimedia.org/wikipedia/en/9/97/Sg_mrob.ogg Suara]
 
*Untuk memasukkan pranala ke ''upload'' non-gambar seperti suara, gunakan pranala "media". Untuk gambar, [[Wikipedia:Markup Gambar, Pemformatan Karakter, Tabel, Variabel dan Templat#Gambar|lihat bagian berikutnya]].
|
<pre><nowiki>
[[media:Sg_mrob.ogg|Suara]]
</nowiki></pre>
|}
 
: ''Berlanjut ke bagian kedua: '''[[Wikipedia:Markup Gambar, Pemformatan Karakter, Tabel, Variabel dan Templat|Gambar, Pemformatan Karakter, Tabel, Variabel dan Templat]]'''''
 
==Lihat pula==
*[[:Wikipedia:Jangan ragu menyunting artikel|Jangan ragu menyunting artikel]]
*{{en}} [[m:Help:Editing|Panduan pengguna Mediawiki untuk penyuntingan]]
*[[Wikipedia:MediaWiki]]
*[[Elemen HTML]]
*[[Wikipedia:Kebijakan dalam melindungi halaman]]
 
[[Kategori:Wikipedia|Menyunting sebuah halaman]]
 
[[am:Help:Editing]]
[[ang:Wikipedia:How to edit a page]]
[[ar:ويكيبيديا:مساعدة التحرير]]
[[be:Вікіпэдыя:Як рэдагаваць існуючы артыкул]]
[[bg:Уикипедия:Как се редактират страници]]
[[bs:Wikipedia:Kako izmjeniti stranicu]]
[[ca:Viquipèdia:Com s'edita una pàgina]]
[[cs:Wikipedie:Jak editovat stránku]]
[[da:Wikipedia:Hvordan redigerer jeg en side]]
[[de:Wikipedia:Seite bearbeiten]]
[[el:Wikipedia:Πώς να επεξεργαστείτε μια σελίδα]]
[[en:Wikipedia:How to edit a page]]
[[eo:Vikipedio:Kiel redakti pagxon]]
[[es:Wikipedia:Cómo se edita una página]]
[[fi:Wikipedia:Kuinka sivuja muokataan]]
[[fr:Wikipédia:Syntaxe wikipédia]]
[[ga:Vicipéid:Conas alt a chur in eagar]]
[[he:ויקיפדיה:איך לערוך דף]]
[[hi:लेख को कैसे बदलें]]
[[hu:Wikipédia:Hogyan szerkessz egy lapot]]
[[it:Wikipedia:Guida essenziale]]
[[ja:Wikipedia:編集の仕方]]
[[lt:Wikipedia: Kaip Redaguoti Puslapį]]
[[nl:Help:Uitleg]]
[[nn:Hjelp:Redigering]]
[[no:Wikipedia:Hvordan man redigerer en side]]
[[pl:Wikipedia:Formatowanie tekstu na Wikipedii]]
[[pt:Wikipedia:Como editar uma página]]
[[ro:Wikipedia:Cum să editezi o pagină]]
[[ru:Как редактировать страницу]]
[[simple:Wikipedia:How to edit]]
[[sl:Wikipedija:Urejevanje slovenskih strani]]
[[sr:Википедија:Како се мења страна]]
[[sv:Wikipedia:Hur man redigerar en sida]]
[[th:Wikipedia:การแก้ไขหน้า]]
[[tr:Wikipedia:Sayfa nasıl değiştirilir]]
[[ur:صفحہ کس طرح ترميم کريں]]
[[vi:Help:Sửa đổi]]
[[zh-min-nan:Help:Pian-chi̍p]]
[[zh:Wikipedia:如何编辑页面]]