Parté Golongan Karya: Béda antara owahan

Konten dihapus Konten ditambahkan
Puryono (parembugan | pasumbang)
+ infobox
Tanpa ringkesan besutan
Larik 16:
'''Partai Golongan Karya''' (Partai GOLKAR) kuwi partai pulitik ing [[Indonesia]]. Partai GOLKAR diwiwiti kanthi lairé [[Sekber GOLKAR]] ing kala pungkasan pamaréntahan Presidhèn [[Soekarno]], yakuwi ing taun [[1964]] déning [[Angkatan Dharat]] kanggo nandhingi pengaruh [[Partai Komunis Indonesia]] jroning kancah pulitik. Sabanjuré, Sekber GOLKAR owah dadi Golongan Karya sing dadi salah siji organisasi peserta Pemilu.
<!--
Dalam Pemilu 1971 (Pemilu pertama dalam pemerintahan Orde Baru Presiden [[Soeharto]]), salah satu pesertanya adalah Golongan Karya dan mereka tampil sebagai pemenang. Kemenangan ini diulangi pada Pemilu-Pemilu pemerintahan Orde Baru lainnya, yaitu Pemilu [[1977]], [[1982]], [[1987]], [[1992]], dan [[1997]]. Kejadian ini dapat dimungkinkan, karena pemerintahan Soeharto membuat kebijakan-kebijakan yang sangat mendukung kemenangan GOLKAR, seperti [[peraturan monoloyalitas]] [[PNS]], dan sebagainya.
 
Setelah pemerintahan Soeharto selesai dan reformasi bergulir, GOLKAR berubah wujud menjadi Partai GOLKAR, dan untuk pertama kalinya mengikuti Pemilu tanpa ada bantuan kebijakan-kebijakan yang berarti seperti sebelumnya di masa pemerintahan Soeharto. Pada Pemilu 1999 yang diselenggarakan Presiden [[Habibie]], perolehan suara Partai GOLKAR turun menjadi peringkat kedua setelah [[PDI-P]].