Téyologi: Béda antara owahan

Konten dihapus Konten ditambahkan
PL 05 SIGIT (parembugan | pasumbang)
Tanpa ringkesan besutan
PL 05 SIGIT (parembugan | pasumbang)
Tanpa ringkesan besutan
Larik 1:
'''Téologi''' ([[basa Yunani]] θεος, ''theos'', "[[Allah]], [[Tuhan]]", lan λογια, ''logia'', "tetembungan," "pocapan," utawi "[[wacana]]") inggih punika wacana ingkang adhedasar pangraos ngenani babagan [[agama]], kerohanian lan [[Tuhan]] (Lih. ngandhap, "Téologi lan agama sanes sanesipun agama Kristen"). Kanthi mekaten, téologi inggih punika ngilmu ingkang ngrembag babagan sedaya ingkang wonten gandheng cenengipun kaliyan [[agama]]. Téologi menika sedaya ingkang wonten gandheng cenengipun kaliyan [[Tuhan]].
== Sujarah tembung ==
[[Gambar: AlbertusMagnus.jpg|thumb|right|[[Albertus Magnus]], santo pelindung para teolog Katolik Roma]]
 
Kata "Teologi" diambil dari bahasa Yunani [[Helenis]], namun demikian maknanya telah berubah jauh melalui penggunaannya di dalam pemikiran Kristen di Eropa sepanjang Abad Pertengahan dan [[Zaman Pencerahan]].
 
* Istilah ''theologia'' digunakan dalam [[literatur Yunani Klasik]], dengan makna "wacana tentang para [[dewa]] atau [[kosmologi]]" (lihat Lidell dan Scott ''Greek-English Lexicon'' untuk rujukannya).
 
* [[Aristoteles]] membagi [[filsafat]] teoretis ke dalam ''mathematice'', ''phusike'' dan ''theologike''. Yang dimaksud dengan ''theologike'' oleh [[Aristoteles]] kira-kira sepadan dengan [[metafisika]], yang bagi Aristoteles mencakup pembahasan mengenai hakikat yang ilahi. Sejak itu istilah ini telah diambil oleh berbagai tradisi keagamaan [[Timur]] maupun [[budaya Barat|Barat]].
 
* Dengan meminjam dari sumber-sumber Yunani, penulis [[Amerika Latin|Latin]] [[Marcus Terentius Varro|Varro]] membedakan tiga bentuk wacana ini: mitis (menyangkut mitos-mitos tentang para dewata Yunani), rasional (analisis filosofis mengenai para dewata dan kosmologi) dan sipil (menyangkut ritus dan tugas-tugas keagamaan di tengah masyarakat).
 
* Para penulis [[Kristen]], yang bekerja dengan kerangka [[Helenis]]tik, mulai menggunakan istilah ini untuk menggambarkan studi mereka. Kata ini muncul sekali dalam beberapa [[naskah Alkitab]], dalam judul [[Kitab Wahyu]]: ''apokalupsis ioannou tou theologou'', "penyataan kepada Yohanes sang ''theologos''". Namun demikian, kata ini merujuk bukan kepada [[Yohanes]] sang "teolog" dalam pengertian bahasa kita sekarang, melainkan – dengan menggunakan arti akar kata ''logos'' dalam arti yang sedikit berbeda, dan di sini tidak dimaksudkan sebagai "wacana rasional" melainkan dalam arti "firman" atau "pesan". Dengan demikian, sang "theologos" di sini dimaksudkan sebagai orang yang menyampaikan firman Allah - ''logoi tou theou''.
 
{{rintisan}}