Téyologi: Béda antara owahan

Konten dihapus Konten ditambahkan
PL 05 SIGIT (parembugan | pasumbang)
PL 05 SIGIT (parembugan | pasumbang)
Larik 9:
* [[Aristoteles]] mbagi [[filsafat]] teorètis ing salebetipun ''mathematice'', ''phusike'' sarta ''theologike''. Ingkang dipunwastani ''theologike'' dening Aristoteles kinten-kinten sami kaliyan [[metafisika]], ingkang miturut Aristoteles menika napa kemawon ingkang ngrembag babagan ketuhanan. Saking punika, tembung kasebut diginakake wonten tradhisi keagamaan [[wétan]] lab budaya [[kulon]].
 
* DenganKanthi meminjamngampil darisaking sumber-sumber Yunani, penulis saking [[Amerika Latin|Latin]] [[Marcus Terentius Varro|Varro]] membedakanmbagi tiga bentukjinising wacana, inggih inipunika: mitis (menyangkut mitos-mitos tentangngenani para dewatadewa Yunani), rasional (analisis filosofis mengenaingenani para dewata danlan kosmologi) danlan sipil (menyangkut ritus danngenani tugas-tugas keagamaan diing tengah masyarakat).
 
* Para penulis [[Kristen]], yang bekerja dengan kerangka [[Helenis]]tik, mulai menggunakan istilah ini untuk menggambarkan studi mereka. Kata ini muncul sekali dalam beberapa [[naskah Alkitab]], dalam judul [[Kitab Wahyu]]: ''apokalupsis ioannou tou theologou'', "penyataan kepada Yohanes sang ''theologos''". Namun demikian, kata ini merujuk bukan kepada [[Yohanes]] sang "teolog" dalam pengertian bahasa kita sekarang, melainkan – dengan menggunakan arti akar kata ''logos'' dalam arti yang sedikit berbeda, dan di sini tidak dimaksudkan sebagai "wacana rasional" melainkan dalam arti "firman" atau "pesan". Dengan demikian, sang "theologos" di sini dimaksudkan sebagai orang yang menyampaikan firman Allah - ''logoi tou theou''.