Honggari: Béda antara owahan

Konten dihapus Konten ditambahkan
c mbenakaké éjaan using AWB
Larik 44:
}}
[[Gambar:Hungary ID.PNG|right|290px|Peta Hongaria]]
'''Republik Hongaria''' iku sawijining negaranagara ing bawana [[Éropah]]. Pedunungé cacahé kira-kira ana 11 yuta. [[Ibu kutha]]né iku [[Budapest]]. Negara iki wewatesan karo [[Austria]] ing sisih [[kulon]], [[Slowakia]] ing sisih lor, [[Ukraina]] ing sisih [[wétan]], [[Rumania]] ing sisih kidul-wétan lan [[Kroasia]] sarta [[Serbia]] ing sisih kidul. Jroning basa saenggon, negaranagara iki dikenal minangka ''Magyarország'' sing tegesé dhaérah [[Magyar]]. Hongaria mbentuk kumpulan [[Visegrád]] bebarengan karo [[Polandia]], [[Slowakia]] lan [[Republik Ceko]].
 
== Sajarah ==
Larik 51:
Ing mangsa [[Kekaisaran Romawi]], wong-wong Romawi ngarani wilayah iki [[Pannonia]] (sisih kulon [[Kali Danube]]). Sawisé [[Roma]] klebon [[suku-suku Jermanik]] lan tekanan saka bangsa [[Karpia]], [[Periode Migrasi]] terus nekakaké akèh penyerang. Wiwitan teka [[bangsa Hun|wong-wong Hun]], sing mbangun sawijining imperium sing kuwat ing sangisoring [[Attila wong Hun|Attila]]. Jeneng "Hongaria" manawa kaprabawan dening bangsa Hun, senadyan manawa jeneng iki asal saka jeneng aliansi [[bangsa Turkis|Turkis]] ing abad kaping-7 sing disebut [[Onogur]]. Sawise pamarintahan wong-wong Hun memudar, suku-suku Jermanik liyane yaiku wong-wong [[Lombardi]] lan [[Gepid]] kuwasa ing Pannonia sajroning watara [[100]] taun. Ing mangsa iku uga [[suku-suku Slavia]] wiwit migrasi mangidul. Ing taun [[560-an]], banjur digantekake dening [[wong-wong Avar Eurasia|Avar]] sing kuwasa ing negri iku rong abad suwene. Wong-wong [[Prancis]] ing sangisoring [[Charlemagne]] saka kulon lan wong-wong [[Bulgar]] saka kidul-wetan wusanane kasil nggulingake wong-wong Avar ing wiwitan abad ka-9. Sabanjure wong-wong [[Frankia]] mundur, lan karajan Slavonik [[Moravia Raya]] sarta [[Kepangeranan Balaton]] nguwasani saperangan gedhe Pannonia nganti pungkasan abad iku. Wusanane bangsa [[Magyar]] migrasi menyang Hungaria ing pungkasan abad ka-9.
<!--
Tradisi mengatakan bahwa bangsa Magyar (Hongaria) didirikan oleh [[Árpád]], yang memimpin bangsa [[Magyar]] ke [[dataran Pannonia]] setelah tahun [[895]]. [[Kerajaan Hongaria]] didirikan pada tahun [[1000]] oleh Raja [[Szent István I]].
 
Mulanya sejarah Hongaria berkembang dalam sebuah segitiga-sejarah antara [[Polandia]] dan [[Bohemia]], dengan banyak hubungan dengan para paus dan kaisar dari [[Kekaisaran Suci Romawi]]. Antara [[1241]]–[[1242]], sebagian Hongaria hancur dan banyak sekali orang yang meninggal di tangan tentara-tentara [[Mongol]] ([[Tatar]]) dari [[Batu Khan]].
 
Perlahan-lahan Hongaria di bawah pemerintahan dinasti keluarga [[Árpád]] berubah menjadi sebuah kerajaan yang independen yang membentuk sebuah kebudayaan Eropa Tengah yang khas dengan ikatan dengan [[peradaban]] Eropa Barat yang besar. Kerajaan Hongaria yang diperintah oleh keluarga [[Angevins]] sejak [[1308]], untuk waktu yang singkat membentangkan kekuasaannya terhadap [[Wallachia]] dan [[Moldova]]. Raja [[Matthias Corvinus dari Hongaria|Matthias Corvinus]] yang tidak membentuk dinasti, anak dari [[János Hunyadi]], memerintah Kerajaan Hongaria dari 1458 hingga 1490. Ia memperkuat Hongaria dan pemerintahannya. Di bawah pemerintahannya, Hongaria (khususnya bagian-bagian utara, sebagian darinya kini berada di [[Slowakia]] sekarang) menjadi pusat seni dan kebudayaan Eropa yang penting pada masa [[Renaisan]]. Kebudayaan Hongaria mempengaruhi yang lainnya, misalnya [[Persemakmuran Polandia-Lithuania]].
 
Kemerdekaan Hongaria berakhir ketika negaranagara itu ditaklukkan oleh [[Kerajajaan Ottoman|Ottoman]] pada awal [[abad ke-16]]; bagian-bagian Hongaria yang tidak ditaklukkan oleh Ottoman, dianeksasi oleh [[Austria]] (yang penguasanya pada saat yang sama adalah juga raja-raja Hongaria) di bagian barat, dan menjadi Kepangeranan [[Transilvania]] yang independen di timur. Setelah 150 tahun, [[Austria]] dan sekutu-sekutu Kristennya merebut kembali wilayah yang menjadi Hongaria sekarang pada akhir [[abad ke-17]] dari Kerajaan Ottoman yang Islam.
 
Pada akhir pengunduran diri [[Turki|orang-orang Turki]], mulailah perjuangan antara bangsa Hongaria dan raja-raja [[Habsburg]] untuk mendapatkan perlindungan atas hak-hak para bangsawan (dengan demikian mempertahankan otonomi Hongaria). Perjuangan melawan absolutisme Austria dalam perjuangan kemerdekaan rakyat dipimpin oleh seorang bangsawan Transilvania, [[Ferenc II Rákóczi]], antara 1704 dan 1711. Revolusi dan perang 1848–1849 menghapuskan [[serfdom]] dan menghasilkan hak-hak sipil. Orang-orang Austria akhirnya berhasil menang hanya karena bantuan Rusia.
Larik 65:
Pada Maret [[1919]] komunis mengambil alih kekuasaan, dan pada bulan April, [[Béla Kun]] memproklamasikan [[Republik Soviet Hongaria]]. Pemerintahan ini, seperti pendahulunya, terbukti pendek umurnya; setelah sejumlah kemenangan militer melawan tentara Cekoslovakia, orang-orang [[Rumania]] menyerang untuk menghalami peperangan di [[Transilvania]]. Pada Agustus lebih dari setengah wilayah Hongaria sekarang, termasuk Budapest, diduduki Rumania, yang berlangsung hingga November. Kekuatan militer kanan, yang dipimpin oleh Admiral [[Miklós Horthy]] dari bekas Austro-Hongaria, masuk ke Budapest menjelang keberangkatan tentara Rumania dan mengisi kekosongan kekuasaan. Pada Januari [[1920]], pemilu diadakan untuk sebuah parlemen satu kamar, dan Admiral Horthy dipilih menjadi Penguasa, dan dengan demikian secara resmi memulihkan Hongaria sebagai Kerajaan, meskipun tidak ada lagi raja-raja Hongaria, meskipun bekas Raja Habsburg berusaha kembali berkuasa. Horthy terus berkuasa dengan kekuasaan otokratik hingga [[1944]].
 
Pada Juni 1920, [[Perjanjian Trianon]] ditandatangani dan menetapkan perbatasan Hongaria. Dibandingkan dengan kerajaan sebelum perang, ukuran dan populasi dari Hongaria yang baru ini dikurangi dua pertiganya. Sekitar sepertiga dari penduduk Magyar menjadi minoritas di negaranagara-negaranagara tetangga. Oleh karena itu , politik dan budaya Hongaria dari masa antara-peperangan diwarnai dengan [[irredentisme]] dan [[revisionisme]] (pemulihan "[[Hongaria raya]] " dari masa abad ke-19 dengan cara apapun).
 
Horthy mengadakan persekutuan dengan [[Jerman Nazi]] pada tahun [[1930-an]], dengan harapan untuk memulihkan wilayah yang telah hilang setelah Perang Dunia I. Aliansi ini memang berhasil mengembalikan sejumlah wilayah kepada Hongaria dalam dua [[Hadiah Wina]]. Hongaria lalu membantu pendudukan Jerman terhadap [[Kerajaan Yugoslavia]], langsung menduduki [[Banat]] setelah itu, dan akhirnya ikut terlibat dalam [[Perang Dunia II]] pada 1941, terutama memerangi Uni Soviet. Pada Oktober 1944, [[Hitler]] menggantikan Horthy dengan kolaborator Nazi Hongaria [[Ferenc Szálasi]] dan [[Partai Salib Panah]]nya untuk mencegah beralihnya Hongaria ke pihak Sekutu, yang terus-menerus terancam sejak penyerbuan Sekutu terhadap Italia.
 
Hongaria memberlakukan sejumlah [[Sejarah Yahudi di Hongaria#Penganiayaan dan penghancuran abad ke-20|undang-undang anti-Semit]] selama tahun 1920-an dan 1930-an, dan sejumlah pembantaian terhadap orang-orang Yahudi oleh tentara Hongaria terjadi pada awal Perang Dunia II, namun Hongaria mulanya menolak untuk melakukan deportasi besar-besaran terhadap penduduk Yahudinya. Namun akhirnya, pada masa pendudukan Jerman, [[Partai Salib Panah]] dan para pejabat pemerintah ikut serta sepenuhnya dalam [[Holocaust]]: pada Mei dan Juni 1944, polisi Hongaria mendeportasikan hampir 440.000 orang Yahudi dalam lebih dari 145 kereta api, kebanyakan ke [[kamp konsentrasi Auschwitz|Auschwitz]] [http://www.ushmm.org/wlc/en/index.php?ModuleId=10005458]. Akhirnya, lebih dari 533.000 orang Yahudi di Hongaria dibunuh pada masa [[Holocaust]], ditambah lagi dengan beberapa puluh ribu orang [[orang-orang Roma|Roma]].
 
Setelah kekalahan Jerman Nazi, Hongaria menjadi bagian dari daerah pengarah Soviet dan dijadikan sebuah [[negaranagara komunis]] setelah suatu masa demokrasidhémokrasi yang singkat pada 1946–1947. Setelah pemimpin Komunis 1948, Mátyás Rákosi, membnetuk suatu pemerintahan Stalinis di negaranagara itu, yang hampir tidak dapat ditanggung oleh negaranagara yang tercabik-cabik oleh peperangan. Hal ini meyebabkan pecahnya [[Revolusi Hongaria 1956]] dan Hongaria dinyatakan keluar dari [[Pakta Warsawa]]. Hal ini dijawab dengan intervensi militer besar-besaran oleh [[Uni Soviet]]. Dari tahun 1960-an hingga akhir 1980-an Hongaria menikmati status khusus sebagai "[[barak yang paling bahagia]]" di lingkungan [[blok Timur]], di bawah pemerintahan almarhum pemimpin komunis yang controversial, [[János Kádár]], yang menerapkan pemerintahan yang otokratis pada masa ini. Pada akhir tahun [[1980-an]], Hongaria memimpin gerakan untuk membubarkan Pakta Warsawa dan beralih kepada demokrasidhémokrasi multi-partai dan ekonomiékonomi yang berorientasi pasar. Setelah runtuhnya Uni Soviet pada [[1991]], Hongaria mengembangkan ikatan yang lebih erat dengan Eropa Barat, bergabung dengan [[NATO]] pada [[1999]] dan [[Uni Eropa]] pada [[11 Mei]] [[2004]].
 
''Lihat pula: [[Kerajaan Hongaria]], [[Hongaria sebelum bangsa Magyar]]''
Larik 77:
== Politik ==
{{utama|Politik di Hongaria}}
[[Presiden Hongaria|Presiden]], yang dipilih oleh [[parlemen]] setiap 5 tahun, umumnya mempunyai peran seremonial saja, namun kekuasaannya juga mencakup penunjukkan [[Perdana Menteri Hongaria|perdana menteri]]. Perdana Menteri memilih menteri-menteri [[kabinet]] dan mempunyai hak eksklusif untuk memberhentikannya. Masing-masing calon anggota kabinet muncul di depan satu atau lebih komite parlementer dalam acara dengar pendapat terbuka yang bersifat konsultatif dan harus secara formal disetujui oleh presiden.
 
[[Dewan Nasional Hongaria|Dewan Nasional]] (''Országgyűlés''), parlemen [[satu kamar]] yang beranggotakan 386 orang, adalah lembaga kekuasaan negaranagara tertinggi dan mengusulkan serta menyetujui undang-undang yang disponsori oleh perdana menteri. Pemilihan umum parlementer nasional diselenggarakan setiap 4 tahun (pemilu berikutnya adalah 9 April 2006). Sebuah Pengadilan Konstitusional dengan 11 anggota mempunyai kekuasaan untuk menantang undang-undang bila dianggap tidak konstitusional
-->
== Wilayah ==
Larik 140:
 
== Iklim ==
Hongaria mempunyai [[iklim benua]], dengan musim dingin yang dingin, berawan, lembap, dan musim panas yang hangat hingga panas. Temperatur tahunan rata-rata adalah 9,7 °C. Temperatur yang ekstrem adalah sekitar 38 °C di musim panas dan −29 °C di musim dingin. Temperatur rata-rata di musim panas adalah 27 hingga 32 °C, dan di musim dingin 0 hingga −15 °C. Rata-rata curah hujan per tahun sekitar 600 mm. Sebuah wilayah yang kecil di selatan negaranagara ini dekat [[Pécs]] menikmati [[iklim Mediterania]].
 
Daerah Basin Karpatia yang relatif terisolasi membuatnya mudah terkena [[kekeringan|bencana kering]] dan pengaruh [[pemanasan global]] sudah terasa. Menurut pandangan masyarakat dan banyak ilmuwan pada beberapa dasawarsa terakhir, negaranagara ini menjadi semakin kering, karena kekeringan kini sudah biasa terjadi, dan musim panas menjadi lebih panas, sementara musim dingin tidak begitu dingin. Karena alas an-alasan ini, salju menjadi jauh lebih jarang di wilayah ini daripada sebelumnya. Pandangan umum juga mengatakan bahwa sistem empat musim di sana telah berubah menjadi dua musim, karena [[musim semi]] dan [[musim gugur]] menjadi semakin pendek saja, bahkan dalam tahun-tahun tertentu malah tidak ada sama sekali.
 
Kebanyakan wilayah Hongaria ditutupi oleh hutan-hutan yang lebat dan tanah pegunungan.
Larik 149:
{{utama|Ekonomi Hongaria}}
[[Berkas:Budapest parlament1.jpg|thumb|250px|Gedung Parlemen di Budapest]]
Hongaria terus memperlihatkan pertumbuhan ekonomiékonomi yang kuat sebagai salah satu anggota terbaru [[Uni Eropa]] (sejak 2004). Bersama dengan Slovenia dan Republik Ceko, Hongaria memberikan salah satu standar kehidupan tertinggi di antara engara-negaranagara Eropa Timur. Sektor swasta mewakili lebih dari 80% dari [[Produk Domestik Bruto|PDB]]. Hongaria mendapatkan hampir sepertiga dari semua investasi asing langsung yang mengalir ke Eropa Tengah. Pemilikan asing atas perusahaan-perusahaan Hongaria dan investasinya sangat luas, dengan investasi langsung asing kumulatif mencapai lebih dari 23 milyar dolar AS sejak [[1989]]. Utang pemerintah Hongaria di''upgrade'' pada [[2000]] hingga mencapai peringkat kedua tertinggi di antara semua ekonomiékonomi transisi Ekonomi Tengah. [[Inflasi]] dan [[pengangguran]] – keduanya merupakan kepedulian utama dalam [[2001]] – telah jauh berkurang. Langkah-langkah pembaruan ekonomiékonomi seperti pembaruan pemeliharaan kesehatan, pembaruan pajak, dan pendanaan pemerintahan lokal masih belum ditangani oleh pemerintahan sekarang.
 
Pemerintah Hongaria telah mengungkapkan niatnya untuk mengadopsi mata uang [[euro]] pada 2010, namun penggunaan mata uang ini saat ini baru pada tahap perencanaan awal.
Larik 170:
* [[1900]] - 16.838.255 (51.4% Magyar)
* [[1910]] - 18.264.533 (54.5% Magyar, 5% [[Sejarah Yahudi di Hongaria|Yahudi]])
* [[1920]] - 7.516.000 setelah [[Perjanjian Trianon]] (90% Magyar, 6,1% Yahudi)
 
==== Sekarang ====
{{utama|Demografi Hongaria}}
Sekitar 95% penduduk Hongaria adalah [[orang Hongaria]], bahasa ibu mereka adalah [[bahasa Hongaria]], sebuah bahasa [[Fino-Ugrik]] yang tidak berhubungan dengan bahasa manapun di negaranagara-negaranagara tetangganya. Beberapa kelompok etnis minoritas juga ada di negaranagara ini, yaitu [[orang Roma]] (2%), [[etnik Jerman|Jerman]] (1,2%), [[orang Rumania]] (0,8%), [[orang Slowakia]] (0,4%), [[orang Kroasia]] (0,2%), [[orang Serbia]] (0,2%) dan [[orang Ukraina]] (0,1%).
 
Kelompok agama terbesar di Hongaria adalah [[Katolik]] – [[Katolik Roma]] dan [[Ortodoks Yunani]] – (sekitar 50% dari seluruh penduduk), dengan minoritas [[Calvinis]] (sekitar 30%) dan [[Lutheran]] (5%). Orang Yahudi kini sekitar 1% dari seluruh populasi. Namun angka-angka resmi ini tidak sepenuhnya representatif, karena rakyat Hongaria tidak religius; tidak lebih dari 25% aktif menjalankan agamanya. Lebih jauh, penindasan terhadap agama oleh rezim Komunis selama 50 tahun telah membuat agama kebanyakan dipeluk hanya oleh orang-orang lanjut usia yang tidak lagi menghadapi risiko dalam mendapatkan berbagai kesempatan di masyarakat.
 
Karena alasan-alasan historis, sejumlah besar penduduk minoritas [[Magyars|Hongaria]] dapat ditemukan di negaranagara-negaranagara tetangga, khususnya di [[Ukraina]] (di daerah [[Karpatia Ruthenia|Transkarpatia]]), [[Slowakia]], [[Rumania]] (di [[Transilvania]]), dan [[Serbia]] (di [[Vojvodina]]). [[Austria]] (di [[Burgenland]]), [[Kroasia]], dan [[Slovenia]] juga mempunyai sejumlah etnik Magyar.
 
==== Minoritas ====
Larik 190:
 
[[Berkas:Franz Liszt photo.jpg|thumb|right|150px|[[Ferenc Liszt]], komponis terkemuka Hongaria]]
[[Musik Hongaria]] pada umumnya terdiri dari [[musik rakyat]] dan musik oleh para komponis [[musik Romantik|Romantik]] dan [[musik Barok|Barok]] terkemuka seperti misalnya [[Ferenc Liszt]], [[Béla Bartók]] dan [[Zoltán Kodály]] (meskipun Kodály terutama mengarang musik dengan unsur-unsur tradisional). Musik tradisional Hongaria cenderung mempunyai [[irama]] [[Dactyl (puisi)|dactyl]] yang kuat, seperti halnya bahasanya sendiri yang biasanya memberikan tekanan suku kata pertama dari setiap kata.
 
[[Masakan Hongaria]] juga merupakan ciri yang menonjol dari budaya Hongaria, dengan makanan-makanan tradisional seperti misalnya [[goulash]], suatu ciri utama dari makanan Hongaria. Makanan seringkali diberi bumbu [[paprika]]. [[Stew|Sup daging]] seringkali mengandung unsur-unsur yang khas, seperti [[daging babi]] atau [[daging sapi]], seperti misalnya sup daging ''pörkölt''.
Larik 204:
 
== Delengen uga ==
* [[Daftar negaranagara]]
* [[Komunikasi ing Hongaria]]
* [[Transportasi ing Hongaria]]
Larik 221:
* {{en}} [http://www.newadvent.org/cathen/07547a.htm New Advent: Hungary]
 
{{geo-stub}}
{{Eropah}}
 
[[Kategori:Hongaria]]
 
 
{{geo-stub}}