Arsènik: Béda antara owahan

Konten dihapus Konten ditambahkan
c mbenakaké éjaan using AWB
c éjaan using AWB
Larik 40:
{{Elementbox_footer | color1=#cccc99 | color2=black }}
 
'''Arsenik''', '''arsen''', utawa '''arsenikumarsepunikam''' iku [[unsur kimia]] jroning [[tabel périodik]] kang nduwé simbul '''As''' lan [[nomer atom]] 33. Dat iki awujud bahan metaloid kang misuwur mawa racun lan nduwé telung wangun alotropik; kuning, ireng lan klawu. Arsenik lan senyawa arsenik dipigunakaké minangka [[pestisida]], [[herbisida]], [[insektisida]] lan werna-werna [[aloy]].
 
== Sipat-sipat Arsenik ==
Arsenik sacara kimiawi duwé karakteristik kang sarupa karo [[Fosfor]], lan sering bisa dipigunakaké minangka sesulih jroning werna-werna réaksi biokimia lan uga mawa racun. Nalika dipanasaké, arsenik bakal cepet kaoksidasi dadi oksida arsenik, kang mambu kaya ambuné bawang putih. Arsenik lan sawetara senyawa arsenik uga bisa langsung kasublimasi, owah saka padhet dadi gas tanpa dadi cairan dhisik. Dat dhasar arsenik ditemokaké jroning rong wangun padhet kang awarna kuning lan metalik, kanthi [[berat jenisjinis]] 1,97 lan 5,73.
<!--
== Arsen dalam peradaban ==
Kata arsenik dipinjam dari [[bahasabasa Persia]] زرنيخ ''Zarnik'' yang berarti "orpimen kuning". ''Zarnik'' dipinjam dalam [[bahasabasa Yunani]] sebagai ''arsenikon''. Arsenik dikenal dan digunakan di [[Persia]] dan di banyak tempat lainnya sejak zaman dahulu. Bahan ini sering digunakan untuk [[membunuh]], dan gejala [[keracunan arsenik]] sulit dijelaskan, sampai ditemukannya [[tes Marsh]], tes kimia sensitif untuk mengetes keberadaan arsenik. Karena sering digunakan oleh para penguasa untuk menyingkirkan lawan-lawannya dan karena daya bunuhnya yang luar biasa serta sulit dideteksi, arsenik disebut ''Racun para raja, dan Raja dari semua racun.''
 
Dalam zaman Perunggu, arsenik sering digunakan di perunggu, yang membuat campuran tersebut lebih keras.
Larik 62:
Arsenik dalam air tanah bersifat alami, dan dilepaskan dari sedimen ke dalam air tanah karena tidak adanya oksigen pada lapisan di bawah permukaan tanah. Air tanah ini mulai dipergunakan setelah sejumlah [[Lembaga Swadaya Masyarakat|LSM]] dari barat meneliti program iar sumur besar-besaran pada akhir abad ke-20, namun gagal menemukan keberadaan arsenik dalam air tanah. Ratusan ribu orang terpengaruh. Diperkirakan sebagai keracunan masal terburuk dalam sejarah dan mungkin musibah lingkungan terparah dalam sejarah.
 
Banyak negaranagara lain di [[Asia]], seperti [[Vietnam]], [[Kamboja]], dan [[Tibet]], yang diduga memiliki lingkungan geologis yang serupa dan kondusif untuk menghasilkan air tanah yang mengandung arsenik dalam kadar yang tinggi.
-->
== Paédah ==