José de San Martín: Béda antara owahan

Konten dihapus Konten ditambahkan
c sithik
BeeyanBot (parembugan | pasumbang)
c éjaan, replaced: pemerintah → pamaréntah using AWB
Larik 44:
San Martin kuwi putra saka Don Juan de San Martin lan Doña Gregoria Matorras. Bapaké iku Gubernur lan ibuné keponakan dari Chaco. Pada tahun 1786, ia dan keluarganya pindah ke Spanyol dan belajar di Seminar Nobel Madrid. Pada tahun 1789, ia memulai latihan militer di Murcia. Ia pernah menjadi tentara dalam peperangan Spanyol melawan Perancis. Pada 1808, ia ikut dalam Perang Baylen, melawan tentara Napoleon.
 
Ia mengakhiri karir militernya di Spanyol pada 1811. Kemudian bersama kapal George Canning dari Inggris ia pindah ke Buenos Aires dan tiba pada 9 Maret 1812. San Martin diterima sebagai tentara di Buenos Aires karena pemerintahpamaréntah telah melihat jabatan terakhirnya sebagai letnan. Pada 1812, ia menikahi Maria Remedies de Escalada.
 
Pada tahun 1814, ia diperintahkan untuk membuat kelompok tentara untuk melawan pejabat di perbatasan utara Peru. Namun ia seketika berhenti dari tugasnya.
Larik 50:
Istri San Martin meninggal di Buenos Aires pada 3 Agustus 1823. Pada 10 Februari 1824, terjadi peperangan di Provinsi Unidas del Río de la Plata yang mengakibatkan San Martin bersama anakya, Mercedes pindah ke Perancis dan menghabiskan sisa hidupnya di sana. San Martin meninggal pada 17 Agustus 1850.
-->
San Martin iku salah siji tokoh sing nduwèni jasa tumrap kamardikan Argentina, [[Chili]] lan [[Peru]].
 
== Pranala njaba ==
* [http://www.1911encyclopedia.org/Jose_De_San_Martin Jose De San Martin]
* [http://www.pachami.com/English/ressanmE.htm Biography of San Martin (summary)]
 
{{bio-stub}}
 
[[Kategori:Présidhèn Peru]]
[[Kategori:Tokoh keturunan Spanyol]]
[[Kategori:Tokoh Argèntina]]
 
 
{{bio-stub}}