Sunan Giri: Béda antara owahan

Konten dihapus Konten ditambahkan
Arupako (parembugan | pasumbang)
c éjaan, replaced: Indonesia → Indonésia (3) using AWB
Top4Bot (parembugan | pasumbang)
éjaan using AWB
Larik 1:
'''Sunan Giri''' iku salah siji [[Walisanga]] lan pangadeg karajan [[Giri Kedaton]], sing dunungé ing dhaérahlaladan [[Gresik]], [[Jawa Wétan]]. Sunan Giri lair ing [[Blambangan]] taun [[1442]]<ref name="buku2">{{id}} [http://www.republika.co.id/suplemen/cetak_detail.asp?mid=5&id=245607&kat_id=105&kat_id1=147&kat_id2=185/ Syekh Hasanuddin: Pendiri Pesantrèn Pertama di Jawa Barat] Republika Online: Jumat, 28 April 2006.</ref>.. Sunan Giri nduwèni sawetara <!--jeneng undang-undangan--> dasanama, ya iku '''Raden Paku''', '''Prabu Satmata''', '''Sultan Abdul Faqih''', '''Raden 'Ainul Yaqin''' lan '''Jaka Samudra'''. Sunan Giri disarèkaké ing désa Giri, [[Kebomas, Gresik]]<ref name="buku2">{{id}} [http://www.republika.co.id/suplemen/cetak_detail.asp?mid=5&id=245607&kat_id=105&kat_id1=147&kat_id2=185/ Syekh Hasanuddin: Pendiri Pesantrèn Pertama di Jawa Barat] Republika Online: Jumat, 28 April 2006.</ref><ref name="buku1">{{id}}Bolland, BJ .[[1985]].Pergumulan [[Islam]] di Indonésia .Jakarta:Grafiti Press.(halaman 123)</ref>.
 
== Silsilah ==
Larik 8:
 
== Kisah ==
Sunan Giri merupakan buah pernikahan dari Maulana Ishaq, seorang mubaligh Islam dari Asia Tengah, dengan Dewi Sekardadu, putri Menak Sembuyu penguasa wilayahwewengkon Blambangan pada masa-masa akhir Majapahit. Namun kelahirannya dianggap telah membawa kutukan berupa wabah penyakit di wilayahwewengkon tersebut. Dipaksa untuk membuang anaknya, Dewi Sekardadu menghanyutkannya ke laut.
 
Kemudian, bayi tersebut ditemukan oleh sekelompok awak kapal (pelaut) dan dibawa ke Gresik. Di Gresik, dia diadopsi oleh seorang saudagar perempuan pemilik kapal, Nyai Gede Pinatih. Karena ditemukan di laut, dia menamakan bayi tersebut '''Joko Samudra'''.