Basa Ruslan: Béda antara owahan

Konten dihapus Konten ditambahkan
c éjaan using AWB
Top4Bot (parembugan | pasumbang)
éjaan using AWB
Larik 5:
| [[Rusia]], dan nagara-nagara pecahan [[Uni Soviet]]
|-
| valign="top"|DaerahLaladan:
| [[Éropah Wétan]] lan [[Asia|Asia Lor]]
|-
Larik 53:
Basa Rusia dituturkan secara luas di Rusia dan nagara-nagara bekas [[Uni Soviet]]. Pada era Soviet, Basa Rusia digunakan sebagai basa superioritas dan pemersatu, walaupun Uni Soviet terdiri dari banyak etnik dan suku bangsa. Setelah bubarnya Uni Soviet pada tahun 1991, beberapa nagara bekas Uni Soviet, seperti [[Kirgistan]] memulai untuk memakai basa asli mereka dibanding memakai basa Rusia.
 
Di [[Estonia]], yang merupakan bekas nagara bagian Soviet, sekitar 58% penduduk aslinya mampu berbasa Rusia. Selain itu juga ada imigran dari Rusia sekitar 25.6% yang bisa berbasa Rusia. Selain itu, di [[Finlandia]], jumlah penutur basa Rusia adalah sekitar 33.400 penutur. Pada abad ke-20, basa Rusia menyebar dan dipelajari secara luas di nagara Pakta Warsawa dan di nagara yang bersekutubersekuthu dengan Uni Soviet. Nagara-nagara ini diantaranya adalah [[Polandia]], [[Albania]], [[Ceko]], dan [[Kuba]]. Basa Rusia juga dituturkan di [[IsraelIsraèl]] oleh 750.000 imigran [[Yahudi]] asal Rusia. Kebanyakan koran dan situs IsraelIsraèl memakai basa Rusia. Beberapa komunitas Rusia di Amerika Utara, seperti di [[Amerika Serikat]] dan [[Kanada]] juga menuturkan basa Rusia. Berdasarkan data Biro Sensus Amerika Serikat tahun [[2000]], tercatat lebih dari 700.000 orang yang menuturkan basa Rusia sebagai basa sehari-hari.
-->
=== Basa resmi ===
Larik 60:
<!--
=== Dialek ===
Dialek dalam basa Rusia terbagi dua secara umum, yaitu dialek Utara dan dialek Selatan, dengan [[Moskow]] yang terletak di daerahlaladan pertengahan antar keduanya. Perbedaan dialek terlihat dari tata basa, kosa kata, cara pelafalan dan intonasi. Contohnya, pada kata булошная (toko roti) yang diucapkan [ˈbuləʂnəjə] pada dialek Moskow daripada mengucapkan булочная [ˈbulətɕnəjə]. Dialek Utara dan daerahlaladan sekitar [[Sungai Volga]] mengucapkan huruf /o/ tanpa tekanan dan fenomena ini disebut оканье /okanye/.
 
Sementara itu di daerahlaladan Timur Moskow, tepatnya di daerahlaladan Ryazan, mereka mengucapkan huruf /e/ dan /a/ tanpa tekanan dan fenomena ini disebut яканье /yakanye/. Pada awal abad ke-18, Mikhail Lomononsov memulai penyelidikan dialek yang ada di seantero Kekaisaran Rusia. Kemudian pada abad ke 19, Vladimir Dal menulis sebuah kamus lengkap basa Rusia dengan dialek-dialeknya.
-->
== Sistem panulisan ==