Basa Walanda: Béda antara owahan

6 bèt wis dibusak ,  5 taun kepungkur
éjaan using AWB
c (éjaan, replaced: yaiku → ya iku (3) using AWB)
(éjaan using AWB)
| notice = IPA
}}
'''Basa Walanda''' iku sawijining [[basa]] Jermanik Kulon kang dipituturaké déning 20 yuta jiwa ing saindhenging donya. Jroning basa Walanda, basa iki disebut ''het Nederlands'' utawa ''de Nederlandse Taal''. Jroning [[Basa Inggris]] disebut ''Dutch'' utawa ''the Dutch Language''.
 
== Klasifikasi ==
<!--
 
Selain itu bahasa BelandaWalanda dan bahasa Jerman Hilir bersama-sama memiliki ciri khas tertentu yang menggolongkan kedua pula pada kelompok [[bahasa Ingvaeonik]]. Bahasa Inggris dan bahasa Frisia keduanya juga memiliki ciri-ciri Ingvaeonik. Sementara itu bahasa Jerman Hulu tidak memilikinya.
 
Sebagai bahasa budaya, bahasa BelandaWalanda dan bahasa Jerman bisa dianggap sebagai dua bahasa bersaudara. Dari bahasa BelandaWalanda muncul bahasa Afrikaans (perincian menurut Welschen).
-->
{{clear}}
== Distribusi ==
{{Nederlands Wereldwijd}}
Bahasa BelandaWalanda terutama dipertuturkan di BelandaWalanda, [[Belgia]] (di dalam wilayahwewengkon [[Komunitas Flandria]] atau ''Vlaanderen'') dan [[Suriname]]. Juga di [[Aruba]] dan [[Antillen BelandaWalanda]] (bagian dari [[Kerajaan BelandaWalanda]] atau dalam bahasa BelandaWalanda ''Het Koninkrijk der Nederlanden'') en juga di sudut barat [[Perancis]] en beberapa bagian Jerman di daerahlaladan perbatasan. Mengenai ketiga daerahlaladan yang disebut di awal tadi, "Uni Bahasa BelandaWalanda" (''De Nederlandse Taalunie'' (NTU) atau Akademi Bahasa BelandaWalanda) menyebutnya sebagai bahasa BelandaWalanda Utara, bahasa BelandaWalanda Belgia dan bahasa BelandaWalanda Suriname. Di [[Afrika Selatan]] dan [[IndonesiaIndonésia]], bahasa BelandaWalanda banyak dipakai sebagai bahasa sumber. Surat-surat lama dan teks-teks hukum seringkali ditulis dalam bahasa ini. Lebih dari 10.000 mahasiswa di sana bisa membaca bahasa BelandaWalanda. Pada tahun 2005 bahasa BelandaWalanda dipelajari di 40 negaranagara pada 220 universitas oleh 500 dosen. Pada posisi terdepan adalah Jerman di mana ada 30 jurusan bahasa BelandaWalanda dan diikuti oleh Amerika Serikat dan Perancis pada 20 universitas. Kemudian 0,7 % warga Selandia-Baru menyatakan bahwa bahasa di rumah adalah bahasa BelandaWalanda. Di [[Uni Éropah]] bahasa BelandaWalanda setelah tahun 2004, merupakan bahasa terbesar kedelapan (setelah bahasa Jerman, Perancis, Inggris, Italia, Polandia, Spanyol, dan Rumania). Sebelum tahun 2004, bahasa ini merupakan bahasa keenam.
 
Bahasa [[Afrikaans]] di [[Afrika Selatan]] adalah bahasa turunan bahasa BelandaWalanda.
[[Berkas:Map_Dutch_World.png|left|thumb|300px|Distribusi]]
-->
352.737

besutan