Républik Irlan: Béda antara owahan

Konten dihapus Konten ditambahkan
Arupako (parembugan | pasumbang)
c →‎Geografi: éjaan, replaced: yaiku → ya iku using AWB
Top4Bot (parembugan | pasumbang)
éjaan using AWB
Larik 49:
}}
 
'''Republik Irlandia''' iku sawijining nagara ing banawa [[Éropah]]. Padunungé cacahé kira-kira ana 4 yuta. [[Kutha krajan]]né iku [[Dublin]]. Nagara iki ing sisih lor awatesan karo [[Irlandia Lor]].
Populasi Irlandia luwih saka 4 yuta jiwa lan klebu anggota [[Uni Éropah]]. Wewengkon Pulo Irlandia sing ora klebu republik iki diduwèni déning [[Irlandia Lor]], bagéan saka [[Britania Raya]].
 
Larik 64:
Iklim di Irlandia adalah sedang dan dipengaruhi oleh [[arus Atlantik Utara]]. [[Musim panas]]nya tidak begitu panas dan [[musim dingin]]nya juga tidak terlalu dingin. Beberapa bagian Irlandia mendapatkan 275 hari dengan [[hujan]] dalam setahun.
 
== County dan provinsipropinsi ==
Republik Irlandia secara tradisional dibagi dalam 26 ''[[county]]'' (''contae'' atau ''condae'' dalam [[bahasa Irlandia]]) yang masih digunakan hingga kini dalam konteks kebudayaan dan ulah raga. 26 ''county'' tersebut adalah bagian dari 4 [[provinsipropinsi]]: [[Connacht]], [[Ulster]], [[Leinster]], dan [[Munster]].
 
Secara administratif, beberapa dari 26 ''county'' tersebut telah mengalami restrukturisasi, misalnya [[County Dublin]] yang telah dihapus dan dipecah menjadi tiga dewan ''county'' pada tahun 1990-an dan [[County Tipperary]] yang telah dibagi secara administratif menjadi dua ''county'' terpisah sejak tahun [[1890-an]] sehingga pada masa kini terdapat 29 ''county'' administratif dan 5 kota, yaitu [[Dublin]], [[Cork (kota)|Cork]], [[Limerick]], [[Galway]], dan [[Waterford]]. [[Kilkenny]] juga adalah sebuah kota namun tidak mempunyai dewan kota. Selain itu, ada pula lima ''borough'' yang mempunyai sejumlah otonomi dalam ''county''nya: