Olimpiade Musim Panas 2008: Béda antara owahan

Konten dihapus Konten ditambahkan
c éjaan using AWB
Top4Bot (parembugan | pasumbang)
éjaan using AWB
Larik 43:
|}
<!--
Menjelang sidang, lima kota lain mengajukan penawaran kepada IOC tetapi gagal dalam membuat shortlist (dalam kasus ini, gagal dipilih / memenuhi kuota dari seluruh peserta Sidang IOC yang hadir) pada tahun 2000: [[Bangkok]], [[Kairo]], [[Havana]], [[Kuala LumpurBlethok]] dan [[Sevilla]]. Beijing sebelumnya mengajukan penawaran untuk menjadi tuan rumah [[Olimpiade Musim Panas 2000]] tetapi dikalahkan [[Sydney]] pada tahun 1993 pada penawaran final.
 
== [[Logo pada Olimpiade 2008|Logo]] ==
Larik 51:
 
== Slogan ==
Pada 26 Juni 2005, [[Komite Olimpiade Beijing]] mengumumkan bahwa slogan bagi Olimpiade Musim Panas 2008 adalah "One World, One Dream" ([[Hanzi sederhana]]: 同一个世界 同一个梦想; [[Hanzi tradisional]]: 同一個世界 同一個夢想; [[Bahasa IndonesiaIndonésia]]: Satu Dunia, Satu Impian).
 
== Maskot ==
Larik 62:
[[Medali]] yang akan dibagikan kepada para pemenang Olimpiade Beijing 2008 juga unik karena di bagian belakang ke-3030 medali tersebut dipasangi [[cincin]] [[giok]] untuk melambangkan kebudayaan nasional. Desain yang dibuat oleh Profesor Hang Hai tersebut telah disetujui oleh komite penyelenggara Olimpiade 2008.
 
Komite Olimpiade Internasional memberikan dua syarat untuk desaindésain medali Olimpiade. Yang pertama adalah bahwa desaindésain tersebut haruslah unik, kedua bahwa desaindésain tersebut harus memiliki karakteristik nagara tempat Olimpiade berlangsung.
 
Giok yang digunakan berasal dari penambangan di [[Kunlun]] karena di sana ditemukan material giok dalam jumlah besar yang bermutu bagus. Karena ada tiga macam giok yang akan dibuat (untuk medali [[emas]], [[perak]], dan [[perunggu]]), maka untuk keseluruhan medali yang akan dibagikan giok-giok tersebut harus kurang lebih bewarna yang sama sehingga tidak terjadi kesenjangan antara penerima medali yang sama satu dengan yang lain. Hambatan lain yang dihadapi adalah kesulitan untuk menempelkan giok yang keras dan mudah pecah ke permukaan [[logam mulia]]. Sejak diumumkannya keputusan menggunakan giok Kunlun, harga giok tersebut di pasaran langsung naik. Giok-giok tersebut selanjutnya akan dikirimkan ke pusat kerajinan giok di kota [[Yangzhou]]. {{ref|http://www.bjreview.com/quotes/txt/2008-03/25/content_107186.htm}}
Larik 93:
 
=== Transportasi umum ===
Dalam persiapan untuk Olimpiade Musim Panas 2008, sistem kereta bawah tanah Beijing diekpansi besar-besaran yang akan lebih dari melipatgandakan ukuran sekarang. Sistem sekarang terdiri atas empat jalur dan 64 stasiun. Tambahan 7 jalur dan lebih dari 80 stasiun baru yang sedang dibangun, termasuk akses langsung ke [[Papan Anggegana Internasional IbuKutha kotakrajan Beijing]]. Kebanyakan telah dipersiapakan untuk dibuka pada 30 Juli 2008, hanya lebih dari 1 minggu menjelang pembukaan Olimpiade.
 
Sementara itu, Beijing juga akan memiliki 38 rute transit publik resmi yang akan menghubungkan tempat-tempat pertandingan. Pada saat olimpiade, 2.500 bus ukuran besar dan 4.500 bus mini akan dioperasikan dengan 8.000 sopir untuk mengangkut penumpang dari dan ke tempat-tempat pertandingan. Menjelang pertandingan, transportasi umum dioptimalkan dalam upaya mengurangi 110 rute sekarang yang tumpang tindih.
Larik 164:
[[Kepulauan Marshall]] memperoleh status NOC pada Februari 2006 dan diharapkan keikutsertaannya pada Olimpiade Musim Panas 2008. Penerimaan [[Tuvalu]] adalah sebuah kesempatan terbuka mengingat nagara tersebut mendirikan NOC menjelang tenggat waktu IOC. Tuvalu telah bertemu dengan presiden IOC Jacques Rogge, dan dia terlihat cukup puas, dan pada pertemuan IOC 2007, Tuvalu akan dipilih menjadi anggota tetap Olimpiade.
 
Nagara [[Serbia]] dan [[Montenegro]] telah berpisah dengan penuh; warga Montenegro memilih dalam sebuah referendum untuk mengakhiri penyatuan politik mereka dengan Serbia pada Mei 2006. Dan juga, pada Juli 2007, [[Antilles BelandaWalanda]] akan dibubarkan, memberikan [[Curacao]] dan [[St. Marteen]] sebuah ''[[Status Aparte]]'', status politik yang sama seperti yang telah dimiliki Aruba sejak tahun 1986. [[Bonaire]], [[Saba]] dan [[St. Eustatius]] akan memiliki hubungan langsung dengan BelandaWalanda sebagai Pulau-Pulau Kerajaan.
 
Sebuah kantor berita [[Korea Selatan]] mengumumkan bahwa [[Korea Selatan]] dan [[Korea Utara]] akan mendiskusikan pengiriman sebuah tim bersatu untuk Olimpiade Musim Panas 2008. Kedua NOC telah bertemu dengan presiden IOC [[Jacques Rogge]] pada [[5 September]] [[2006]] untuk mendiskusikan kemungkinan tersebut.