Terusan Panama: Béda antara owahan

5 bèt wis ditambahake ,  4 taun kepungkur
éjaan using AWB
c (→‎Pranala jaba: All info is kept in Wikidata, removed: {{Link FA|en}} (5) using AWB (10903))
(éjaan using AWB)
 
== Sajarah ==
Niat untuk membuat sebuah terusan di [[tanah genting Panama]] pertama kali dicetuskan oleh Raja [[Charles V]] dari [[Spanyol]] di tahun [[1524]] untuk mempermudah lewatnya kapal, terutama yang membawa [[emas]]. Walaupun sudah ada hasil survei dan rencana pada tahun [[1529]], keadaan [[politik]] dan [[teknologi]] di [[EropaÉropah]] pada saat itu masih belum memungkinkan.
 
Setelah berbagai macam cara yang tidak melewati laut ([[kereta api]]) gagal atau dinilai kurang efektif, rencana pembangunan terusan mencuat kembali. Didorong oleh selesainya [[Terusan Suez]], [[Perancis]] di bawah pimpinan [[Ferdinand de Lesseps]] mulai membangun terusan pada [[1 Januari]][[1880]] namun terhenti karena penyakit pada tahun [[1893]].
 
Pembangunan dilanjutkan oleh [[Amerika Serikat]] di bawah pimpinan [[Theodore Roosevelt]] pada tahun [[1904]] setelah AS membantu [[Panama]] merdeka dari [[Kolombia]] dengan imbalan kontrol daerahlaladan terusan. Pembangunan kanal oleh Amerika Serikat ini dimulai pada [[4 Mei]] [[1904]]. Berbagai upaya dilaksanakan untuk mengatasi masalah dan akhirnya kanal dibuka pada [[15 Agustus]] [[1914]] dengan lewatnya kapal Ancon.
 
Terusan ini serta [[Zona Terusan Panama|daerahlaladan]] disekitarnya dikontrol oleh [[Amerika Serikat]] sampai [[31 Desember]] [[1999]] setelah [[Presiden Amerika Serikat|Presiden AS]] [[Jimmy Carter]] menandatangani [[Traktat Torrijos-Carter]] pada [[7 September]] [[1977]]. Sekarang, terusan ini dikontrol oleh Otoritas Terusan Panama.
-->
== Pranala jaba ==
* {{en}} [http://www.pancanal.com/eng/index.html Situs resmi Otoritas Terusan Panama]
* {{en}} [http://www.coolpanama.com/panama-webcams.html Live webcams Terusan Panama]
 
{{stub}}
 
[[Kategori:Terusan|Panama]]
[[Kategori:Panama]]
 
 
{{stub}}
348.872

besutan