Albani: Béda antara owahan

Konten dihapus Konten ditambahkan
Top4Bot (parembugan | pasumbang)
éjaan using AWB
Top4Bot (parembugan | pasumbang)
éjaan using AWB
Larik 1:
{{Infobox Country
|native_name = RepublikaRépublika e Shqipërisë
|common_name = Albania
|image_flag = Flag of Albania.svg
Larik 11:
|capitals_coordinates = <small>{{coor dm id|41|20|N|19|48|E||LU|BT}}</small>
|largest_city = [[Tirana]]
|government_type = [[RepublikRépublik]]
|leader_titles = [[Presiden Albania|Presiden]]<br />[[Perdana Menteri Albania|Perdana Menteri]]
|leader_names = [[Bamir Topi]]<br />[[Sali Berisha]]
Larik 45:
 
'''Albania''' iku [[nagara]] ing [[Éropah]]. Kutha krajané ya iku: [[Tirana]]. Padunungé kira-kira ana [[4]] [[yuta]] jiwa.
Albania wewatesan karo [[Montenegro]] ing sisih lor, [[Serbia]] ([[Kosovo]]) ing lor-wétan, [[RepublikRépublik Makedonia]] ing sisih wétan, lan [[Yunani]] ing sisih kidul. [[Segara Adriatik]] dumunung ana ing sisih kulon Albania, déné Segara [[Ionia]] ing sisih kidul-kulon. Albania jroning basa saenggon diarani '''Shqipëria''', sing maknané [[Tanah Air Manuk Élang]]. Amarga saka iku, gambar manuk élang mawa endhas loro bisa dipirsani ing gendéra sata lambang nagara iki. Jeneng "Albania" manawa asalé saka tembung [[Indo-Éropah]] ''albh'' (''putih'').
<!--
== Sajarah ==
Larik 57:
Di awal abad ke-20, Khilafah [[Turki]] Utsmani tak dapat mengendalikan kontrolnya di sini. [[Liga Prizren]] (1878) memperkenalkan gagasan nagara kebangsaan Albania dan menciptakan alfabet Albania modern. Menyusul akhir [[Perang Balkan I]], orang-orang Albania mengeluarkan [[Proklamasi Vlore]] pada 28 November 1912, mendeklarasikan 'kemerdekaan'. Perbatasan Albania ditetapkan oleh Kekuatan Besar pada 1913. Integritas wewengkon Albania ditegaskan di Konferensi Perdamaian Paris pada 1919, setelah [[Presiden AS|Presiden]] [[Amerika Serikat]] [[Woodrow Wilson]] menolak rencana dengan kekuatan [[Éropah]] untuk membagi Albania di antara tetangganya.
 
Selama [[Perang Dunia II]], Albania dicaplok pertama kali oleh [[Italia]] (1939-43) dan kemudian oleh [[Jerman]] (1943-44). Setelah perang, pemimpin PartaiParté Komunis [[Enver Hoxha]] mengatur melindungi integritas wewengkon Albania selama 40 tahun berikutnya, namun memerlukan harga politik yang sangat mahal dari penduduknya, yang ditundukkan untuk membersihkan, mengurangi, penindasan hak sipil dan politik, larangan total pada praktek keagamaan, dan meningkatkan isolasi. Albania yang setia pada filsafat [[Stalinis]] yang keras, akhirnya menarik diri dari [[Pakta Warsawa]] pada [[1968]] dan menjauhkan diri dari sekuthu terakhirnya, [[RepublikRépublik Rakyat Cina]] pada 1978.
 
Menyusul kematian Hoxha pada 1985 dan kemudian kejatuhan [[komunisme]] pada 1991, masyarakat Albania berjuang menanggulangi isolasi dan ketertinggalan sejarahnya. Selama masa transisi awal, pamaréntah Albania memandang ikatan yang lebih dekat dengan Barat agar memperbaiki keadaan ékonomi dan memperkenalkan reformasi [[dhémokrasi]] dasar, termasuk sistem multipartai.
 
Pada [[1992]], setelah kejayaan pemilihan yang luas bagi PartaiParté DemokratikDhémokratik, [[Sali Berisha]] menjadi tokoh dhémokrasi yang pertama yang dipilih sebagai Presiden Albania. Berisha memulai program perbaikan ékonomi dan 'dhémokrasi' yang lebih berhati-hati namun saat berjalan ada désas-desus yang gagal di pertengahan 1990an, karena ''political gridlock''. Di saat yang sama, perusahaan investasi yang tak mengindahkan moral menggelapkan uang di seluruh Albania dengan menggunakan skema piramida. Di awal 1997, beberapa skema piramida itu kolaps, meninggalkan ribuan orang yang bangkrut, kecewa, dan marah. Pergolakan bersenjata pecah di seluruh nagara, menimbulkan kejatuhan hampir total otoritas pamaréntah. Selama masa itu, Albania memiliki infrastruktur yang tak cukup dan kuno yang menderita kerusakan hebat, seperti orang merampok karya umum untuk bahan bangunan. Depot senjata di seluruh negeri dibongkar dan isinya dirampas sehingga pada tahun tahun itu banyak beredar senjata api militer dikalangan warga sipil Albania. [[Anarki]] di awal 1997 menggelisahkan dunia dan mendorong mediasi internasional secara intensif.
 
Perintah dipulihkan oleh Angkatan Perlindungan Multinasional PBB, dan pamaréntah rekonsiliasi nasional sementara menjaga PemilU Juni 1997, yang mengembalikan [[Sosialis]] dan sekuthunya pada kekuasaan di tingkat nasional. Presiden Berisha berhenti, dan Presiden penggantinya ialah dari kalangan Sosialis [[Rexhep Meidani]]. Antara 1997 dan 2002, rangkaian pamaréntahan singkat menggantikan satu sama lain. [[Fatos Nano]], Ketua PartaiParté Sosialis, telah menjadi PM sejak Juni 2002.
 
Selama masa transisi 1997-2002, struktur dhémokrasi Albania yang mudah pecah diperkuat. ParPol tambahan terbentuk, toko media massa berkembang, organisasi dan asosiasi bisnis nonpamaréntahanpun begitu. Pada 1998, orang-orang Albania meratifikasi konstitusi baru lewat [[referendum]] umum, menjamin kekuasaan hukum dan perlindungan hak dan kebebasan beragama.
 
Pada 24 Juli 2002, Alfred Moisiu disumpah sebagai Presiden. Tokoh nonpartisan, secara nominal diasosiasikan dengan PartaiParté DemokratDhémokrat, ia diangkat sebagai kandidat konsensus dari partai yang berkuasa dan oposisi. Pergantian kekuasaan yang tenang dari Meidani ke Moisiu merupakan akibat persetujuan di antara partai untuk mengajak satu sama lain dalam pendirian struktur parlemen. "Gencatan senjata" ini membawa ke masa baru kestabilan politik di Albania, yang dianggap dapat membuat kemajuan berarti yang mungkin dalam reformasi dhémokrasi dan ékonomi, kekuasaan inisiatif hukum, dan perkembangan hubungan Albania dengan nagara tetangganya serta AS.
 
Pemilihan kota seluruh nagara diadakan pada Oktober 2003. Walau perbaikan berarti melebihi tahun-tahun yang lalu, tetap tersebar kesalahan administrasi, termasuk ketidakakakuratan daftar pemungut. “Gencatan senjata” antarpemimpin partai mulai heboh di musim panas 2003. Kemajuan pada perbaikan ékonomi dan politik menderita tampak selama akhir-akhir tahun 2003 karena pertarungan politik. Bagaimanapun, pada Desember 2003, PM Nano menekankan lagi kepemimpinannya dari PartaiParté Sosialis yang sedang berkuasa dan mengangkat kabinet baru.
 
== Etnis minoritas Makedonia di Albania ==