Paul von Hindenburg: Béda antara owahan

Konten dihapus Konten ditambahkan
Legobot (parembugan | pasumbang)
c Bot: Migrating 57 interwiki links, now provided by Wikidata on d:q2667 (translate me)
Top4Bot (parembugan | pasumbang)
→‎top: éjaan using AWB
Larik 15:
|}}
 
'''Paul Ludwig Hans Anton von Beneckendorff und von Hindenburg''' ([[2 Oktober]] [[1847]] – [[2 Agustus]] [[1934]]), dilairaké ing Posen (saiki [[Poznan|Poznań]], [[Polandia]]) iku [[Presiden]] [[Jerman]] ing magsa [[RepublikRépublik Weimar]]. Sawisé antuk pandhidhikan ing sekolah kadhèt Wahlstatt lan Berlin panjenengané maju perang jroning Perang Koniggratz (1866) lan ing Perang Prancis-[[Rusia]] (1870-71). Panjenengané munggah pangkat dadi jènderal ing taun 1903. Hindenburg mandheg saka katentaraan ing taun 1911.
<!--
Pada pecahnya [[Perang Dunia I]] Hindenburg dipanggil kembali oleh Angkatan Bersenjata Jerman dan setelah dikirim ke Front Timur ia memenangkan kemenangan menentukan atas Rusia di [[Tannenberg]] ([[1914]]) dan Danau Masaurian (1915). Dipandang sebagai penyelamat [[Prusia Timur]], ia dinaikkan pangkat pada panglima tertinggi dan pada 29 Agustus 1916, ia menjadi Kepala Staf Ketentaraan Jerman.
 
Dengan dukungan pejabat militer senior dan industriawan sayap kanan, Hindenburg dan jenderal intendannya Erich von Ludendorff, membentuk yang kemudian dikenal sebagai Komando Tertinggi Ketiga. Kediktatoran industri militer ini memegang kekuasaan sampai [[29 September]] [[1918]], saat dengan kekalahan yang tak bisa dielakkan karena ofensif yang gagal di Perancis, pemerintahan Jerman kembali ke [[Reichstag]].
 
Hindenburg istirahat dari Tentara Jerman pada Oktober 1918, namun meneruskan mengambil kepentingan aktif dalam politik. Pada 1925, Hindenburg menggantikan Friedrich Ebert sebagai Presiden Jerman dengan dukungan kelompok partai kanan. Diangkat kembali pada 1932, ia tak menentang perkembangan [[Adolf Hitler]] dan pada Januari 1933, mengangkatnya sebagai [[kanselir]]. Begitu terkenalnya Paul von Hindenburg di kalangan rakyat Jerman sehingga Hitler hanya sanggup menggulingkan pemerintahan konstitusi setelah kematian Von Hindenburg pada tahun [[1934]].
 
-->