Masjid Setana Gedhong: Béda antara owahan

Konten dihapus Konten ditambahkan
Kaca anyar: Masjid Setana Gedhong inggih punika masjid historis wonten ing kitha Kediri. Arsitektur Masjid Setana Gedhong Palataran Masjid kaliyan pasarean kaperang dados tiga. Pelataran punika...
(Ora ana béda)

Révisi kala 29 Mèi 2016 08.08

Masjid Setana Gedhong inggih punika masjid historis wonten ing kitha Kediri.

Arsitektur Masjid Setana Gedhong Palataran Masjid kaliyan pasarean kaperang dados tiga. Pelataran punika pikantuk saking akulturasi palataran candhi ingkang gadhah wigatos ampeyan, ereng-ereng, dalah pepuncon aldaka. Masjid Setana Gedhong semanten ugi, gadhah tigang palataran. Palataran kasepisan ingkang sakniki dipun paringi asma masjid Induk, palataran kaping kalih dipun paringi asma pendopo ingkang dipun wangun wonten ing nginggilipun pareruntuhanipun candhi Hindhu, palataran kaping tiga inggih punika pasareanipun Syekh Wasil Syamsudin.

semakin ke belakang semakin suci. Ketiga halaman itu juga merupakan hasil akulturasi dari pembuatan halaman candi di tanah mendatar yang mengandung makna kaki, lereng, dan puncak gunung,karena umat Hindu Jawa pada masa lalu dalam membuat seni bangun berlandaskan pada bentuk Gunung Himalaya sebagai gunung yang disucikan di India.

Begitu juga dengan Masjid Setono Gedong yang juga memiliki tiga halaman, halaman pertama yang sekarang adalah masjid Induk, kedua adalah pendopo yang dibangun di atas reruntuhan Candi Hindu dan di keliling. Sedangkan pada halaman terakhir adalah Makam Syeh Wasil Syamsudin(Juma’in, 2010:27).

Hiasan masjid makam memiliki fungsi ganda, yaitu sebagai fungsi teknis dan fungsi dekoratif. Sebagai fungsi teknis, hiasan pada masjid-makam berkaitan dengan kegunaan praktis atau sebagai teknis bangunan. Sedangkan fungsi dekoratif, pada dinding masjid-makam digunakan untuk memperindah bangunan. Selain itu juga menyimpan pesan dan media untuk memenuhi tujuan religi-magis. Misalnya ukir-ukiran teratai, daun-daunan, dan lain-lain(Mustopo dalam Juma’in, 2010:28).