Ka'bah: Béda antara owahan

Konten dihapus Konten ditambahkan
Addbot (parembugan | pasumbang)
c Bot: Migrating 75 interwiki links, now provided by Wikidata on d:q29466 (translate me)
Top4Bot (parembugan | pasumbang)
c shalat, solat -> salat using AWB
Larik 8:
| longd=39 |longm=49 |longs=34.34 |longEW=E
}}
'''Ka'bah''' iku sawijining bangunan awangun kubus sing dumunung ing satengahing [[Masjid Al Haram]] ing [[Mekkah]]. Bangunan iki minangka monumen suci kanggoné kaum muslim (umat Islam). Minangka bangunan sing didadèkaké pathokan arah [[kiblat]] utawa arah patokan kanggo ibadah umat [[Islam]] ing saindhenging donya kayata [[shalatsalat]]. Saliyané iku, minangka bangunan sing wajib ditekani utawa diziarahi nalika musim [[kaji]] lan [[umrah]].
 
Dimensi struktur bangunan ka'bah luwih kurang ukuran 13,10m dhuwur kanthi sisi 11,03m lan 12,62m. Uga disebut kanthi jeneng ''Baitullah''.
Larik 62:
Karena gerak tahunannya tersebut dikombinasikan dengan gerak terbit terbenam [[Matahari]] akibat [[rotasi]] [[Bumi]], maka [[Matahari]] menyapu daerah-daerah yang memiliki [[garis lintang|lintang]] antara 23,5º LU dan 23,5º LS. Pada daerah-daerah di permukaan [[Bumi]] yang memiliki [[garis lintang|lintang]] dalam rentang tersebut, [[Matahari]] dua kali setahun akan berada kurang lebih tepat di atas [[kepala]]. Karena [[Mekkah]] memiliki [[garis lintang|lintang]] 21º 26' LU, yang berarti berada dalam daerah yang disebutkan di atas, maka dua kali dalam setahun, [[Matahari]] akan tepat berada di atas [[kota]] [[Mekkah]]. Kapan hal ini terjadi, bisa dilihat dalam [[almanak]], misalnya ''Astronomical Almanac''.
 
Penentuan arah [[kiblat]] dengan cara melihat langsung posisi [[Matahari]] seperti yang disebutkan di atas (pada [[tanggal|tanggal-tanggal]] tertentu yang disebutkan di atas), tidaklah bisa dilakukan di semua tempat. Sebabnya karena bentukwujud [[Bumi]] yang [[bundar]]. Tempat-tempat yang bisa menggunakan cara di atas untuk penentuan arah [[kiblat]] adalah tempat-tempat yang terpisah dengan [[Mekkah]] kurang dari 90º. Pada tempat-tempat yang terpisah
dari [[Mekkah]] lebih dari 90º, saat [[Matahari]] tepat berada di [[Mekkah]], [[Matahari]] (dilihat dari tempat tersebut) telah berada di bawah [[horizon]]. Misalnya untuk posisi pengamat di [[Bandung]], saat [[Matahari]] tepat di atas [[Mekkah]] (tengah hari), dilihat dari [[Bandung]], posisi [[Matahari]] sudah cukup rendah, kira-kira 18º di atas [[horizon]]. Sedangkan bagi daerah-daerah di Indonesia Timur, saat itu [[Matahari]] telah terbenam, sehingga praktis momen itu tidak bisa digunakan di sana. Bagi tempat-tempat yang saat [[Matahari]] tepat berada di atas [[Ka'bah]], [[Matahari]] telah berada di bawah [[ufuk]]/[[horizon]], bisa menunggu 6 [[bulan]] kemudian. Pada tiap [[tanggal]] [[28 November]] 21:09 UT ('''[[29 November]] 04:09 WIB''') dan [[16 Januari]] 21:29 UT ('''[[17 Januari]] 04:29 WIB'''), [[Matahari]] tepat berada di bawah [[Ka'bah]]. Artinya, pada saat tersebut, jika pengamat tepat menghadap ke arah [[Matahari]], pengamat tepat membelakangi arah [[kiblat]]. Jika pengamat memancangkan tongkat tegak lurus, maka arah jatuh [[bayangan]] tepat ke arah [[kiblat]].
-->