Dinding sèl: Béda antara owahan

Konten dihapus Konten ditambahkan
Legobot (parembugan | pasumbang)
c Bot: Migrating 57 interwiki links, now provided by Wikidata on d:q128700 (translate me)
Top4Bot (parembugan | pasumbang)
replaced: oleh → olèh
Larik 1:
[[Gambar:Chloroplasten.jpg|thumb|250px|[[Sel tumbuhan]] dipisahkan oleholèh dinding sel yang transparan.]]
'''Dinding sèl''' iku struktur ing sajabané membran plasma sing mbatesi ruang tumrap [[sèl (biologi)|sèl]] kanggo tuwuh dadi gedhé. Dinding sèl minangka ciri khas sing diduwèni [[tetanduran]], [[baktèri]], [[fungi]] (jamur), lan [[alga]], senajan struktur panyusun lan kelengkapané béda-béda.
<!--
Dinding sel menyebabkan sel tidak dapat bergerak dan berkembang bebas, layaknya sel [[hewan]]. Namun demikian, hal ini berakibat positif karena dinding-dinding sel dapat memberikan dukungan, perlindungan dan penyaring (filter) bagi struktur dan fungsi sel sendiri. Dinding sel mencegah kelebihan air yang masuk ke dalam sel.
 
Dinding sel terbuat dari berbagai macam komponen, tergantung golongan organisme. Pada tumbuhan, dinding-dinding sel sebagian besar terbentuk oleh [[polimer]] [[karbohidrat]] ([[pektin]], [[selulosa]], [[hemiselulosa]], dan [[lignin]] sebagai penyusun penting). Pada bakteri, [[peptidoglikan]] (suatu [[glikoprotein]]) menyusun dinding sel. Fungi memiliki dinding sel yang terbentuk dari [[kitin]]. Sementara itu, dinding sel alga terbentuk dari glikoprotein, pektin, dan [[sakarida]] sederhana (gula).
Larik 17:
* [[sitoplasma]]
* [[kloroplas]]
 
{{biologi-stub}}
 
[[Kategori:Biologi sel]]
 
 
{{biologi-stub}}