Arab Saudi: Béda antara owahan

Konten dihapus Konten ditambahkan
Top4Bot (parembugan | pasumbang)
→‎top: éjaan, replaced: sebagian → sapérangan
Tanpa ringkesan besutan
Tenger: Besutan punsèl Besutan wèb punsèl
Larik 13:
|government_type = [[Monarki absolut]]
|leader_titles = [[Raja Arab Saudi|Raja]]<br />[[Pangeran Arab Saudi|Pangeran]]
|leader_names = [[AbdullahSalman saka Arab Saudi|AbdullahSalman bin Abdulaziz al-Saud]]<br />[[SultanMuhammad bin Abdul AzizSalman al-Saud]]
|area_rank = 15
|area_magnitude =
Larik 55:
Pada masa dahulu laladan Arab Saudi dikenal menjadi dua bagian yakni laladan Hijaz yakni laladan pesisir barat Ujung Arab yang didalamnya terdapat kota-kota diantaranya adalah [[Mekkah]], [[Madinah]] dan [[Jeddah]] serta laladan ara-ara Najd yakni laladan laladan ara-ara sampai pesisir timur ujung arabia yang umumnya dihuni oleh suku suku lokal Arab ([[Badui]]) dan Kabilah kabilah Arab lainnya.
 
Pada masa awal tumbuh dan berkembangnya Islam. Wewengkon ini memiliki pusat pemerintahan di Madinah dari sejak Nabi Muhammad sampai masa [[khalifah]] [[Utsman bin Affan]]. Sejak masa khalifah [[Ali bin Abi Thalib]] pusat pemerintahan dipindahkan ke [[Kufah]] di [[Irak]] sekarang, kemudian berturut turut menjadi bagian wewengkon Daulah [[Ummayyah]], [[Abbasiyyah]] dan [[Utsmaniyah]] [[Turki]].
 
Pemerintah Saudi bermula dari bagian tengah ujung (jazirah) Arab yakni pada tahun 1750 ketika Muhammad bin Sa'ud bersama dengan [[Muhammad bin Abdul Wahhab]] bekerja sama untuk memurnikan agama [[Islam]] yang kemudian dilanjutkan oleh [[Abdul Aziz Al Sa'ud]] atau Abdul Aziz Ibnu Su'ud dengan menyatukan seluruh wewengkon Hijaz yang dulu dikuasai oleh [[Syarif Husain]] dengan Najd.
Larik 92:
Arab Saudi terletak di antara 15°LU - 32°LU dan antara 34°BT - 57°BT. Luas kawasannya adalah 2.240.000 km². Arab Saudi merangkumi empat perlima kawasan di [[Ujung Arab]] dan merupakan nagara terbesar di [[Asia]] [[Timur Tengah]]. Permukaan terendah di sini ialah di [[Lempongan Pèrsi]] pada 0 m dan [[Jabal Sauda']] pada 3.133 m. Arab Saudi terkenal sebagai sebuah nagara yang datar dan mempunyai banyak kawasan [[ara-ara]]. Ara-ara yang terkenal ialah di sebelah selatan Arab Saudi yang dijuluki "Laladan Kosong" (dalam [[bahasa Arab]], ''Rub al Khali''), kawasan ara-ara terluas di dunia. Namun demikian di bagian barat dayanya, terdapat kawasan pegunungan yang berumput dan hijau.
-->
 
== Mangga Pirsani ==
* [[Pratélan nagara]]