Fonétik: Béda antara owahan

Konten dihapus Konten ditambahkan
Kaca anyar: Fonetik Fonetik adalah cabang ilmu kajian linguistik yang meneliti bunyi-bunyi bahasa tanpa melihat apakah bunyi-bunyi itu dapat membedakan makna kata atau tidak. Hal ini berbeda deng...
 
besut artikel
Larik 1:
Fonetik
 
Fonetik adalah cabang ilmu kajian linguistik yang meneliti bunyi-bunyi bahasa tanpa melihat apakah bunyi-bunyi itu dapat membedakan makna kata atau tidak. Hal ini berbeda dengan fonemik yang meneliti bunyi-bunyi bahasa dengan melihat bunyi itu sebagai satuan yang dapat membedakan makna kata. Berdasarkan hal tersebut dikaji fonetik dibedakan menjadi 3 yaitu fonetik artikulatoris, fonetik akustik, fonetik auditoris.
Fonetik inggih menika cabang ngelmu kajian [[linguistik]] ingkang nyinaoni swanten-swanten basa tanpa ningali menapa swanten-swanten menika saged mbentenaken wosing tembung utawi boten. Perkawis menika benten kaliyan ''fonemik'' ingkang nyinaoni swanten-swanten basa kanthi ningali swanten menika minangka bab ingkang mbentenaken wosing tembung. Awit saking perkawis kasebat dipunsinaoni fonetik dipunbentenaken dados 3, inggih menika fonetik artikulatoris, fonetik akustik, fonetik auditoris.
- Fonetik Artikulatoris disebut juga dengan fonetik Organis atau fonetik Fisiologis meneliti bagaimana bunyi-bunyi bahasa itu diproduksi oleh alat-alat ucap manusia. Pembahasanya meliputi Alat-alat ucap yang digunakan dalam memproduksi bunyi bahasa itu, mekanisme arus udara yang digunakan dalam memproduksi bunyi bahasa, bagaimana bunyi bahasa dibuat, mengenai klasifikasi bunyi bahasa yang dihasilkan serta apa kriteria, silabel, unsur-unsur atau ciri-ciri suprasegmental,tekanan, jeda, durasi, dan nada.
 
- Fonetik akustik, yang objeknya adalah bunyi bahasa ketika merambat di udara, antara lain membicarakan : gelombang bunyi beserta frekuensi dan kecepatannya ketika merambat diudara, spektrum, tekanan, dan intensitas bunyi. Juga mengenai skala desibel, resonansi, akustik lebih mengarah kepada kajian fisika dari pada kajian linguistik, meskipun linguistik memiliki kepentingan di dalamnya.
- fonetik artikulatoris
- Fonetik Auditorik meneliti bagaimana bunyi-bunyi bahasa itu “diterima” oleh telinga, sehingga bunyi-bunyi itu didengar dan dapat dipahami. Dalam hal ini tentunya pembahasannya mengenai struktur dan fungsi alat dengar, yang disebut telinga itu bekerja. Bagaimana mekanisme penerimaan bunyi bahasa itu, sehingga bisa dipahami. Oleh karena itu, kiranya kajian fonetik auditori lebih berkenan dengan ilmu kedokteran, termasuk kajian neurologi.
 
Dari ketiga jenis fonetik itu jelas yang paling berkaitan dengan ilmu linguistik adalah fonetik artikulatoris, kareana fonetik sangat berkenaan dengan masalah bagaimana bunyi bahasa itu di produksi atau dihasilkan. Sedangkan fonetik akustik lebih berkenaan dengan kajian fisika, yang dilakuan setelah bunyi-bunyi itu dihasilkan dan sedang merambat diudara. Sedangkan fonetik auditoris berkaitan dengan ilmu kedokteran dari pada linguistik.
Dipunsebat ugi fonetik organis utawi fonetik fisiologis, nyinaoni kados pundi swanten-swanten basa menika dipundamel saking piranti micara saben tiyang. Parembaganipun kalebet piranti-piranti micara ingkang dipunginakaken kangge ndamel swanten basa menika, ''mekanisme'' angin ingkang dipunginakaken kangge ndamel swanten basa, kados pundi swanten basa menika kadamel, tumrap [[Klasifikasi|''klasifikasi'']] swanten basa ingkang kasil sarta menapa sarat, silabel, unsur, utawi ciri [[suprasegmental]], tekanan, jeda, durasi, lan nada.
 
-Fonetik akustik,
 
fonetik akustik, ingkang objekipun inggih menika swanten basa rikala miyos ing angin, antawisipun nyariosaken: glombang swanten sarta frekuensi lan banteripun rikala miyos ing angin, spektrum, tekanan, lan intensitas swanten. Ugi tumrap ''skala desibel'', [[Resonansi|''resonansi'']], akustik langkung tumuju dhateng kajian fisika tinimbang kajian [[linguistik]], senadyan [[linguistik]] nggadhahi kapitadosan ing salebetipun.
 
-Fonetik Auditorik
 
fonetik auditorik nyinaoni kados pundi swanten-swanten basa menika “dipuntampi” tumrap pamireng, saengga swanten-swanten menika dipunmireng lan saged dipunmangertosi. Wonten bab menika tamtu pasinaonipun tumrap struktur lan gina piranti mireng, ingkang kasebat pamireng menika. Kados pundi ''mekanisme'' panampi swanten basa menika saengga saged dimangertosi. Awit saking menika, sageda kajian fonetik auditori langkung njalari kaliyan ngelmu kadokteran, kalebet kajian neurologi.
 
<ref>{{Cite book|title=fonologi bahasa indonesia|last=chaer|first=abdul|publisher=|year=2009|isbn=978-979-518-977-0|location=jakarta|pages=10}}</ref>
 
<ref>{{Cite book|title=Linguistik Umum|last=Chaer|first=Abdul|publisher=|year=2012|isbn=978-979-518-587-1|location=jakarta|pages=109}}</ref>
[[Kategori:Fonologi]]
[[Kategori:Linguistik]]