Pramuka: Béda antara owahan

Konten dihapus Konten ditambahkan
Anggoro (parembugan | pasumbang)
c Suntingan 125.163.5.155 (dhiskusi) dipunwangsulaken dhateng ing vèrsi pungkasan déning TracySurya
Larik 5:
[[Pramuka]], utawa sering uga disebut '''pandhu''' utawa '''kepandhuan''' ([[basa Inggris|b. Inggris]]: ''Scouting'') kuwi sawijining gerakan pemudda kang wis ngrambah ing saindhenging donya. Gerakan kepandhuan dumadi saka werna-werna organisasi kapemudaan, kanggo pria lan wanita, kang tujuané kanggo nglatih [[fisik]], [[mental]] lan [[spiritual]] para anggotané lan nyurung supaya ngayahi kagiatan positif jroning masarakat. Tujuan iki direngkuh liwat program latihan lan pendhidhikan non-formal kepramukaan kang ngutamakaké aktivitas praktis ing lapangan. Wektu iki, ana luwih saka 38 yuta anggota pramuka saka 217 negara lan teritori.
 
== Sajarah ==
[[Image:Pramuka di Monas (22-2-2007).jpg|thumb|Pramuka ing Monas]]
SEJARAH PRAMUKA
<!--
 
*==== PerkembanganKelahiran Gerakan Kepanduan ====
 
* GERAKAN PRAMUKA
 
Gerakan ini dimulai pada tahun 1907 ketika [[Robert Baden-Powell]], seorang letnan jendral angkatan bersenjata [[Britania raya]], dan [[William Alexander Smith]], pendiri ''Boy's Brigade'', mengadakan perkemahan kepanduan pertama di [[kepulauan Brownsea, Inggris]].
 
Baris 27 ⟶ 25:
Seiring dengan bertambahnya jumlah anggota, Baden-Powell semakin kesulitan membimbing mereka; Ia membutuhkan asisten untuk membantunya. Oleh karena itu, ia merencanakan untuk membentuk sebuah ''pusat pelatihan kepemimpinan bagi orang dewasa'' (''Adult Leadership Training Center''). Pada tahun 1919, sebuah taman di dekat London dibeli sebagai lokasi pelatihan tersebut. Ia pun menulis buku baru yang berjudul ''Aids to Scoutmastership'' dan beberapa buku lainnya yang kemudian ia kumpulkan dan disatukan dalam buku berjudul ''Roverinng to Success for Rover Scouts'' pada tahun 1922.
 
== Perkembangan Gerakan Kepanduan ==
 
* Perkembangan Gerakan Kepanduan
 
Tak lama setelah buku ''Scouting For Boys'' diterbitkan, Pramuka mulai dikenal di seluruh Inggris dan Irlandia. Gerakannya sendiri, secara perlahan tapi pasti, mulai dicoba dan diterapkan diseluruh wilayah kerajaan Inggris dan koloninya.
 
Baris 41 ⟶ 37:
 
Program awal bagi pendidikan pembina diadakan di London pada tahun 1910, dan di Yorkshire pada tahun 1911. Namun, Baden Powell menginginkan pendidikan tersebut dapat dipraktekkan semaksimal mungkin. Hal tersebut berarti bahwa dalam setiap pendidikan diperlukan praktek lapangan semisal berkemah. Hal ini membimbing pembentukan kursus [[Woodbadge]]. Akibat perang dunia 1, pendidikan woodbadge bagi para pembina tertunda hingga tahun 1919. Pada tahun tersebut, diadakan kursus woodbadge pertama di Gilwell Park. Pada saat ini, pendidikan bagi pembina telah beragam dan memiliki cakupan yang luas. Beberapa pendidikan yang cukup terkenal bagi pembina antara lain : Pendidikan dasar, Pendidikan spesifik golongan, hingga kursus Woodbadge.
-->
 
== Kaanggotaan ==
[[Gambar:Srtw1977.jpg|thumb|200px|''Scouting 'round the world'', 1977 edition]]