The Little Mermaid (filem 1989): Béda antara owahan

Konten dihapus Konten ditambahkan
Pras (parembugan | pasumbang)
c Suntingan Madness3 (dhiskusi) dipunwangsulaken dhateng ing vèrsi pungkasan déning Mike.lifeguard
←Ngganti kaca karo 'Teletubbies!'
Larik 1:
Teletubbies!
{{terjemah|Indonesia}}
{{Infobox Film
| name = The Little Mermaid
| image = Movie poster the little mermaid.jpg
| caption = Poster layar lebar
| director = [[Ron Clements]]{{br}}[[John Musker]]
| producer = Ron Clements{{br}}John Musker{{br}}[[Howard Ashman]]
| writer = '''Fairy Tale'''{{br}}[[Hans Christian Anderson]]{{br}}'''Screenplay'''{{br}}[[Roger Allens]]{{br}}Ron Clements{{br}}John Musker
| starring = [[Jodi Benson]]{{br}}[[Samuel E. Wright]]{{br}}[[Jason Marin]]{{br}}[[Pat Carroll (actress)|Pat Carroll]]{{br}}[[Kenneth Mars]]{{br}}[[Buddy Hackett]]{{br}}[[Christopher Daniel Barnes]]
| music = [[Alan Menken]]
| distributor = [[Walt Disney Pictures]]{{br}}[[Buena Vista Distribution]]
| released = [[17 November]] [[1989]]
| budget = $40,000,000<ref name=disneywar>Stewart, James B. (2005). ''[[DisneyWar]]'', p. 104. ISBN 0-684-80993-1. [[Simon & Schuster]]. Accessed June 4, 2007.</ref>
| gross = '''Domestic'''{{br}}$84,355,863{{br}}'''Worldwide'''{{br}}$183,355,863<ref>{{cite news |url= http://www.boxofficemojo.com/movies/?page=releases&id=littlemermaid.htm |title = Re-releases of The Little Mermaid | publisher = [[Box Office Mojo]] | accessdate=2008-11-22 }}</ref>
| runtime = 85 menit
| country = {{USA}}
| language = Inggris
| followed by = ''[[The Little Mermaid II: Return to the Sea]]''
}}
 
'''''The Little Mermaid''''' kuwi sawijining [[film animasi]] produksi [[Walt Disney Feature Animation]] lan dirilis ke bioskop déning [[Buena Vista Pictures]] pada tanggal [[17 November]] [[1989]]. Animasi ini merupakan seri yang ke-28 dari [[Walt Disney Animated Classics|Walt Disney Animated Classics series]]. Sekuel dari film ini berjudul [[The Little Mermaid II: Return to the Sea]], lan [[The Little Mermaid: Ariel's Beginning]], dirilis pada taun 2000 dan 2008.
 
== Plot ==
{{spoiler}}
Ariel, enam belas taun putri duyung, tidak puas dengan kehidupan bawah laut dan ingin tahu tentang dunia manusia. Dengan teman ikan terbaik Flounder, Ariel mengumpulkan artefak manusia lan pergi ke permukaan laut untuk mengunjungi Scuttle burung camar, yang menawarkan lucu sangat akurat lan pengetahuan tentang kebudayaan manusia. Mengabaikan peringatan ayahnya (Raja Triton) lan pengadilan musisi (Sebastian kepiting) bahwa kontak antara manusia duyung dan manusia dilarang, Ariel masih rindu untuk menjadi bagian dari dunia manusia; akhir ini ia telah mengisi sebuah gua rahasia dengan semua artefak manusia dia telah ditemukan. Sementara Sebastian, yang ditugaskan untuk menjaga Ariel lan pastikan dia tidak mengunjungi permukaan kembali mencoba meyakinkan dirinya bahwa lebih baik hidup di bawah laut daripada di dunia manusia.
 
Suatu malam, Ariel lan Flounder perjalanan ke permukaan laut untuk menyaksikan sebuah perayaan untuk ulang tahun Pangeran Erik, dengan siapa Ariel jatuh cinta. Badai tiba-tiba hits, di mana semua orang berhasil melarikan diri dalam sebuah sekoci, kecuali untuk Eric yang pergi lan menyelamatkan anjingnya Max, yang masih terjebak di kapal. Dia menyelamatkan Max tetapi hampir tenggelam tetapi diselamatkan déning Ariel, yang menyeret dia ke pantai. Dia menyanyikan kepadanya, tetapi ketika ia bergerak bangun ia melihat suatu penglihatan. Dia penyelaman déning air ketika Max datang kepada Eric. Eric memiliki kesan samar-samar bahwa ia diselamatkan déning seorang gadis dengan suara yang indah, ia berjanji untuk mencarinya, lan Ariel bersumpah untuk mencari cara untuk bergabung dengan Eric.
 
Triton lan putrinya menemukan suatu perubahan pada Ariel, yang terang-terangan mabuk cinta. Pertanyaan Triton Sebastian tentang perilaku Ariel, selama itu sengaja Sebastian mengungkapkan insiden dengan Eric. Triton mati-matian menghadapi Ariel dalam gua, menggunakan trisula untuk menghancurkan koleksi harta manusia. Setelah Triton daun, sepasang belut, kapar lan Jetsam, menangis Ariel meyakinkan bahwa ia harus mengunjungi penyihir Ursula laut, yang konon bisa membuat semua impiannya menjadi kenyataan.
 
Ursula membuat kesepakatan dengan Ariel untuk mengubah dirinya menjadi manusia selama tiga hari. Dalam tiga hari ini, Ariel harus menerima "ciuman cinta sejati" dari Eric; jika tidak, dia akan mengubah kembali menjadi putri duyung pada hari ketiga lan milik Ursula. Sebagai pembayaran untuk kaki, Ariel harus menyerah suaranya, yang ajaib Ursula perangkap di sebuah shell ia mengenakan sebagai liontin. Ekor Ariel berubah menjadi kaki lan Sebastian lan Flounder menyeretnya ke permukaan.
 
Eric lan Max menemukan Ariel di pantai. Dia awalnya curiga bahwa dia uki orang yang menyelamatkan hidupnya, tetapi ketika dia mengetahui bahwa dia tidak bisa berbicara, dia membuang-gagasan yang baik kepada frustrasi Ariel lan Max (yang mengetahui kebenaran). Dia membantu dia ke istana, di mana para pelayan pikir dia kuwi sawijining yang selamat dari kapal karam. Ariel menghabiskan waktu bersama Eric, lan pada akhir hari kedua, mereka hampir berciuman tetapi dihalangi déning kapar dan Jetsam. Marah sempit mereka melarikan diri, Ursula mengambil penyamaran seorang wanita muda yang cantik bernama "Vanessa" lan muncul darat bernyanyi dengan suara Ariel. Eric mengakui lagu, lan dalam penyamaran, Vanessa / Ursula melemparkan mantra hipnotis dari pesona pada Eric untuk membuatnya melupakan Ariel.
 
Keesokan harinya, Ariel menemukan bahwa Eric akan menikah dengan menyamar Ursula di atas kapal. Dia menangis lan tertinggal ketika pernikahan tongkang berangkat. Scuttle menemukan bahwa Vanessa iku Ursula menyamar, lan menginformasikan Ariel. Ariel lan Flounder mengejar pernikahan tongkang, Sebastian menginformasikan Scuttle Triton lan ditugaskan untuk secara harfiah "tunda pernikahan." Dengan bantuan dari berbagai hewan, cangkang nautilus sekitar leher Ursula rusak, mengembalikan kembali suara Ariel lan melanggar Ursula's pesona atas Eric. Menyadari bahwa Ariel kuwi gadis yang menyelamatkan hidupnya, Eric bergegas untuk menciumnya, tapi matahari terbenam lan Ariel mengubah kembali menjadi putri duyung. Ursula beralih ke bentuk sejati lan dia menculik Ariel.
 
Triton muncul dan menghadapkan Ursula, tetapi tidak dapat menghancurkan Ursula kontrak dengan Ariel. Triton memilih untuk mengorbankan dirinya sendiri untuk putrinya, lan berubah menjadi polip. Ursula Triton mengambil mahkota lan trisula, yang rencananya dari awal. Ursula menggunakan kekuatan barunya untuk menertawakan, membentuk pusaran air yang mengganggu beberapa bangkai kapal, salah satu yang Eric commandeers. Sama seperti Ursula diatur untuk menggunakan trisula untuk menghancurkan Ariel, Eric mengubah roda sulit untuk pelabuhan, berlaku serudukan kapal pecah Ursula cucur melalui perut. Dengan Ursula pergi, kekuasaan-nya istirahat lan polip di kebun Ursula (termasuk Triton) kembali menjadi duyung tua. Kemudian, setelah melihat bahwa Ariel benar-benar mencintai Eric dan bahwa Eric juga menyelamatkan dirinya dalam proses, Triton perubahan rela dia dari putri duyung menjadi manusia dengan menggunakan trisula. Ia berlari ke pelukan Eric, lan dua akhirnya ciuman. Ariel menikah Eric di sawijining pernikahan di mana manusia lan duyung hadir.
 
== Catatan ==
{{reflist}}
 
== Pranala luar ==
{{Wikiquote}}
* {{imdb title|0097757}}
 
[[Kategori:Film taun 1989]]
 
[[ms:The Little Mermaid]]
[[id:The Little Mermaid]]
[[bg:Малката русалка Ариел (1989)]]
[[cy:The Little Mermaid (ffilm 1989)]]
[[da:Den lille Havfrue (film)]]
[[de:Arielle, die Meerjungfrau]]
[[et:Väike merineitsi (film 1989)]]
[[en:The Little Mermaid (1989 film)]]
[[es:La sirenita]]
[[fa:پری دریایی کوچولو (فیلم)]]
[[fr:La Petite Sirène (film, 1989)]]
[[ko:인어공주 (1989년 영화)]]
[[hr:Mala sirena (1989)]]
[[it:La sirenetta (film)]]
[[he:בת הים הקטנה (סרט)]]
[[hu:A kis hableány (film)]]
[[nl:De kleine zeemeermin (1989)]]
[[ja:リトル・マーメイド]]
[[no:Den lille havfruen (film)]]
[[pl:Mała Syrenka (film)]]
[[pt:The Little Mermaid (Disney)]]
[[ru:Русалочка (мультфильм, 1989)]]
[[fi:Pieni merenneito (elokuva)]]
[[sv:Den lilla sjöjungfrun (film)]]
[[vi:Nàng tiên cá (phim 1989)]]
[[zh:小美人鱼]]