Manungsa Jawa: Béda antara owahan

Konten dihapus Konten ditambahkan
MystBot (parembugan | pasumbang)
c bot Menambah: fr:Homme de Java
JV029Finna (parembugan | pasumbang)
+sithik
Larik 1:
'''Pithecantropus erectus javanicus''' utawa '''Manungsa Jawa''' iku salah siji jinis ''[[Homo erectus]]'' sing pisanan ditemokaké. Wiwitané, manungsa iki diwènèhi jeneng ilmiah '''''Pithecanthropus erectus''''' déning [[Eugène Dubois]], wong sing kasil nemokaké fosilé ing [[Trinil]] taun [[1891]]. Jeneng ''Pithecanthropus erectus'' dhéwé asal saka tembung [[basa Yunani]] lan [[basa Latin|latin]] lan maknané ''manungsa-kethèk sing bisa ngadeg''.
<!--
== Sejarah ==
Ketika itu, Eugène Dubois tidak berhasil mengumpulkan fosil Pithecanthropus secara utuh melainkan hanya tempurung tengkorak, tulang paha atas dan tiga giginya saja. Dan sampai saat ini, belum ditemukan bukti yang jelas bahwa ketiga tulang tersebut berasal dari spesies yang sama.<ref>http://www.talkorigins.org/faqs/homs/java.html</ref> Sebuah laporan berisi 342 halaman ditulis pada waktu itu tentang keraguan validitas penemuan tersebut. Meskipun demikian manusia Jawa masih dapat ditemukan di buku-buku pelajaran saat ini. Fosil yang lebih lengkap kemudian ditemukan di desa [[Sangiran]], [[Jawa Tengah]], sekitar 18km ke Utara dari kota [[Solo]]. Fosil berupa tempurung tengkorak manusia ini ditemukan oleh [[Gustav Heinrich Ralph von Koenigswald]], seorang ahli [[paleoantropologi]] dari [[Berlin]], pada tahun [[1936]]. Selain fosil, banyak pula penemuan-penemuan lain di situs sangiran ini<ref>http://whc.unesco.org/pg.cfm?cid=31&id_site=593</ref>.
 
== Sejarah ==
KetikaNalika itukuwi, Eugène Dubois tidakora berhasilbisa mengumpulkanngumpulake fosil Pithecanthropus secarakanthi utuhgenep. melainkanFosil hanyakang bisa dikumpilake yaiku mung bagian tempurung tengkorak, tulangbalung pahapupu atasndhuwur danlan tigauntune giginya3 sajatok. DanNganti sampaitekan saatsaiki ini,durung belumbisa ditemukanditemoke bukti yangkang jelas bahwangenani ketiga tulang tersebutbalung-balung berasalmau darisaka spesiesjenis yangsing samapadha.<ref>http://www.talkorigins.org/faqs/homs/java.html</ref> SebuahLaporan laporankang berisiisine 342 halamankaca ditulis padanalika waktukuwi itudigawe tentangngenani keraguanbabagan validitas penemuantemon tersebutmau. Meskipun demikian manusiaManungsa Jawa masihbisa dapatditemokake ditemukanana diing buku-buku pelajaran saatbocah-bocah sekolah jaman inisasiki. Fosil yangkang lebihluwih lengkap kemudianbanjur ditemukanditemokake diana ing desa [[Sangiran]], [[Jawa Tengah]], sekitarantarane 18km kesisih Utaralor darisaka kotakutha [[Solo]]. Fosil berupakang awujud tempurung tengkorak manusiamanungsa iniiki ditemukanditemokake olehdening [[Gustav Heinrich Ralph von Koenigswald]], seorang ahli [[paleoantropologi]] darisaka [[Berlin]], padaana tahuning taun [[1936]]. SelainSakliyane fosil, banyakuga pulaakeh penemuanditemokake temon-penemuantemon liyane lainana diing situs sangiran iniiki<ref>http://whc.unesco.org/pg.cfm?cid=31&id_site=593</ref>.
<!--
Sampai temuan manusia yang lebih tua lainnya ditemukan di [[Great Rift Valley]], [[Kenya]], temuan Dubois dan von Koenigswald merupakan manusia tertua yang diketahui. Temuan ini juga dijadikan rujukan untuk mendukung [[teori evolusi]] [[Charles Darwin]] dan [[Alfred Russel Wallace]]. Banyak ilmuwan pada saat itu yang juga mengajukan teori bahwa Manusia Jawa mungkin merupakan mata rantai yang hilang antara manusia kera dengan manusia modern saat ini. Saat ini, antropolog bersepakat bahwa leluhur manusia saat ini adalah ''[[Homo erectus]]'' yang hidup di Afrika (dikenal pula dengan nama ''[[Homo ergaster]]'').