Kaisar Daoguang: Béda antara owahan

Konten dihapus Konten ditambahkan
Luckas-bot (parembugan | pasumbang)
c r2.7.1) (bot Menambah: id:Kaisar Daoguang
PL230Fahmy (parembugan | pasumbang)
Tanpa ringkesan besutan
Larik 26:
 
 
'''Kaisar Daoguang''' ({{zh-cp|c=道光帝|p=Dàoguāngdì}}, [[16 September]] [[1782][[25 Februari]] [[1850]]) adalahiku kaisar [[Dinasti Qing]] [[Manchu]] keka-8 danlan Kaisar Qing keka-6 yangkang memerintahmrentah [[Tiongkok]] dariwiwit tahuntaun [[1820]] hingganganti [[1850]].
 
== Awal Kehidupan ==
 
''Ia lahir di [[Kota Terlarang]], [[Beijing]], dan diberi nama '''Mianning''' (綿寧), diganti menjadi Minning (旻寧) ketika ia menjadi kaisar. Huruf pertama dari namanya diubah dari Mian (綿) menjadi Min (旻) untuk mengabaikan penggunaan huruf biasa Mian. Tradisi ini dikenalkan oleh kakeknya, [[Kaisar Qianlong]] yang menganggap tidak cocok untuk menggunakan huruf biasa pada nama seorang Kaisar.
 
Mianning adalah putera kedua dari Yongyan (永琰), yang kemudian menjadi [[Kaisar Jiaqing]] pada tahun 1796. Ibundanya, isteri pertama dari Yongyan, adalah wanita manchu dari keluarga Hitara, yang kemudian menjadi permaisurui ketika Jiaqing bertahta pada tahun 1796 dan dikenal dengan gelar [[Permaisuri Xiaoshu Rui]] (孝淑睿皇后). Mianning sangat disayangi oleh kakeknya Kaisar Qianlong dan sering menemani Qianlong dalam kegiatan berburu. Dalam suatu perburuan, ketika itu Mianning berumur 9 tahun dan berhasil memburu seekor domba dan membuat Qianlong sangat bahagia. Pada tahun 1813, sebagai seorang pangeran, Mianning juga berperan penting dalam menjaga istana dan membunuh penyusup dari Sekte Lotus Putih yang menyerang Kota Terlarang. Jasa besar dan penting tersebut membuat Mianning untuk dipastikan sebagai pewaris tahta di kemudian hari.''