Banowati: Béda antara owahan

28 bèt wis ditambahake ,  10 taun kepungkur
mertal sithik. Isi tèks ing basa Indonesia
(Kaca énggal: Dewi Banowati adalah putri dari Prabu Salya, raja di Mandraka. Banowati adalah seorang putri yang sangat cantik, bukan karena berhiaskan mutu manikam melainkan karena kecantikan yan...)
 
(mertal sithik. Isi tèks ing basa Indonesia)
Dewi'''Dèwi Banowati''' adalahiku putri dari Prabu Salya, rajaratu diing Mandraka. <!--Banowati adalah seorang putri yang sangat cantik, bukan karena berhiaskan mutu manikam melainkan karena kecantikan yang sebenar-benarnya. Tingkah laku putri ini serba halus dan pantas.
Pada mulanya Banowati jatuh cinta pada Arjuna, namun akhirnya ia menikah dengan Prabu Duryudana dan menjadi permaisuri di Hastinapura. Tetapi hatinya masih berat kepada Arjuna.
Percintaan Banowati pada Arjuna akhirnya terlaksana setelah perang Baratayudha berakhir dan Duryudana tewas. Tetapi kelakukan Banowati tersebut menyebabkan kemarahan Aswatama. Banowati kemudian dibunuh oleh Aswatama ketika sedang tidur lelap. Inilah pembalasan dendam Aswatama lantaran Banowati dianggap sering merendahkan Prabu Duryudana dan mempermainkan keutamaan seorang raja.-->
 
[[Kategori:Wayang]]