Walang kadung: Béda antara owahan

Konten dihapus Konten ditambahkan
Tanpa ringkesan besutan
Larik 20:
Walang sentadu iku salah siji srangga kang [[sirah|sirahe]] bisa muter. Pirang-pirang sumber ngrujuk menyang walang sentadu Eropa (''Mantis religiosa'') minangka walang sentadu kang paling umum ing [[Éropah]]. ''Ischnomantis gigas'' iku walang sentadu paling gedhe kang dawane 17 cm (walang wedok), lan ditemokake ing dhaerah Sahel ing [[Afrika]]. Walang sentadu paling cilik yaiku ''Bolbe pygmaea'', kang dawane mung 1cm nalika wis diwasa.
 
Seekor belalangWalang sentadu betinawedok yangkang hamillagi akanmeteng menghasilkanbisa ngasilake ''massa busa'' yangkang besargedhe, yang disebutdiarani ''[[ootheca]]'' (jamak:''oothecae''). Ootheca iniiki dapatbisa memuatngemot hingganganti tekan 300 butir [[telurendhog]],. yangEndhog-endhoge semuanyaiku dilindungidiwadahi dalaming kantung busa supaya aman. Oothecae iniiki dihasilkandiasilake padaing musim[[Mangsa gugur]] —dan—lan sesudahsawise ituiku belalangwalang sentadu dewasadiwasa mati— danlan menetasnetes dalamsuwene waktunganti hinggatekan limalimang bulansasi.<ref name="isu">Iowa State University Department of Entomology, "Belalang sentadu". http://www.ipm.iastate.edu/ipm/iiin/node/178</ref> Sebagian spesies menetas dalam interval kecil, dan proses penetasan dapat berlangsung hingga lima minggu ketika sebelum [[Larva (biologi)|larva]] muncul sepenuhnya. Belalang betina yang bunting tidak hanya memproduksi oothecae, tetapi juga oothecae yang tidak subur oleh belalang betina yang belum dikawini. Kadang-kadang satu atau dua larva menetas, tetapi hal ini jarang sekali terjadi. Beberapa spesies, seperti misalnya ''Brunneria borealis'', menghasilkan oothecae melalui [[partenogenesis]]. Dalam keadaan ini, belalang jantan tidak dibutuhkan untuk menghasilkan ootheca yang subur; namun, semua belalang yang dihasilkan dari proses ini adalah betina.
 
Di AS, spesies belalang sentadu pertama kali diperkenalkan dari Eropa dan Tiongkok sekitar tahun 1900 sebagai predator kebun dalam usaha untuk mengendalikan hama. [[Belalang sentadu Carolina]] adalah serangga resmi negara bagian [[South Carolina]], dan [[belalang sentadu Eropa]] adalah serangga resmi negara bagian [[Connecticut]].