Bumi Manusia: Béda antara owahan

Konten dihapus Konten ditambahkan
Tanpa ringkesan besutan
Tanpa ringkesan besutan
Larik 42:
ing April [[1981]] sapirang organisasi pemudha gawénan [[Orde Baru]] nggelar diskusi kang isiné ngecam karyané Pramoedya. asil diskusi iki terus disiaraké kanthi media massa minangka bukti keresahan masyarakat, modal penting kanggo Kejaksaan Agung kanggo netepaké larangan. Suratkabar pendukung Orde Baru kayata ''[[Suara Karya]]'', ''[[Pelita]]'' lan ''[[Karya Dharma]]'' mulai nerbitkaké kecaman kanggo ''Bumi Manusia'' lan pengarangé.
 
[[Ikatan Penerbit Indonesia]] (IKAPI)kang yangarep akan menyelenggarakannylenggarakna pameran buku tahunantaunan, tibaujug-tibaujug mengirimngirim suratlayng pembatalan keing ''alamat'' Hasta Mitra. Padahal sebelumnyasaduruné panitia kelihatan sangatketog bergairahsemanagat mengajakngajak penerbit itu menjadi anggota dan turut serta dalam kegiatan-kegiatannya. Suratkabar yang semula simpati semakin jarang memberi tempat dan bahkan beberapa tulisan yang siap naik cetak tiba-tiba dibatalkan, hanya karena penulisnya memuji kedua karya Pramoedya.
 
Akhirnya, [[29 Mei]] [[1981]], Jaksa Agung mengeluarkan SK-052/JA/5/1981 tentang pelarangan ''Bumi Manusia'' dan ''[[Anak Semua Bangsa]]''. Dalam surat itu antara lain disebutkan sepucuk surat dari [[Pangkopkamtib|Kopkamtib]] yang keluar seminggu sebelumnya, dan Rapat [[Menkopolkam|koordinasi Polkam]] tanggal [[18 Mei]] [[1981]]. Pelarangan itu sepenuhnya adalah keputusan politik dan tidak ada kaitannya dengan nilai sastra, argumentasi ilmiah serta alasan-alasan yang dikemukakan sebelumnya.