Kulawarga basa: Béda antara owahan

Konten dihapus Konten ditambahkan
MastiBot (parembugan | pasumbang)
c r2.7.2) (bot Mengubah: lij:Clascificaçion de lengue
Tanpa ringkesan besutan
Larik 1:
[[Gambar:languengl.gif|thumb|right|400px|Peta rumpun basa ing donya]]
'''Rumpun basa''' iku sakumpulan [[basa|basa-basa]] sing ndarbèni [[perintis]] sing padha yaiku [[basa purba]] saka rumpun kasebut.
 
Kayadéné [[Taksonomi alfa|rumpun biologis]], bukti hubungan antara basa-basa sarumpun bisa diamati saka karakteristik basa-basa kasebut. Sawijining rumpun basa sing bisa diidhentifikasi kanthi trep yakuwi sawijining kesatuan [[filogenetika|filogenetis]] sing tegesé kabèh anggota rupun basa kasebut diturunaké saka sawijining perintis lan kabèh basa turunané dilebokaké jroning rumpun kasebut. Sebagéan gedhé basa-basa ing bumi kuwi anggota saka sawijining rumpun basa, nanging ana uga basa-basa (kaya [[basa isolat]] sing hubungané karo basa liya ora cetha dan dadi pasulayan.
Larik 14:
== Pembagian lebih lanjut ==
 
Sebuah rumpun basa dapat dibagi kembali menjadi kesatuan [[filogenetis]] yang lebih kecil, umumnya disebut sebagai ''cabang'' dari rumpun, katena sejarah dari sebuah rumpun basa sering kali di gambar sebagai sebuah [[pohon fiologenetis|diagram pohon]]. Istilah rumpun namun tidak hanya terbatas pada sebuah tingkatan dari pohon ini. Sebagai contoh [[rumpun basa Indo-Arya]] adalah seuah cabang dari [[rumpun basa Indo-Eropa]]. Beberapa ahli taksonomi membatasi penggunaan istilah ''rumpun'' ke sebuah tingkatan tertentu namun terdapat sedikit persetujuan akan pembatasan rersebut. Beberapa membagi ranting menjadi ''kelompok'' dan kelompok menjadi ''kompleks''. Ada juga istilah ''adirumpun'' atau ''filum'' yang diajukan untuk mengabungkan beberapa rumpun basa yang statusnya sebagai kesatuan fiolgenetis tidak didukung dengan metode ilmu sejarah basa.
 
Basa yang tidak dapat digollongkan dengan jelas disebut sebagai basa isolat. Sebuah basa dapat terisolasi menjadi sebuah cabangnya sendiri di dalam sebuah rumpun basa seperti [[basa Yunani]] dalam rumpun basa Indo-Eropa. Ada juga basa isolat sempurna yang sama sekali tidak berhubungan dengan basa lain disekitarnya seperti contohnya [[basa Euskera]], kesamaan yang dimilikinya dengan basa sekitarnya seperti [[basa Kastelano]], [[basa Oksitan]] dan [[basa Perancis]] adalah karena pengaruh dan percampuran.