Powiat: Béda antara owahan

12 bèt wis ditambahake ,  9 taun kepungkur
tanpa ringkesan besutan
c (r2.7.3) (Bot: Nambahaké hsb:Powiat)
Tidak ada ringkasan suntingan
 
== Sejarah dan fungsi ==
Beberapa munisipalitas perkotaan [[Polandia]] merupakan satuan [[administratif]] yang disebut sebagai "distrik urban" (''powiat grodzki''), mirip dengan administrasi lokal dengan pemerintahan otonom seperti "distrik rural" atau "kabupaten".
 
"Wilayah rata-rata (yang paling besar [[powiat Białystok]]) terdiri dari 5 – 8 munisipalitas." Distrik urban yang paling besar, dilihat dari segi penduduk dan luas, adalah kota [[Warsawa]]. Kekuasaan legislatif dalam sebuah distrik dilimpahkan kepada "dewan distrik" (''rada powiatu'') atau "dewan kota" (''rada miasta''), sedangkan kekuasaan eksekutif lokal dilimpahkan kepada ''starosta'' (semacam bupati), yang di wilayah perkotaan dinamai walikota (''burmistrz'') atau "presiden."
Pada [[abad ke-19]], distrik terus berfungsi di bagian Polandia yang sudah dijadikan badan hukum ke dalam Kekaisaran Rusia ([[Polandia Kongres]]), dan sebagai kesepadanan Polandia Jerman "Kreis" di bagian Jerman yaitu Kadipaten Agung Poznań.
 
Sesudah Polandia medapat kemerdekaan pada [[1918]], kembali powiat lagi menjadi kesatuan teritorial yang dasar di seluruh Polandia.
Powiat dihapuskan pada 1975 demi ''wojewodstwo'' yang lebih besar, tetapi diperkenalkan kembali pada 1999. Sekarang ada 314 "kabupaten" (''powiat ziemski'') dan 65 "kota otonom" (''powiat grodzki''), atau lebih resmi "kotapraja dengan status wilayah" (''miasto na prawach powiatu'').
-->