Kulawarga basa: Béda antara owahan

Konten dihapus Konten ditambahkan
Legobot (parembugan | pasumbang)
c Bot: Migrating 85 interwiki links, now provided by Wikidata on d:q25295 (translate me)
tembung "rumpun" dudu basa Jawa
Larik 1:
[[Gambar:languengl.gif|thumb|right|400px|Peta rumpunkulawarga basa ing donya]]
'''RumpunKulawarga basa''' iku sakumpulan [[basa|basa-basa]] sing ndarbèni [[perintis]] sing padha yaiku [[basa purba]] saka rumpunkulawarga kasebut.
 
Kayadéné [[Taksonomitaksonomi alfa|rumpunkulawarga biologis]], bukti hubungan antara basa-basa sarumpunsakulawarga bisa diamati saka karakteristik basa-basa kasebut. Sawijining rumpunkulawarga basa sing bisa diidhentifikasi kanthi trep yakuwi sawijining kesatuan [[filogenetika|filogenetis]] sing tegesé kabèh anggota rupunkulawarga basa kasebut diturunaké saka sawijining perintis lan kabèh basa turunané dilebokaké jroning rumpun kasebut. Sebagéan gedhé basa-basa ing bumi kuwi anggota saka sawijining rumpunkulawarga basa, nanging ana uga basa-basa (kaya [[basa isolat]] sing hubungané karo basa liya ora cetha dan dadi pasulayan.
<!--
Konsep akan rumpunkulawarga basa didasarkan dari anggapan bahwa seiring dengan berjalannya waktu sebuah basa akan perlahan-lahan pecah menjadi bermacam-macam [[logat]] yang masing-masing pada akhirnya menjadi sebuah basa baru. Namun, persilsilahan basa lebih kabur daripada persilsilahan biologis karena basa dapat lebih mudah bercampur (baik karena [[kontak basa]], penaklukan, atau perdagangan) sedangkan spesies biologis umumnya tidak dapat bersilang seperti itu. Pada kasus [[basa kreol]] dan [[basa campuran]] lainnya perintis dari basa tersebut berjumlah lebih dari satu. Namun kasus seperti ini bukanlah mayoritas dan kebanyakan basa yang ada di bumi dapat di golongankan secara jelas.
 
== Basa Perintisperintis ==
Perintis dari sebuah rumpunKulawarga basa, yaitu basa purba, jarang kali dapat diketahui secara langsung karena kebanyakan basa mempunyai sejarah tercatat yang cukup pendek. Namun dimungkinkan untuk mereka basa purba tersebut dengan melakukan [[metode perbandingan]], sebuah metode rekonstruksi yang pertama kali dilakukan pada abas ke sembilan belas oleh seorang ahli basa [[August Schleiceher]]. Sebagai contoh sebuah rekaan adalah [[basa Indo-Eropa purba]] yang di tuturkan di zaman ketika tulisan belum ditemukan.
 
Untuk beberapa kasus basa perintis dari sebuah rumpunKulawarga basa dituturkan pada saat ketika tulisan sudah mulai digunakan. Sebuah logat dari basa Latin ([[Latin vulgar]]) adalah basa perintis dari [[rumpunKulawarga basa Roman]]. Sebuah logat dari [[basa Norse kuno]] adalah basa perintis dari [[basa Jermanik utara|basa-basa Jermanik utara]]
Perintis dari sebuah rumpun basa, yaitu basa purba, jarang kali dapat diketahui secara langsung karena kebanyakan basa mempunyai sejarah tercatat yang cukup pendek. Namun dimungkinkan untuk mereka basa purba tersebut dengan melakukan [[metode perbandingan]], sebuah metode rekonstruksi yang pertama kali dilakukan pada abas ke sembilan belas oleh seorang ahli basa [[August Schleiceher]]. Sebagai contoh sebuah rekaan adalah [[basa Indo-Eropa purba]] yang di tuturkan di zaman ketika tulisan belum ditemukan.
 
Untuk beberapa kasus basa perintis dari sebuah rumpun basa dituturkan pada saat ketika tulisan sudah mulai digunakan. Sebuah logat dari basa Latin ([[Latin vulgar]]) adalah basa perintis dari [[rumpun basa Roman]]. Sebuah logat dari [[basa Norse kuno]] adalah basa perintis dari [[basa Jermanik utara|basa-basa Jermanik utara]]
 
== Pembagian lebih lanjut ==
 
Sebuah rumpunKulawarga basa dapat dibagi kembali menjadi kesatuan [[filogenetis]] yang lebih kecil, umumnya disebut sebagai ''cabang'' dari rumpun, katena sejarah dari sebuah rumpunKulawarga basa sering kali di gambar sebagai sebuah [[pohon fiologenetis|diagram pohon]]. Istilah rumpun namun tidak hanya terbatas pada sebuah tingkatan dari pohon ini. Sebagai contoh [[rumpunKulawarga basa Indo-Arya]] adalah seuah cabang dari [[rumpunKulawarga basa Indo-Eropa]]. Beberapa ahli taksonomi membatasi penggunaan istilah ''rumpun'' ke sebuah tingkatan tertentu namun terdapat sedikit persetujuan akan pembatasan rersebut. Beberapa membagi ranting menjadi ''kelompok'' dan kelompok menjadi ''kompleks''. Ada juga istilah ''adirumpun'' atau ''filum'' yang diajukan untuk mengabungkan beberapa rumpunKulawarga basa yang statusnya sebagai kesatuan fiolgenetis tidak didukung dengan metode ilmu sejarah basa.
 
Basa yang tidak dapat digollongkan dengan jelas disebut sebagai basa isolat. Sebuah basa dapat terisolasi menjadi sebuah cabangnya sendiri di dalam sebuah rumpunKulawarga basa seperti [[basa Yunani]] dalam rumpunKulawarga basa Indo-Eropa. Ada juga basa isolat sempurna yang sama sekali tidak berhubungan dengan basa lain disekitarnya seperti contohnya [[basa Euskera]], kesamaan yang dimilikinya dengan basa sekitarnya seperti [[basa Kastelano]], [[basa Oksitan]] dan [[basa Perancis]] adalah karena pengaruh dan percampuran.
 
Hubungan antara rumpunKulawarga basa sering kali digunakan oleh [[anthropologis]] bersamaan dengan bukti [[DNA]] dan [[fossil]] untuk merekonstruksi migrasi manusia dan kejadian prassejarah lainnya seperti penyebaran kegiatan bercocok tanam.
-->
== Deleng uga ==
Baris 27 ⟶ 26:
* [[Basa punah]]
* [[ISO 639-5]]
* [[Basa Purbapurba]]
</div>
 
== RumpunKulawarga basa paling gedhé ==
 
Miturut ''Ethnologue.com'', rumpun-rumpunKulawarga basa paling gedhé yakuwi:
 
# [[Niger-Kordofania]] (1489 basa)
Baris 49 ⟶ 48:
# [[Tupi]] (70 basa)
<!--
Selain itu ada pula beberapa rumpunKulawarga basa lain yang tidak disenarikan dalam daftar ''Ethnologue'' ini:
* [[Basa Uralik|Uralik]]
* [[Basa Altaik|Altaik]]
 
Kategorisasi rumpun-rumpunKulawarga basa ini memang masih dipertentangkan sehingga mungkin tidak ikut disenaraikan.
-->
 
== Deleng uga ==
* [[Daftar basa miturut rumpunkulawarga basa]]
 
* [[Daftar basa miturut rumpun basa]]
* [[Daftar basa sing bakal punah]]
* [[Daftar basa sing wis punah]]
Baris 69 ⟶ 67:
 
{{basa-stub}}
{{rumpunkulawarga basa}}
 
[[Kategori:Basa]]
[[Kategori:RumpunKulawarga basa| ]]