Arab Saudi: Béda antara owahan

Konten dihapus Konten ditambahkan
-Kategori:Negara; +Kategori:Arab Saudi using HotCat ndandani hirarki
c mbenakaké éjaan using AWB
Larik 44:
}}
 
'''Arab Saudi''' utawa '''Saudi Arabia''' utawa '''Karajan Arab Saudi''' iku sawijining negaranagara ing [[Asia]]. Ibukuthane yaiku: [[Riyadh]]. Pedhunungé kira-kira ana 25 yuta.
Arab Saudi iku negaranagara [[Bangsa Arab|Arab]] sing dumunung ing [[Jazirah Arab]]. Nduwèni iklim [[gurun]] lan wilayahé sebagian dumadi saka [[segara wedhi]] lan segara wedhi utawa gurun pasir sing paling jembar yakuwi '''Rub Al Khali'''. Wong [[Bangsa Arab|Arab]] nyebut tembung segara wedhi nganggo tembung '''[[sahara]]'''.
 
Negara Arab Saudi iki wewatesan langsung (searah pandom jam saka arah lora) karo [[Yordania]], [[Irak]], [[Kuwait]], [[Teluk Persia]], [[Uni Emirat Arab]], [[Oman]], [[Yaman]], lan [[Segara Abang]].
Larik 62:
Wilayah ini dahulu merupakan wilayah perdagangan terutama dikawasan Hijaz antara [[Yaman]]-[[Mekkah]]-[[Madinah]]-[[Damaskus]] dan Palestina. Pertanian dikenal saat itu dengan perkebunan kurma dan gandum serta peternakan yang menghasilkan daging serta susu dan olahannya. Pada saat sekarang digalakkan sistem pertanian terpadu untuk meningkatkan hasil-hasil pertanian. [[Berkas:Sa-map.png|left|thumb|175px|Peta Arab Saudi]]
 
Perindustrian umumnya bertumpu pada sektor Minyak bumi dan Petrokimia terutama setelah ditemukannya sumber sumber minyak pada tanggal 3 Maret 1938. Selain itu juga untuk mengatasi kesulitan sumber air selain bertumpu pada sumber air alam (oase) juga didirikan industri desalinasi Air Laut di kota [[Jubail]]. Sejalan dengan tumbuhnya perekonomianperékonomian maka kota-kota menjadi tumbuh dan berkembang. Kota-kota yang terkenal di wilayah ini selain kota suci [[Mekkah]] dan [[Madinah]] adalah Kota [[Riyadh]] sebagai ibukota kerajaan, [[Dammam]], [[Dhahran]], [[Khafji]], [[Jubail]], [[Tabuk]] dan [[Jeddah]].
 
== Pulitik ==
 
Arab Saudi menggunakan sistem Kerajaan atau Monarki. Hukum yang digunakan adalah hukum [[Syariat]] Islam dengan berdasar pada pengamalan ajaran Islam semurni-murninya sesuai dengan [[Al Qur'an]] dan [[Hadits]]. Memiliki hubungan internasional dengan negaranagara negaranagara lain baik negaranagara negaranagara Arab, negaranagara-negaranagara anggota Organisasi Konfrensi Islam [[OKI]], maupun negaranagara negaranagara lain.
 
== Penduduk dan pembagian wilayah ==
Penduduk Arab Saudi adalah mayoritas berasal dari kalangan bangsa [[Bangsa Arab|Arab]] sekalipun juga terdapat keturunan dari bangsa-bangsa lain serta mayoritas beragama Islam. Di daerah daerah industri dijumpai penduduk dari negaranagara-negaranagara lain sebagai kontraktor dan pekerja asing atau ekspatriat
-->
[[Gambar:SaudiArabiaNumbered.png|right|300px]]
Wilayah Arab Saudi kapérang dadi 13 provinsi utawa ''[[manatiq]]'' (jamak saka ''mantiqah'') yakuwi:
 
# [[Provinsi Bahah|Bahah]]
Larik 90:
== Geografi ==
{{utama|Geografi Arab Saudi}}
Arab Saudi terletak di antara 15°LU - 32°LU dan antara 34°BT - 57°BT. Luas kawasannya adalah 2.240.000 km². Arab Saudi merangkumi empat perlima kawasan di [[Semenanjung Arab]] dan merupakan negaranagara terbesar di [[Asia]] [[Timur Tengah]]. Permukaan terendah di sini ialah di [[Teluk Persia]] pada 0 m dan [[Jabal Sauda']] pada 3.133 m. Arab Saudi terkenal sebagai sebuah negaranagara yang datar dan mempunyai banyak kawasan [[gurun]]. Gurun yang terkenal ialah di sebelah selatan Arab Saudi yang dijuluki "Daerah Kosong" (dalam [[bahasa Arab]], ''Rub al Khali''), kawasan gurun terluas di dunia. Namun demikian di bagian barat dayanya, terdapat kawasan pegunungan yang berumput dan hijau.
-->
== Mangga Pirsani ==
* [[Daftar negaranagara]]
== Pranala jaba ==
{{Commons|Category:Saudi Arabia|Arab saudi}}
Larik 101:
* {{ar}} {{en}} [http://www.mofa.gov.sa/ Situs Kementerian Luar Negeri]
 
{{stub}}
{{Asia}}
 
[[Kategori:Arab Saudi]]
 
 
{{stub}}