Kiribati: Béda antara owahan

Konten dihapus Konten ditambahkan
Magioladitis (parembugan | pasumbang)
c All info is kept in Wikidata, removed: {{Link FA|ru}} using AWB (10903)
c mbenakaké éjaan using AWB
Larik 43:
|footnotes=
}}
'''Republik Kiribati''' ([[basa Inggris]]: ''Republic of Kiribati''), [[International Phonetic Alphabet|dipocapaké]] {{IPA|/kiribas/}}, kuwi sawijining negaranagara [[kapuloan]] sing dumunung ing [[Samudra Pasifik]]. Ka-telung puluh telu [[atol]] negaranagara iki kasebar sadawané 3.500.000  km² ing cedhak [[khatulistiwa]]. Jenengé yakuwi [[transliterasi]] "Gilberts", jeneng [[basa Inggris]] kanggo klompok kapuloan paling gedhé, Kapuloan Gilbert jroning [[basa Kiribati]].
<!--
== Sejarah ==
Kiribati dihuni sebuah kelompok etnis Mikronesia yang bertuturkan suatu jenis [[bahasa Oseanik]] yang sama selama 2.000 tahun sebelum mengadakan hubungan dengan orang-orang Eropa. Pulau-pulau tersebut dinamakan [[Kepulauan Gilbert]] pada tahun [[1820]] oleh seorang admiral [[Estonia]], [[Adam Johann von Krusenstern|Adam von Krusenstern]], dan kapten berkebangsaan [[Perancis]], [[Louis Isidore Duperrey|Louis Duperrey]]; berasal dari nama Thomas Gilbert, yang menyeberangi kepulauan ini pada tahun [[1788]]. Pada tahun [[1892]], Kepulauan Gilbert menjadi sebuah protektorat [[Britania Raya]] bersama dengan [[Kepulauan Ellice]] yang berdekatan. Keduanya kemudian menjadi koloni pada tahun [[1916]] dan akhirnya menjadi daerah otonomi pada tahun [[1971]]. Pada tahun [[1943]], [[Pertempuran Tarawa]] berlangsung di ibu kota Kiribati di pulau [[Tarawa]].
 
Pada tahun [[1978]], Kepulauan Ellice menjadi negaranagara merdeka bernama [[Tuvalu]], dan Kiribati pun ikut merdeka pada [[12 Juli]] [[1979]]. Setelah kemerdekaan Kiribati, [[Amerika Serikat]] menarik segala klaim terhadap [[Pulau Phoenix]] dan semua pulau-pulau di [[Kepulauan Line]] (kecuali tiga pulau) yang kemudian menjadi wilayah Kiribati.
 
== Politik ==
Parlemen Kiribati, yang disebut ''Maneaba ni Maungatabu'' dilantik setiap empat tahun sekali, dan terdiri dari 42 wakil. ''Maneaba'' juga merupakan nama yang diberikan kepada tempat-tempat pertemuan yang terdapat di setiap komunitas setempat.
 
Sang presiden adalah kepala negaranagara sekaligus kepala pemerintahan, dan dipanggil ''te Beretitenti''.
 
Setiap pulau dari 21 pulau yang dihuni mempunyai sebuah dewan setempat yang mengurus masalah-masalah sehari-hari (3 dewan di Tarawa: Betio, Tarawa Selatan, Tarawa Utara).
Larik 70:
== Geografi ==
[[Berkas:Kiribati-CIA WFB Map.png|thumb|300px|Peta Kiribati]]
Kiribati terdiri dari 32 atol dan satu pulau (Banaba), dengan setidaknya tiga di setiap belahan dunia. Kepulauan-kepulauannya adalah:
 
* [[Pulau Banaba|Banaba]]: sebuah pulau terisolasi yang terletak di antara [[Nauru]] dan Kepulauan Gilbert
Larik 87:
Kiribati hanya mempunyai sedikit sumber daya alam. Cadangan [[fosfat]] yang bernilai komersial telah habis saat Kiribati merdeka. [[Kopra]] dan ikan kini merupakan hasil produksi dan ekspor yang dominan.
 
Ekonomi Kiribati telah naik-turun dengan besar dalam beberapa tahun terakhir. Perkembangan ekonomiékonomi dihalangi kurangnya pekerja berkeahlian tinggi, infrastruktur yang lemah, dan letaknya yang jauh dari pasar dunia.
 
[[Pariwisata]] menyumbangkan lebih dari seperlima [[produk domestik bruto]] Kiribati. Dana bantuan keuangan internasional, kebanyakan dari [[Britania Raya]] dan [[Jepang]], merupakan tambahan yang penting bagi PDB-nya, setara dengan 25%-50% PDB dalam beberapa tahun terakhir.
 
== Demografi ==
Penduduk Kiribati dipanggil ''I-Kiribati'' dalam bahasa Gilbert. Meskipun [[bahasa Inggris]] merupakan bahasa yang digunakan dalam konstitusi dan bidang hukum, [[bahasa Gilbert]], bahasa asli penduduk bangsa [[Mikronesia]]nya digunakan secara luas.
 
Perlu diperhatikan bahwa tidak ada huruf 's' dalam bahasa Gilbert; 's' digantikan 'ti'. Oleh sebab itulah Pulau [[Kiritimati]] dikenal sebagai ''Christmas'' dalam bahasa Inggris. Agama terbesar adalah agama [[Kristen]], meski telah dicampur dengan berbagai adat-istiadat dari kepercayaan setempat. Ada pula yang menganut kepercayaan [[Bahá'í]].
Larik 100:
 
== Delengen uga ==
* [[Daftar negaranagara]]
 
== Pranala njaba ==
Larik 109:
* {{en}} [http://map.gov.ki/ Peta Kiribati]
 
{{geo-stub}}
{{oséania}}
 
[[Kategori:Kiribati| ]]
[[Kategori:Geografi]]
 
 
{{geo-stub}}