Ruslan: Béda antara owahan

Konten dihapus Konten ditambahkan
c nagara using AWB
c mbenakaké éjaan using AWB
Larik 45:
'''Fédérasi Rusia''' ([[Basa Rusia]]: Росси́йская Федера́ция, [[Alihaksara]]: ''Rossiyskaya Federatsiya''){{Audio|Ru-Rossiyskaya Federatsiya Rossiya.ogg|rungokna}}, utawa '''Rusia''' (Basa Rusia: Росси́я, alihaksara: ''Rossiya''), yakuwi [[nagara]] kang mbentang ing sisih wétan [[Eropah]] lan saloré [[Asia]]. Kanthi wilayah kang jembaré watara 17.075.400 km², Rusia minangka nagara [[Daftar nagara menurut luas wilayah|paling gedhé]] sa donya. Wilayahé kurang luwih ping pindhoné wilayah [[Republik Rakyat Tiongkok]] (Tiongkok; RRT), [[Kanada]] utawa [[Amerika Serikat]]. Pedunungé ana ing peringkat [[Daftar nagara menurut jumlah penduduk|kapitu paling akèh]] ing [[bumi|donya]] sawisé Tiongkok, [[India]], Amerika Serikat, [[Indonesia]], [[Brasil]], lan [[Pakistan]].
[[Gambar:Rs-map.png|jmpl|ki|300px|Peta Rusia]]
Negara iki biyèn naté dadi nagara bagéan paling gedhé ing [[Uni Soviet]]. Rusia kuwi ahli waris utama Uni Soviet; nagara iki marisi 50% jumlah pedunung, 2/3 jembar wilayah, lan kurang luwih 50% aset-aset ekonomiékonomi lan gaman / senjata Uni Soviet.
Saiki Rusia berusaha keras kanggo ngraih status minangka [[nagara adidaya]] manèh. Senajan Rusia kuwi nagara wigati, nanging statusé isih adoh dibandingaké karo status Uni Soviet biyèn.
<!--== Sajarah ==
Larik 92:
Rusia memiliki perindustrian yang cukup maju yang merupakan warisan dari masa pemerintahan [[Stalin]]. Industri yang dikenal antara lain industri perlengkapan dan peralatan militer, misalnya industri [[pesawat tempur]] yang menghasilkan [[MiG]] dan [[Sukhoi]] serta helikopter, [[pesawat terbang]], [[tank]], rudal dan persenjataan ringan seperti senapan [[Kalashnikov]]. Selain itu ada pula industri berat seperti industri baja, pertambangan mineral, batu bara dan minyak bumi. Rusia juga memiliki industri pertanian yang digalakkan Stalin dengan pertanian kolektifnya.
 
Sekalipun merupakan nagara industri yang tergabung G-8, Rusia masih berusaha mengatasi masalah ekonominyaékonominya agar mampu menjadi nagara adikuasa kembali seperti ketika masa Uni Soviet.
 
== Batas-batas wilayah ==
Larik 116:
== Pertahanan Keamanan ==
 
Rusia mewarisi sebagian besar kekuatan militer Uni Soviet, namun kesulitan ekonomiékonomi yang melanda Rusia membuatnya kesulitan membiayai kekuatan militernya. Yang paling sulit dirasakan Angkatan Laut yang banyak membesituakan armadanya, termasuk [[kapal induk|kapal-kapal induknya]] sehingga saat ini hanya memiliki satu kapal saja TIDAK JELAS saja yakni [[Admiral Kutsnezov]]. Setelah musibah kapal selam Kursk di Laut Barents pada tahun [[2000]], kekhawatiran berbagai pihak bahwa Angkatan Laut Rusia dalam waktu dekat akan musnah bertambah. Hal yang sama dialami oleh Angkatan Darat dan Angkatan Udara, namun keduanya tidak separah Angkatan Laut karena masih mengadakan riset untuk memperbaharui persenjataan yang dimilikinya meskipun tidak semaju Amerika Serikat maupun pada masa Uni Soviet.
 
Rusia masih memiliki persenjataan nuklir warisan Uni Soviet yang sebagian diduga dimiliki oleh nagara-nagara federasinya dan juga oleh nagara-nagara yang kini independen seperti Ukraina dan Kazakstan. yang dikhawatirkan Rusia adalah bila nagara nagara yang diduga memiliki persenjataan nuklirnya melakukan tekanan terhadap Rusia.Uni Soviet dahulu memiliki stasiun peluncur ruang angkasa (kosmodrom) di [[Baikonur]], namun kosmodrom tersebut saat ini berada di wilayah Kazakstan dengan berpenduduk Rusia-Kazakh dan memiliki tingkat kriminalitas tertinggi. Untuk itu Rusia merasa perlu untuk mencarikan stasiun pengganti untuk kepentingan ruang angkasa baik kepentingan sipil, bisnis, dan militer.