Albani: Béda antara owahan

Konten dihapus Konten ditambahkan
c mbenakaké éjaan using AWB
c mbenakaké éjaan using AWB
Larik 44:
}}
 
'''Albania''' iku sawijining [[nagara]] ing [[Eropah]]. Ibukuthané yaiku: [[Tirana]]. PedhunungéPedunungé kira-kira ana [[4]] [[yuta]] jiwa.
Albania wewatesan karo [[Montenegro]] ing sisih lor, [[Serbia]] ([[Kosovo]]) ing lor-wétan, [[Republik Makedonia]] ing sisih wétan, lan [[Yunani]] ing sisih kidul. [[Segara Adriatik]] dumunung ana ing sisih kulon Albania, déné Segara [[Ionia]] ing sisih kidul-kulon. Albania jroning basa saenggon diarani '''Shqipëria''', sing maknané [[Tanah Air Manuk Élang]]. Amarga saka kuwiiku, gambar manuk élang mawa endhas loro bisa dipirsani ing gendéra sata lambang nagara iki. Jeneng "Albania" manawa asalé saka tembung [[Indo-Eropah]] ''albh'' (''putih'').
<!--
== Sajarah ==
Larik 61:
Menyusul kematian Hoxha pada 1985 dan kemudian kejatuhan [[komunisme]] pada 1991, masyarakat Albania berjuang menanggulangi isolasi dan ketertinggalan sejarahnya. Selama masa transisi awal, pemerintah Albania memandang ikatan yang lebih dekat dengan Barat agar memperbaiki keadaan ékonomi dan memperkenalkan reformasi [[dhémokrasi]] dasar, termasuk sistem multipartai.
 
Pada [[1992]], setelah kejayaan pemilihan yang luas bagi Partai Demokratik, [[Sali Berisha]] menjadi tokoh dhémokrasi yang pertama yang dipilih sebagai Presiden Albania. Berisha memulai program perbaikan ékonomi dan 'dhémokrasi' yang lebih berhati-hati namun saat berjalan ada desasdésas-desus yang gagal di pertengahan 1990an, karena ''political gridlock''. Di saat yang sama, perusahaan investasi yang tak mengindahkan moral menggelapkan uang di seluruh Albania dengan menggunakan skema piramida. Di awal 1997, beberapa skema piramida itu kolaps, meninggalkan ribuan orang yang bangkrut, kecewa, dan marah. Pergolakan bersenjata pecah di seluruh nagara, menimbulkan kejatuhan hampir total otoritas pemerintah. Selama masa itu, Albania memiliki infrastruktur yang tak cukup dan kuno yang menderita kerusakan hebat, seperti orang merampok karya umum untuk bahan bangunan. Depot senjata di seluruh negeri dibongkar dan isinya dirampas sehingga pada tahun tahun itu banyak beredar senjata api militer dikalangan warga sipil Albania. [[Anarki]] di awal 1997 menggelisahkan dunia dan mendorong mediasi internasional secara intensif.
 
Perintah dipulihkan oleh Angkatan Perlindungan Multinasional PBB, dan pemerintah rekonsiliasi nasional sementara menjaga PemilU Juni 1997, yang mengembalikan [[Sosialis]] dan sekutunya pada kekuasaan di tingkat nasional. Presiden Berisha berhenti, dan Presiden penggantinya ialah dari kalangan Sosialis [[Rexhep Meidani]]. Antara 1997 dan 2002, rangkaian pemerintahan singkat menggantikan satu sama lain. [[Fatos Nano]], Ketua Partai Sosialis, telah menjadi PM sejak Juni 2002.
Larik 77:
-->
== Basa ==
Basa resmi yakuwiyaiku basa [[Basa Albania|Albania]] (99%)
 
== Referensi ==