Arsènik: Béda antara owahan

Konten dihapus Konten ditambahkan
Magioladitis (parembugan | pasumbang)
c →‎Pranala njaba: All info is kept in Wikidata, removed: {{Link FA|de}} (2) using AWB (10903)
c mbenakaké éjaan using AWB
Larik 40:
{{Elementbox_footer | color1=#cccc99 | color2=black }}
 
'''Arsenik''', '''arsen''', utawa '''arsenikum''' kuwiiku [[unsur kimia]] jroning [[tabel périodik]] kang nduwé simbul '''As''' lan [[nomer atom]] 33. Dat iki awujud bahan metaloid kang misuwur mawa racun lan nduwé telung wangun alotropik; kuning, ireng lan klawu. Arsenik lan senyawa arsenik dipigunakaké minangka [[pestisida]], [[herbisida]], [[insektisida]] lan werna-werna [[aloy]].
 
== Sipat-sipat Arsenik ==
Larik 50:
Dalam zaman Perunggu, arsenik sering digunakan di perunggu, yang membuat campuran tersebut lebih keras.
 
[[Warangan]], yang sering digunakan sebagai bahan pelapis permukaan [[keris]], mengandung bahan utama arsen. Arsen membangkitkan penampilan [[pamor]] keris dengan mempertegas kontras pada pamor. Selain itu, arsen juga meningkatkan daya bunuh senjata tikam itu.
 
[[Albertus Magnus]] dipercaya sebagai orang pertama yang menemukan bagaimana mengisolasi elemen ini di tahun [[1250]]. Pada tahun [[1649]] [[Johan Schroeder]] mempublikasi 2 cara menyiapkan arsenik.
Larik 56:
[[Berkas:arsenic-symbol.png|75px|right|Alchemical symbol for arsenic]] Lambang [[alkimia]] untuk arsenik tampak di sebelah.
 
Pada zaman [[Ratu Victoria]] di [[Britania Raya]], arsenik dicampurkan dengan [[cuka]] dan [[kapur]] dan dimakan oleh kaum perempuan untuk meningkatkan penampilan wajah mereka, membuat kulit mereka lebih putih untuk menunjukkan bahwa mereka tidak bekerja di ladang. Arsenik juga digosokkan di muka dan di lengan kaum perempuan untuk memutihkan kulit mereka. Namun ini sangat tidak dianjurkan sekarang.
 
Di [[Banglades]] terjadi epidemik keracunan masal disebabkan oleh arsenik. Diperkirakan sekitar 57 juta orang meminum [[air tanah]] yang mengandung konsentrasi arsenik yang melampaui standar [[World Health Organization]], yaitu 50 [[ppb]] (bagian per milyar).
 
Arsenik dalam air tanah bersifat alami, dan dilepaskan dari sedimen ke dalam air tanah karena tidak adanya oksigen pada lapisan di bawah permukaan tanah. Air tanah ini mulai dipergunakan setelah sejumlah [[Lembaga Swadaya Masyarakat|LSM]] dari barat meneliti program iar sumur besar-besaran pada akhir abad ke-20, namun gagal menemukan keberadaan arsenik dalam air tanah. Ratusan ribu orang terpengaruh. Diperkirakan sebagai keracunan masal terburuk dalam sejarah dan mungkin musibah lingkungan terparah dalam sejarah.
Larik 69:
Kagunan liya:
* Werna-werna insektisida lan racun
* Galium arsenida kuwiiku material [[semikonduktor]] wigati jroning IC utawa [[sirkuit terpadu]]. Sirkuit digawé nganggo komponen iki luwih cepet nanging uga luwih larang tinimbang saka [[silikon]].
 
== Werna-werna senyawa ==
Larik 82:
 
== Pepènget ==
<font color="red">Arsenik lan sabagéan gedhé senyawa arsenik kuwiiku racun kang kuat.</font>
Arsenik matèni kanthi cara ngrusak [[sistem pencernaan]], kang nyebabaké pati amarga [[shock]]. Delengen [[keracunan arsenik]].