Albani: Béda antara owahan

Konten dihapus Konten ditambahkan
c mbenakaké éjaan using AWB
c Éropah using AWB
Larik 44:
}}
 
'''Albania''' iku sawijining [[nagara]] ing [[EropahÉropahhh]]. Ibukuthané yaiku: [[Tirana]]. Pedunungé kira-kira ana [[4]] [[yuta]] jiwa.
Albania wewatesan karo [[Montenegro]] ing sisih lor, [[Serbia]] ([[Kosovo]]) ing lor-wétan, [[Republik Makedonia]] ing sisih wétan, lan [[Yunani]] ing sisih kidul. [[Segara Adriatik]] dumunung ana ing sisih kulon Albania, déné Segara [[Ionia]] ing sisih kidul-kulon. Albania jroning basa saenggon diarani '''Shqipëria''', sing maknané [[Tanah Air Manuk Élang]]. Amarga saka iku, gambar manuk élang mawa endhas loro bisa dipirsani ing gendéra sata lambang nagara iki. Jeneng "Albania" manawa asalé saka tembung [[Indo-EropahÉropahhh]] ''albh'' (''putih'').
<!--
== Sajarah ==
Larik 55:
[[Kalifah Usmaniyah]] menguasai Albania antara 1385-1912. Selama masa ini, kebanyakan penduduk masuk Islam, dan penduduk Albania juga beremigrasi ke [[Italia]], [[Yunani]], [[Mesir]] dan [[Turki]]. Walau pengawasannya secara singkat terganggu oleh pergolakan 1443-1478, dipimpin oleh [[Gjergj Kastrioti Skenderbeg]], Khilafah Turki Utsmani akhirnya menegaskan kembali penguasaan mereka.
 
Di awal abad ke-20, Khilafah [[Turki]] Utsmani tak dapat mengendalikan kontrolnya di sini. [[Liga Prizren]] (1878) memperkenalkan gagasan nagara kebangsaan Albania dan menciptakan alfabet Albania modern. Menyusul akhir [[Perang Balkan I]], orang-orang Albania mengeluarkan [[Proklamasi Vlore]] pada 28 November 1912, mendeklarasikan 'kemerdekaan'. Perbatasan Albania ditetapkan oleh Kekuatan Besar pada 1913. Integritas wilayah Albania ditegaskan di Konferensi Perdamaian Paris pada 1919, setelah [[Presiden AS|Presiden]] [[Amerika Serikat]] [[Woodrow Wilson]] menolak rencana dengan kekuatan [[EropaÉropahh]] untuk membagi Albania di antara tetangganya.
 
Selama [[Perang Dunia II]], Albania dicaplok pertama kali oleh [[Italia]] (1939-43) dan kemudian oleh [[Jerman]] (1943-44). Setelah perang, pemimpin Partai Komunis [[Enver Hoxha]] mengatur melindungi integritas wilayah Albania selama 40 tahun berikutnya, namun memerlukan harga politik yang sangat mahal dari penduduknya, yang ditundukkan untuk membersihkan, mengurangi, penindasan hak sipil dan politik, larangan total pada praktek keagamaan, dan meningkatkan isolasi. Albania yang setia pada filsafat [[Stalinis]] yang keras, akhirnya menarik diri dari [[Pakta Warsawa]] pada [[1968]] dan menjauhkan diri dari sekutu terakhirnya, [[Republik Rakyat Cina]] pada 1978.
Larik 96:
* {{en}} [http://www.president.al/english/pub/default.asp Situs Kepresidenan]
* {{en}} [http://www.albanian.com/ Albanian.com]
{{EropahÉropahhh}}
 
[[Kategori:ÉropahÉropahh]]
[[Kategori:Albania]]