Ruslan: Béda antara owahan

Konten dihapus Konten ditambahkan
c →‎top: mbenakaké éjaan using AWB
c Éropah using AWB
Larik 43:
|}
 
'''Fédérasi Rusia''' ([[Basa Rusia]]: Росси́йская Федера́ция, [[Alihaksara]]: ''Rossiyskaya Federatsiya''){{Audio|Ru-Rossiyskaya Federatsiya Rossiya.ogg|rungokna}}, utawa '''Rusia''' (Basa Rusia: Росси́я, alihaksara: ''Rossiya''), yaiku [[nagara]] kang mbentang ing sisih wétan [[EropahÉropahhh]] lan saloré [[Asia]]. Kanthi wilayah kang jembaré watara 17.075.400 km², Rusia minangka nagara [[Daftar nagara menurut luas wilayah|paling gedhé]] sa donya. Wilayahé kurang luwih ping pindhoné wilayah [[Republik Rakyat Tiongkok]] (Tiongkok; RRT), [[Kanada]] utawa [[Amerika Serikat]]. Pedunungé ana ing peringkat [[Daftar nagara menurut jumlah penduduk|kapitu paling akèh]] ing [[bumi|donya]] sawisé Tiongkok, [[India]], Amerika Serikat, [[Indonesia]], [[Brasil]], lan [[Pakistan]].
[[Gambar:Rs-map.png|jmpl|ki|300px|Peta Rusia]]
Nagara iki biyèn naté dadi nagara bagéan paling gedhé ing [[Uni Soviet]]. Rusia iku ahli waris utama Uni Soviet; nagara iki marisi 50% jumlah padunung, 2/3 jembar wilayah, lan kurang luwih 50% aset-aset ékonomi lan gaman / senjata Uni Soviet.
Larik 57:
<!--== Geografi ==
 
Wilayah Rusia berada pada benua [[EropaÉropahh]], khususnya [[EropaÉropahh Timur]] serta benua [[Asia]] di mana [[Pegunungan Ural]] menjadi batas antara kedua benua. Wilayah paling luas adalah [[Siberia]] yang umumnya beriklim [[tundra]]. Karena letaknya di belahan bumi yang paling utara, maka wilayah perairan Rusia umumnya tertutupi es dengan beberapa laut yang bebas es yakni [[Laut Barents]], [[Laut White]], [[Laut Kara]], [[Laut Laptev]] dan [[Laut Siberia Timur]] yang merupakan bagian dari Arktik atau [[kutub utara]], serta [[Laut Bering]], [[Laut Okhotsk]] dan [[Laut Jepang]] yang merupakan bagian dari [[Samudra Pasifik]].
 
Rusia memiliki beberapa [[pulau]], antara lain [[Novaya Zemlya]], daratan Franz-Josef, kepulauan New Siberian, pulau Wrangel di [[Samudra Arktik]], [[Kepulauan Kuril]] dan [[Sakhalin]] (yang masih dipersengketakan dengan Jepang). Rusia memiliki beberapa [[sungai]], di antaranya [[Sungai Dnephr]] (perbatasan degan Ukraina) dan [[Sungai Volga]]. Selain itu terdapat [[Laut Kaspia|Laut (Danau) Kaspia]] serta Laut Hitam yang berbatasan dengan [[Turki]]. Melalui [[Selat Bosphorus]] dan [[Selat Dardanela]], kapal-kapal Rusia dari Laut Hitam dapat berlayar menuju Laut Tengah dan [[Terusan Suez]].
Larik 63:
== Politik dan pemerintahan ==
 
Sampai tahun 1917 Rusia merupakan kerajaan/kekaisaran dengan seorang [[tsar]] sebagai kepala nagara. Selama masih kerupakan kekaisaran, terutama pada masa Dinasti Romanov, Rusia mengalami persinggungan politik dengan nagara-nagara [[EropaÉropahh]], di antaranya konflik dengan pemerintahan Perancis pimpinan [[Napoleon Bonaparte]], Krisis Balkan karena menginginkan pelabuhan yang bebas dari es di EropaÉropahh yang dinamakan Politik Air Hangat, Penyatuan [[Pan Slavia]] serta sering mengalami pertempuran dengan [[Turki Usmani]] (Ottoman) Turki dalam memperebutkan wilayah [[Kaukasus]] dan [[Austria-Hungaria]] dalam [[Perang Dunia I]]. Akibat politik ini pula terjadi pertempuran dengan Jepang dan intervensi terhadap Tiongkok. Masa selanjutnya, politik Rusia dilebur dengan kepentingan Uni Soviet yang mengambil sikap independen bahkan menentang ketika terjadi penggulingan kekuasaan Mikhail Gorbachev oleh [[Gennady Yanayev]] menjelang keruntuhan Uni Soviet yang diprakarsai Presiden [[Boris Yeltsin]].
 
Pemerintahan dipegang oleh presiden yang berpusat di [[Kremlin]] serta perdana menteri yang bertanggung jawab terhaadap parlemen namun dengan peranan yang terbatas dibandingkan dengan Presiden. Sejak pembangkangan Wakil Presiden [[Aleksander Ruskoi]] dan ketua parlemen asal [[Chechnya]], [[Ruslan Khasbulatov]], lembaga wakil presiden dihapus.
Larik 71:
Karena Rusia merupakan nagara federal yang memiliki berbagai macam etnis, setelah keruntuhan Uni Soviet, Rusia mengalami masalah separatisme. Ada beberapa kelompok etnis yang ingin memisahkan diri dan mengakibatkan krisis berlarut-larut, seperti di [[Chechnya]] dan [[Ingushetia]].
 
Rusia juga terancam atas perluasan [[NATO]] ke wilayah EropaÉropahh Timur. Kekhawatiran atas pemilihan di [[Ukraina]], kerjasamanya dengan [[Belarus]], ditambah degan tradisi di Rusia yang dianggap cocok dengan budaya sentralisasi, demokratisasi malah membuat harga diri Rusia merosot di mata dunia dan menimbulkan berbagai macam gejolak dan krisis berkepanjangan.
 
Pemerintahan Rusia dapat dibagi menjadi:
Larik 123:
 
<!--==Demografi==
Meskipun mempunyai populasi yang tinggi, Rusia mempunyai kepadatan penduduk yang rendah karena luasnya yang besar. Kepadatan penduduk yang tertinggi berada di belahan EropaÉropahh Rusia, di kawasan [[Pegunungan Ural]] dan di barat daya [[Siberia]]. Bagian tenggara Siberia yang bertemu dengan [[Samudra Pasifik]] jarang dihuni, sementara bagian selatannya adalah kawasan yang terpadat.
 
Terdapat lebih dari 160 kelompok etnis dan suku-suku pribumi yang berbeda di Rusia. Menurut [[sensus]] 2002, 79,8% penduduknya berasal dari [[suku Rusia]], 3,8% [[suku Tatar]], 2% [[suku Ukraina]], 1,2 [[suku Bashkir]], 1,1% [[suku Chuvash]], 0,9% [[suku Chechen]], 0,8% [[suku Armenia]]. 10,3% sisanya termasuk orang-orang yang tidak menyebutkan sukunya serta [[suku Avar]], [[suku Azerbaijan]], [[suku Belarusia]], [[suku Buryat]], [[Tionghoa|suku Tionghoa]], [[suku Evenk]], [[suku Georgia]], [[suku Jerman]], [[suku Yunani]], [[suku Ingush]], [[suku Inuit]], [[suku Yahudi]], [[suku Kalmyk]], [[suku Karelia]], [[suku Kazakh]], [[suku Korea]], [[suku Mari]], [[suku Mordvin]], [[suku Nenetse]], [[suku Ossetia]], [[suku Polandia]], [[suku Tuvan]], [[suku Udmurt]], [[suku Uzbek]], [[suku Yakut]], dan lain-lain. Hampir seluruh dari kelompok-kelompok ini tinggal di kawasannya masing-masing; hanya suku Rusia yang dapat ditemukan dalam jumlah yang signifikan di seluruh kawasan di nagara tersebut.
Larik 147:
 
{{Asia Tengah}}
{{EropahÉropahhh}}
{{Asia}}
{{Dewan Keamanan PBB}}