Attila: Béda antara owahan

Konten dihapus Konten ditambahkan
cTanpa ringkesan besutan
c Éropah using AWB
Larik 1:
[[Gambar:Ulpiano Checa La invasión de los bárbaros.jpg|right|thumb|300px|Wong-wong [[Hun]], diketuani déning Attila (tengen, ngarep), nunggang jaran mlebu [[Italia]].]]
'''Attila sang Hun''' ([[basa Islandia]] ''Atle, Atli''; [[basa Jerman]] ''Etzel''; watara [[406]]–[[453]]) iku raja Hun pungkasan lan paling kuwasa ing [[EropahÉropah]]. Panjenengané mrintah kakaisaran paling gedhé ing EropahÉropah wektu semana, wiwit taun [[434 Masehi]] nganti sédané. Tlatah kakaisarané mbentang wiwit saka [[EropahÉropah Tengah]] nganti tekan [[Segara Ireng]] lan saka [[Kali Danube]] tekan [[Segara Baltik]].
<!--
Semasa pemerintahannya dia merupakan musuh terbesar bagi [[Kekaisaran Romawi Timur]] dan [[Kekaisaran Romawi Barat|Barat]]: dia menyerang Balkan sebanyak dua kali dan mengepung [[Konstantinopel]] dalam penyerangan kedua. Dia bergerak melalui Prancis hingga [[Orleans]] sebelum dipukul mundur dalam [[Pertempuran Chalons]]; dan dia mengusir maharaja barat [[Valentinian III]] dari ibukotanya di [[Ravenna]] pada tahun 452 Masehi.
 
Walaupun kekaisarannya terkubur dengan kematiannya, dan dia tidak meninggalkan warisan apa pun, dia menjadi legenda dalam [[sejarah EropaÉropah]]. Di kebanyakan [[EropaÉropah Barat]], dia diperingati sebagai lambang (''epitome'') kerakusan dan kekejaman. Beberapa sejarawan menonjolkannya sebagai raja agung yang bangsawan, dan dia memainkan peranan penting sebagai salah satu dalam tiga [[Bangsawan Skandinavia]].
 
== Latar belakang ==
Suku Huns EropaÉropah kemungkinan berkembang dari Xiongnu (Xiōngnú), (匈奴) ke arah barat, kumpulan dari proto-Mongolian atau proto-Turki kaum pengembara dari timur laut Tiongkok dan Asia Tengah. Mereka memiliki banyak tentara dan berhasil menumpaskan musuh mereka (kebanyakan bertamadun dan mempunyai kebudayaan tinggi) melalui kesediaan untuk bertempur, kemampuan bergerak cepat yang mengagumkan, dan memiliki senjata seperti busar Hun.
 
== Perkongsian raja ==
Larik 25:
* [[McFarlane Toys]] telah mengeluarkan action figure Attila pada Juni 2004, dalam serial "McFarlane's Monsters III: 6 Faces of Madness" dan dikhususkan untuk kolektor dewasa.
-->
{{bio-stub}}
 
[[Kategori:Lair 406]]
[[Kategori:Pati 453]]
[[Kategori:Tokoh kuna]]
 
 
{{bio-stub}}