Dluwang: Béda antara owahan

Konten dihapus Konten ditambahkan
Magioladitis (parembugan | pasumbang)
c →‎Deleng uga: All info is kept in Wikidata, removed: {{Link FA|de}} (2) using AWB (10903)
c →‎Sajarah: Éropah using AWB
Larik 7:
 
== Sajarah ==
Peradaban [[Mesir Kuna]] nyumbangaké [[papirus]] minangka média tulis. Papirus, yaiku media tulis kanggo nulis jroning peradaban Mesir Kuna ing mangsa wangsa [[firaun]] sabanjuré nyebar menyang sakabehing tlatah [[Wétan Tengah]] nganti [[Romawi]] ing [[Segara Tengah]] lan nyebar menyang [[EropahÉropah]], senadyan panggunaan papirus isih dirasakaké larang banget. Saka tembung ''papirus'' (''papyrus'') iku dadi jeneng ''paper'' jroning [[basa Inggris]], ''papier'' jroning [[basa Walanda]], [[basa Jerman]], [[basa Prancis]] umpamané utawa ''papel'' jroning [[basa Spanyol]] sing tegesé dluwang.
<!--
 
Tercatat dalam sejarah adalah peradaban [[Cina]] yang menyumbangkan kertas bagi [[Dunia]]. Adalah [[Tsai Lun]] yang menemukan kertas dari bahan bambu yang mudah didapat di seantero China pada tahun [[101]] [[Masehi]]. Penemuan ini akhirnya menyebar ke [[Jepang]] dan [[Korea]] seiring menyebarnya bangsa-bangsa China ke timur dan berkembangnya peradaban di kawasan itu meskipun pada awalnya [[cara pembuatan kertas]] merupakan hal yang ''sangat rahasia''.
 
Pada akhirnya, teknik pembuatan kertas tersebut jatuh ketangan orang-orang [[Bangsa Arab|Arab]] pada masa [[Abbasiyah]] terutama setelah kalahnya pasukan [[Dinasti Tang]] dalam [[Pertempuran Sungai Talas]] pada tahun [[751]] Masehi dimana para tawanan-tawanan perang mengajarkan cara pembuatan kertas kepada orang-orang Arab sehingga dizaman Abbasiyah, muncullah pusat-pusat industri kertas baik di [[Baghdad]] maupun [[Samarkand]] dan kota-kota industri lainnya, kemudian menyebar ke Italia dan India lalu EropaÉropah khususnya setelah [[Perang Salib]] dan jatuhnya [[Grenada]] dari bangsa [[Moor]] ke tangan orang-orang [[Spanyol]] serta ke seluruh dunia.
 
== Pembuatan kertas ==