Giri Cemeng: Béda antara owahan

Konten dihapus Konten ditambahkan
c mbenakaké éjaan using AWB
c Éropah using AWB
Larik 71:
 
===Referendum Montenegro===
Menurut kelompok penentang kemerdekaan, Montenegro sebagai bagian dari Uni dengan Serbia akan mempunyai kemunginan lebih besar menjadi anggota [[Uni EropaÉropah]], ketimbang sendiri. Uni EropaÉropah tidak mengharapkan Montenegro merdeka. Karena itu berdirilah Uni Serbia Montenegro. Tapi Perdana Menteri Montenegro [[Milo Djukanovic]] hanya menyepakati Uni tersebut, apabila masyarakat, melalui [[referendum]] diberi kesempatan menyuarakan pendapat mengenai Montenegro merdeka. Djukanovic pun dianggap menjadi pemimpin kemerdekaan Montenegro. Dikelilingi kelompok sekitar 20 sahabat keluarga, Djukanovic berhasil menguasai hampir semua bidang baik ékonomi, politik maupun media. Ia memainkan peranan paling kuat selama 15 tahun terakhir.
 
Djukanovic yakin bisa mempercepat proses keanggotaan Montenegro dalam Uni EropaÉropah dan [[NATO]], apabila Montenegro bisa bebas dari Serbia. Serbia, dan secara otomatis juga Montenegro, dijatuhi sanksi oleh [[Brussel]], karena belum juga berhasil menangkap dan mengekstradisi Jenderal [[Ratko Mladic]] kepada [[Tribunal Yugoslavia]] di [[Den Haag]]. Perundingan dengan Brussel ditunda.
 
Sementara Presiden [[Federasi Yugoslavia]], [[Vojislav Kostunica]] dan Perdana Menteri Serbia, [[Zoran Djinjic]] ingin agar federasi tetap dipertahankan, tetapi bersedia memberikan hak otonomi luas kepada Montengero.
Larik 79:
Maret 2006, [[Parlemen Montenegro]], dengan suara bulat mendukung usulan untuk mengadakan referendum bersejarah mengenai kemerdekaan dari Serbia, pada [[21 Mei]] [[2006]].
 
Uni EropaÉropah akhirnya menuntut agar minimal separuh dari semua pemilih harus memberikan suara. Selain itu, Brussel baru mengakui kemerdekaan Montenegro, apabila didukung oleh minimal 55% pemilih.
 
Menurut jajak pendapat independen terakhir yang dipublikasikan November 2006, 43 persen dari warga Montenegro menginginkan kemerdekaan, 31 persen menentangnya, dan sisanya, 24 persen, tidak memutuskan. Pemerintah Montenegro mengatakan, usaha untuk mencapai kemerdekaan itu dimotivasi oleh keinginan untuk tidak didominasi oleh Serbia, yang jumlah penduduknya lebih dari delapan juta orang.
Larik 86:
Pada [[22 Mei]] [[2006]], Presiden Komisi Referendum [[Frantisek Lipka]] mengumumkan hasil penghitungan suara sementara referendum, di mana 55,4 persen rakyat Montenegro yang berpartisipasi dalam referendum menghendaki Montenegro merdeka atau memisahkan diri dari Serbia. Sebanyak 44,6 persen pemilih menentang ide kemerdekaan itu.
 
Dari 485.000 pemilih yang terdaftar, sekitar 86,3 persen menggunakan haknya. Berdasarkan ketentuan dari Uni EropaÉropah, hasil referendum dinyatakan sah jika salah satu pihak minimal memperoleh 55% suara.
 
Perdana Menteri Montenegro Milo Djukanovic juga telah memproklamasikan kemenangan blok prokemerdekaan meski belum ada pernyataan resmi komisi yang menangani referendum. Ketua Komisi Luar Negeri UE [[Javier Solana]] menyambut baik hasil sementara referendum Montenegro dan berjanji akan menghargai hasil akhir seluruh penghitungan suara.
-->
===Pasca referendum===
Ing tanggal [[28 Juni]] 2006, Giri Cemeng dadi anggota ka-192 [[Perserikatan Bangsa-bangsa|PBB]].<ref>http://www.un.org/Overview/growth.htm List of members to the United Nations by joining date</ref> Pamilihan umum kapisan sawijining pemilu parlemen sing dilaksanakaké ing tanggal 10 September 2006 ngasilaké koalisi sing dibentuk Perdhana Mentri [[Milo Đukanović|Milo Dukanowic]], Koalisi Giri Cemeng EropahÉropah minangka pamenang.
 
==Geografi==
Larik 125:
* {{id}} [http://www.kompas.com/kompas-cetak/0605/23/ln/2677198.htm "Giri Cemeng Nyatakan Merdeka"], ''Kompas''
 
{{EropahÉropah}}
 
[[Kategori:Montenégro| ]]