Sajarah Indonésia: Béda antara owahan

Konten dihapus Konten ditambahkan
c Éropah using AWB
c Éropah using AWB
Larik 1:
{{Sajarah Indonesia}}
 
'''Sajarah Indonesia''' nyakup sawijining rentang wektu sing dawa banget sing diwiwiti zaman [[prasejarah]] déning "[[Manungsa Jawa]]" ing mangsa watara 500.000 taun kapungkur. Periode ing [[sajarah]] [[Indonesia]] bisa dipérang dadi limang éra: éra pra kolonial, munculé krajaan-krajaan [[Hindu]]-[[Buddha]] sarta [[Islam]] ing [[Jawa]] lan [[Sumatera]] sing utamané ngandelaké dedagangan; éra [[kolonialisme|kolonial]], mlebuné bangsa [[ÉropahhhÉropah]] (utamané [[Walanda]]) sing ngarepaké asil [[rempah-rempah]] nyebabaké anané panjajahan déning Walanda jroning watara 3,5 abad antara wiwitan [[abad kaping-17]] nganti tengahan [[abad kaping-20]]; éra kamardikan, pasca [[Proklamasi Kamardikan Indonesia]] ([[1945]]) nganti mudhuné [[Soekarno]] ([[1966]]); éra [[Orde Baru]], 32 taun mangsa pamaréntahan [[Soeharto]] ([[1966]]–[[1998]]); sarta éra reformasi sing lumangsung nganti dina iki.
 
Yèn dirunut wiwit saka taun 1500-an sajarah Indonésia bisa diklompokaké:
Larik 35:
Para cendekiawan [[India]] telah menulis tentang [[Dwipantara]] atau kerajaan [[Hindu]] [[Jawa Dwipa]] di pulau [[Jawa]] dan [[Sumatra]] sekitar [[200 SM]]. Bukti fisik awal yang menyebutkan tanggal adalah dari abad ke-5 mengenai dua kerajaan bercorak [[Hinduisme]]: Kerajaan [[Tarumanagara]] menguasai [[Jawa Barat]] dan [[Kerajaan Kutai]] di pesisir [[Sungai Mahakam]], [[Kalimantan]]. Pada tahun [[425]] agama [[Buddha]] telah mencapai wilayah tersebut.
 
Di saat [[ÉropahhÉropah]] memasuki masa [[Renaisans]], [[Nusantara]] telah mempunyai warisan peradaban berusia ribuan tahun dengan dua kerajaan besar yaitu [[Sriwijaya]] di [[Sumatra]] dan [[Majapahit]] di [[Jawa]], ditambah dengan puluhan kerajaan kecil yang sering kali menjadi [[vazal]] tetangganya yang lebih kuat atau saling terhubung dalam semacam ikatan perdagangan (seperti di [[Maluku]]).
 
=== Kerajaan Hindu-Buddha ===
Larik 56:
[[Kesultanan]] [[Islam]] kemudian semikin menyebarkan ajaran-ajarannya ke penduduk dan melalui pembauran, menggantikan Hindu sebagai kepercayaan utama pada akhir [[abad ke-16]] di Jawa dan Sumatra. Hanya [[Bali]] yang tetap mempertahankan mayoritas Hindu. Di kepulauan-kepulauan di timur, rohaniawan-rohaniawan [[Kristen]] dan [[Islam]] diketahui sudah aktif pada abad ke-16 dan [[abad ke-17|17]], dan saat ini ada mayoritas yang besar dari kedua agama di kepulauan-kepulauan tersebut.
 
Penyebaran Islam dilakukan/didorong melalui hubungan perdagangan di luar Nusantara; hal ini, karena para penyebar [[dakwah]] atau [[mubaligh]] merupakan utusan dari pemerintahan islam yg datang dari luar [[Indonesia]], maka untuk menghidupi diri dan keluarga mereka, para [[mubaligh]] ini bekerja melalui cara berdagang, para mubaligh inipun menyebarkan Islam kepada para [[pedagang]] dari penduduk asli, hingga para pedagang ini memeluk Islam dan meyebarkan pula ke penduduk lainnya, karena umumnya pedagang dan ahli kerajaan/kesultanan lah yang pertama mengadopsi agama baru tersebut. Kesultanan/Kerajaan penting termasuk [[Kesultanan|Samudra Pasai]], [[Kesultanan Banten]] yang menjalin hubungan diplomatik dengan nagara-nagara ÉropahhÉropah, [[Kerajaan Mataram]] di [[Yogja]] / [[Jawa Tengah]], dan [[Kesultanan Ternate]] dan [[Kesultanan Tidore]] di [[Maluku]] di timur.
 
== Era kolonial ==