Tim nasional bal-balan Italia: Béda antara owahan

Konten dihapus Konten ditambahkan
c →‎top: éjaan using AWB
c éjaan using AWB
Larik 26:
'''Tim nasional sépak bola Italia''' wis kaping 15 mèlu [[Piala Donya FIFA]]. Tim iki absèn mung ing {{wc|1930}} lan {{wc|1958}}.
 
Federasi bal-balan Italia, [[Federazione Italiana Giuoco Calcio]] madeg taun [[1898]] lan gabung karo [[Fédération Internationale de Football Association]] ing taun [[1905]]. Italia iku negaranagara kaloro sawisé Brasil sing paling kerep dadi juwara ing kajuwaraan Piala Donya kanthi papat trofi. Trofi mau digayuh ing taun 1934, 1938, 1982 lan 2006. Saliyané iku, ing taun 1968 Italia uga kasil dadi juwara Piala Éropah minangka siji-sijiné trofi Henri Delauney sing tau direbut. Tim Italia dijuluki ''Gli Azzurri'' utawa "si biru langit" ngarujuk marang kostum utamané sing awarna biru.
<!--
== Prestasi Awal ==
[[Berkas:ItaliaPD1934.jpg|left|250px|thumb|Skuad Italia di Piala Dunia 1934]]Tim nasional Italia pertama kali mencuat secara internasional pada tahun [[Piala Dunia FIFA 1934|1934]] seiring dengan gelaran Piala Dunia yang diadakan di sana. Italia, yang saat itu di bawah komando [[Benito Mussolini]] berhasil meraih trofi mereka dengan bantuan beberapa ''[[Oriundi]]'', atau pemain keturunan Italia yang pernah membela negaranagara lain, terutama [[Argentina]].
 
Empat tahun berselang Italia berhasil mempertahankan gelar dalam hajatan yang diadakan di [[Piala Dunia FIFA 1938|Perancis]]. Sukses beruntun Italia tersebut tak lepas dari peran pelatih [[Vitorio Pozzo]] dan kapten tim [[Guiseppe Meazza]]. Sayangnya, Perang Dunia II memupus harapan Italia untuk mencetak ''hattrick'' setelah dibatalkannya Piala Dunia [[1942]]. Menjelang [[Piala Dunia FIFA 1950|Piala Dunia 1950]], Italia mempunyai tim yang dihormati di kancah Éropah, di mana mayoritas pemainnya berasal dari klub [[Torino]] dengan bintangnya [[Valentino Mazzola]]. Sayangnya, sebuah kecelakaan pesawat merampas nyawa seluruh punggawa klub Torino, yang juga berarti mengurangi kekuatan Italia secara signifikan di ajang Piala Dunia yang digelar di [[Brazil]] pada 1950.
Larik 95:
-->
{{tim Éropah}}
<!--{{negaranagara peserta piala dunia 2006}}-->
{{fb start}}
{{bal-balan internasional}}
Larik 103:
 
 
{{olahragaulah raga-stub}}