Olimpiade Musim Panas 2008: Béda antara owahan

Konten dihapus Konten ditambahkan
Magioladitis (parembugan | pasumbang)
c →‎Pranala njaba: All info is kept in Wikidata, removed: {{Link FA|af}} (5) using AWB (10903)
c éjaan using AWB
Larik 17:
| Stadium=[[Stadion Nasional Beijing]]
}}
'''Olimpiade Musim Panas 2008''', sacara resmi dikenal minangka ''Games of the XXIX Olympiad'' (Pertandhingan [[Olimpiade]] kaping-29), dianakaké ing [[Beijing]], [[Republik Rakyat Tiongkok]] wiwit tanggal [[8 Agustus]] nganti [[24 Agustus]] [[2008]], kanthi adicara pambuka sing dianakaké jam 08.08.08 ( 8 wengi liwat 8 menit lan 8 dhetik. (Angka 8 diasosiasèkaké minangka kamakmuran jroning kabudayan Tionghoa). Sawetara pertandhingan, klebu [[bal-balan]], [[layar]], [[voli pantai]] lan [[renang]] marathon 10km10 km bakal dianakaké ing kutha-kutha Tiongkok liyané. Kanthi dileksanakaké pertandhingan nunggang jaran ing [[Hong Kong]], iki nandhakaké wis kaping pindho Olimpiade edisi sing padha di "tuan-rumah"i déning rong [[Komite Olimpiade Nasional]].
 
Logo resmi pertandhingan, kanthi irah-irahan "Dancing Beijing" (Beijing Njogèd), diwangun adhedhasar karakter kaligrafi "jing", ngarujuk marang kutha [[Beijing]]. Maskot Beijing 2008 yakuwiyaiku lima [[Fuwa]] ([[Hanzi]]: 福娃; [[Pinyin]]: Fúwá; [[Basa Inggris]]: Sikap kekancan), saben sijiné nggambaraké siji werna ing cincin Olimpiade. Moto Olimpiade yakuwiyaiku "One World, One Dream" (Siji Donya, Siji Impèn). Olimpiade Beijing bakal dumadi saka 302 pertandhingan saka 28 cabang olahragaulah raga, mung siji pertandhingan luwih akèh tinimbang[[Olimpiade Athena]] 2004.
 
== Proses pamilihan ''tuan rumah'' ==
[[Beijing]] kapilih dadi kutha ''tuan rumah'' tanggal [[13 Juli]] [[2001]], jroning [[Sidang IOC]] ka-112 ing [[Moskwa]], ngalahaké [[Toronto]], [[Paris]], [[Istanbul]] lan [[Osaka]] kanthi dhistribusi swara :
 
{| class="wikitable"
Larik 60:
== Medali ==
[[Berkas:Medali-2008.jpg|250px|right|]]
[[Medali]] yang akan dibagikan kepada para pemenang Olimpiade Beijing 2008 juga unik karena di bagian belakang ke-3030 medali tersebut dipasangi [[cincin]] [[giok]] untuk melambangkan kebudayaan nasional. Desain yang dibuat oleh Profesor Hang Hai tersebut telah disetujui oleh komite penyelenggara Olimpiade 2008.
 
Komite Olimpiade Internasional memberikan dua syarat untuk desain medali Olimpiade. Yang pertama adalah bahwa desain tersebut haruslah unik, kedua bahwa desain tersebut harus memiliki karakteristik negaranagara tempat Olimpiade berlangsung.
 
Giok yang digunakan berasal dari penambangan di [[Kunlun]] karena di sana ditemukan material giok dalam jumlah besar yang bermutu bagus. Karena ada tiga macam giok yang akan dibuat (untuk medali [[emas]], [[perak]], dan [[perunggu]]), maka untuk keseluruhan medali yang akan dibagikan giok-giok tersebut harus kurang lebih bewarna yang sama sehingga tidak terjadi kesenjangan antara penerima medali yang sama satu dengan yang lain. Hambatan lain yang dihadapi adalah kesulitan untuk menempelkan giok yang keras dan mudah pecah ke permukaan [[logam mulia]]. Sejak diumumkannya keputusan menggunakan giok Kunlun, harga giok tersebut di pasaran langsung naik. Giok-giok tersebut selanjutnya akan dikirimkan ke pusat kerajinan giok di kota [[Yangzhou]]. {{ref|http://www.bjreview.com/quotes/txt/2008-03/25/content_107186.htm}}
Larik 68:
== Pengembangan dan persiapan ==
=== [[Tempat-tempat Pertandingan Olimpiade Beijing 2008|Tempat pertandingan]] ===
Pemerintah RRT bermaksud untuk berinvestasi dalam renovasi dan pembangunan 49 gimnasium dan stadium juga 59 pusat latihan. Karya arsitektural terbesarnya adalah [[Stadion Nasional Beijing]], [[Stadion Tertutup Nasional Beijing]], [[Pusat Akuatika Nasional Beijing]], ''[[Olympic Green Convention Centre]]'', ''[[Olympic Green]]'' dan [[Pusat Kebudayaan & OlahragaUlah raga Wukesong Beijing]]. 2,1 milyar dolar A.S. (RMB 17,4 miliar) dalam penawaran-penawaran dan tender-tender korporat diharapkan mampu membiayai hampir 85 persen biaya konstruksi untuk enam tempat pertandingan utama. Investasi diharapkan dari perusahaan-perusahaan yang mencari hak-hak kepemilikan setelah Olimpiade Musim Panas 2008. Beberapa tempat pertandingan akan dimiliki dan dikuasai oleh Administrasi Umum urusan OlahragaUlah Negararaga Nagara, yang akan menggunakan tempat-tempat pertandingan tersebut setelah Olimpiade sebagai fasilitas-fasilitas untuk tim-tim dan pertandingan-pertandingan olahragaulah raga nasional di masa mendatang.
 
Pada 8 Juli 2005, diumumkan bahwa pertandingan berkuda akan diselenggarakan di Hong Kong akibat ketidakpastian penyakit-penyakit kuda dan kesulitan-kesulitan besar dalam mendirikan kawasan bebas penyakit. Lima tempat pertandingan yang berlokasi di luar Beijing adalah di [[Qingdao]], [[Hong Kong]], [[Tianjin]], [[Shanghai]] dan [[Qinhuangdao]].
Larik 78:
 
=== Tiket ===
[[Komite Pelaksana Olimpiade Beijing]] mengumumkan pada awal Agustus 2006 bahwa mereka akan menjual lebih dari 7 juta tiket untuk bermacam-macam pertandingan olahulah raga dan upacara-upacara bagi masyarakat umum. Kepala komite mengatakan bahwa dia berharap semua warga RRT mempunyai kesempatan untuk datang ke Olimpiade Musim Panas 2008. Komite tersebut, oleh karena itu, telah menetapkan harga tiket masuk untuk pertandingan "sangat, sangat murah" untuk mendorong warga RRT terlibat dalam Olimpiade. Selain kepada publik, tiket-tiket lain juga disisihkan untuk sponsor, ofisial dan anggota-anggota [[IOC]]. Tiket-tiket untuk klien-klien perusahaan yang terkontrak akan dijual pada September 2006, sementara tiket-tiket untuk khalayak umum tidak akan dijual hingga awal 2007.
 
=== Penayangan ===
Olimpiade Beijing 2008 akan ditayangkan ke seluruh dunia oleh sejumlah stasiun televisi. Pemegang hak tayang yang telah dikonfirmasikan termasuk:
*Televisi milik negaranagara RRT [[CCTV]], yang lebih dikenal [[CCTV-5]] akan memiliki hak siar eksklusif.
*RRT juga akan men-''streaming''-kan semua pertandingan di internet melalui [[China Next Generation Internet]].
*[[Channel Seven]] di [[Australia]]
Larik 90:
 
=== Pembuatan undang-undang olimpiade ===
Otoritas kotamadya Beijing mendeklarasikan pada 10 April 2006, bahwa lebih dari 70 undang-undang dan peraturan lokal akan dibuat sebelum Olimpiade Musim Panas 2008. Peraturan-peraturan dan undang-undang ini termasuk pengusiran warga setempat yang tidak mempunyai ''[[Hukou]]'' Beijing; pengusiran gelandangan, pengemis dan orang-orang dengan penyakit mental dari Beijing; memperkuat kontrol perbatasan; paksaan 'hari libur khusus', atau paksaan pencegahan untuk membuat warga Beijing tetap berada di rumah selama Olimpiade berlangsung; memperkuat kontrol atas orang-orang RRT dan [[LSM]] asing; dan melarang protes-protes apapun. Pemerintah juga telah memperkuat undang-undang yang berhubungan dengan penuntutan oleh mereka yang dipertimbangkan akan menyebarkan materi-materi yang kurang menguntungkan bagi negaranagara.
 
=== Transportasi umum ===
Larik 99:
Pada Januari 2007, [[BOCOG]] mengumumkan bahwa gerbong-gerbong kereta bawah tanah akan dipasangi layar video yang akan menunjukan berita dan pertandingan terakhir selama masa olimpiade. Selain itu, transmitter sinyal telepon genggam akan dipasang sehingga semua orang dapat tetap mengunakan alat komunikasi mereka di stasiun kereta bawah tanah maupun di bawah tanah.
 
== OlahragaUlah raga ==
Program pertandingan-pertandingan untuk Olimpiade Musim Panas 2008 Beijing sangat mirip dengan [[Olimpiade Musim Panas Athena 2004]]. Olimpiade Musim Panas 2008 akan melihat kembalinya 28 olahragaulah raga dan akan menyelenggarakan 302 pertandingan (165 pertandingan pria, 127 pertandingan wanita dan 10 pertandingan campuran), hanya satu lebih banyak daripada di [[Athena]].
 
[[Berkas:Athletics_2008.gif|200px|thumb| Salah satu piktogram 'the beauty of seal characters']] Sembilan pertandingan baru akan diselenggarakan, meliputi dua dari peraturan baru [[bersepeda]] oleh [[BMX]]. Wanita akan berkompetisi dalam pacuan kuda 3000m berintangan untuk pertama kalinya. Dan juga, pertandingan berenang maraton untuk pria dan wanita, untuk jarak lebih dari 10 kilometer, akan ditambahkan dalam peraturan berenang. Pertandingan beregu (pria dan wanita) dalam tenis meja akan menggantikan pertandingan ganda. Dalam anggar, foil tim wanita dan sabre (pedang) tim wanita akan menggantikan foil tim pria dan epee tim wanita.
 
Sebagai tambahan kepada olahragaulah raga-olahragaulah raga Olimpiade yang populer, beberapa video gamer belakangan ini berbicara kepada pemerintah RRT agar diperbolehkannya ''[[video game]]'' mereka sebagai demonstrasi olahragaulah raga dalam pertandingan-pertandingan tersebut. Demonstrasi pertandingan belum diadakan pada [[Pertandingan Olimpiade]] manapun (Musim Panas atau Musim Dingin) sejak 1992. Dari Juni 2006, belum ada perkembangan lebih lanjut mengenai hal ini.
 
Pada 7 Agustus 2006, sehari sebelum 2 tahun perhitungan mundur Olimpiade Musim Panas 2008 Beijing, [[Komite Pelaksana Beijing]] meluncurkan piktogram 35 cabang olahragaulah raga Olimpiade. Setiap [[piktogram]] dirancang supaya orang-orang dari berbagai negaranagara di dunia dapat mengenali olahragaulah raga-olahragaulah raga yang akan diadakan di Olimpiade. Seperangkat ikon olahragaulah raga ini dinamakan 'the beauty of seal characters' (keindahan karakter stempel/cap), disebut demikian karena setiap piktogram menyerupai naskah stempel orang Tionghoa.
 
=== [[Daftar olahragaulah raga ing Olimpiade 2008|Daftar olahragaulah raga]] ===
Daftar cabang olahragaulah raga yang dipertandingkan di Olimpiade Beijing 2008 beserta jumlah pertandingan untuk setiap cabang olahragaulah raga (diindikasikan di dalam kurung).
{{col-begin}}
{{col-break}}
Larik 153:
Dua puluh delapan kota di dunia terpilih untuk menerima tahap ''global-tour'' obor mengelilingi dunia (the torch's tour around the world)- estafet Api Olimpiade. Selain itu, 78 kota akan menerima obor dalam tahap domestik melalui RRT.
 
Dipersembahan kepada IOC di Moskwa adalah rencana untuk rute estafet obor yang akan mengambil api Olimpiade melalui situs-situs megah peradaban kuno -[[Yunani]], [[Italia]], [[Mesir]], [[Irak]], [[Iran]], [[India]] dan akhirnya [[RRT]]- meskipun rute melalui Timur Tengah tidak dijamin dikarenakan iklim politik di wilayahwewengkon tersebut. Estafet obor Olimpiade Musim Panas 2008 akan mencapai rekor dunia atas delapan puluh pendaki gunung terlatih akan membawa api Olimpiade ke puncak [[Gunung Everest]] (dikenal oleh orang Tibet sebagai Chomolangma), membuatnya sebagai pencapaian prestasi dengan ketinggian tertinggi dalam sejarah estafet obor Olimpiade. Liu Qi, presiden Komite Pelaksana Olimpiade Beijing 2008, juga telah mengungkapkan harapan bahwa estafet obor akan dibawa melalui Taiwan. Keseluruhan rangkaian estafet obor harus mengambil api Olimpiade dari Athena pada Maret 2008 melalui pegunungan [[Himalaya]] ke [[Beijing]] dan akan disponsori oleh raksasa minuman ringan, [[The Coca-Cola Company]] di samping raksasa elektronik [[Korea Selatan]], [[Samsung]].
 
Estafet obor ini dimulai dengan dinyalakannya api obor di [[Olympia]] pada [[24 Maret]] [[2008]]. Dari situ obor dibawa melintasi Yunani dan tiba di [[Beijing]] pada 31 Maret. Kemudian dari Beijing obor akan dibawa mengunjungi kota-kota dunia, termasuk kota-kota dalam [[Jalur Sutra]] yang melambangkan hubungan antara Cina dengan dunia pada zaman dahulu. Setelah itu barulah obor akan dibawa mengelilingi kota-kota di RRC sebelum tiba kembali di Beijing.
Larik 159:
Obor Olimpiade tiba di [[Jakarta]] pada tanggal [[22 April]] 2008. Semula direncanakan obor akan diarak di jalan-jalan. Tapi dalam pelaksanaannya obor hanya dibawa berkeliling [[Istora]] dan tertutup untuk umum, karena kekhawatiran akan terjadi demonstrasi.
 
== NegaraNagara peserta ==
Sampai 2006, kepastian akan [[Komite Olimpiade Nasional]] (NOC) mana yang akan berpartisipasi pada Olimpiade 2008 tidak bisa dibuat. Sementara kebanyakan NOC berpartisipasi dengan rutin, situasi politik, keuangan dan lain-lain pada suatu negaranagara dapat menyebabkan sebuah negaranagara absen dari pertandingan, seperti kasus NOC pada [[Olimpiade Musim Dingin 2006]]. Beberapa NOC baru, termasuk [[Kepulauan Marshall]] dan [[Tuvalu]], akan diterima pada saat Pertandingan 2008 dimulai. Sementara yang lainnya merencanakan untuk melepaskan ikatan politik, sehingga menciptakan NOC yang terpisah.
 
[[Kepulauan Marshall]] memperoleh status NOC pada Februari 2006 dan diharapkan keikutsertaannya pada Olimpiade Musim Panas 2008. Penerimaan [[Tuvalu]] adalah sebuah kesempatan terbuka mengingat negaranagara tersebut mendirikan NOC menjelang tenggat waktu IOC. Tuvalu telah bertemu dengan presiden IOC Jacques Rogge, dan dia terlihat cukup puas, dan pada pertemuan IOC 2007, Tuvalu akan dipilih menjadi anggota tetap Olimpiade.
 
NegaraNagara [[Serbia]] dan [[Montenegro]] telah berpisah dengan penuh; warga Montenegro memilih dalam sebuah referendum untuk mengakhiri penyatuan politik mereka dengan Serbia pada Mei 2006. Dan juga, pada Juli 2007, [[Antilles Belanda]] akan dibubarkan, memberikan [[Curacao]] dan [[St. Marteen]] sebuah ''[[Status Aparte]]'', status politik yang sama seperti yang telah dimiliki Aruba sejak tahun 1986. [[Bonaire]], [[Saba]] dan [[St. Eustatius]] akan memiliki hubungan langsung dengan Belanda sebagai Pulau-Pulau Kerajaan.
 
Sebuah kantor berita [[Korea Selatan]] mengumumkan bahwa [[Korea Selatan]] dan [[Korea Utara]] akan mendiskusikan pengiriman sebuah tim bersatu untuk Olimpiade Musim Panas 2008. Kedua NOC telah bertemu dengan presiden IOC [[Jacques Rogge]] pada [[5 September]] [[2006]] untuk mendiskusikan kemungkinan tersebut.
-->
== Pananggalan ==
Pananggalan ing ngisor iki arupa jadwal pertandhingan Olimpiade Beijing 2008 versi paling anyar [[9 September]] [[2006]]. Saben kothak biru nampilaké pertandhingan ing dina kasebut kayadéné putaran kualifikasi. Kothak kuning nampilaké babak final perebutan medhali kanggo saben cabang olahragaulah raga. Angka ing ngarep saben kothak nampilaké cacahing pertandhingan final sing bakal dianakaké ing dina kuwiiku.
 
{| class="wikitable" style="margin:0.5em auto; font-size:85%;"
Larik 178:
| Upacara || || ||bgcolor=#00cc33 align=center|[[Upacara Pembukaan Olimpiade 2008|●]]|| || || || || || || || || || || || || || || ||bgcolor=#ee3333 align=center|[[Upacara Penutupan Olimpiade 2008|●]]||
|- align="center"
| align="left" | '''OlahragaUlah raga banyu'''
<!-- 06 -->|
<!-- 07 -->|
Larik 800:
== Sorotan ==
=== Protes-protes dan potensi boikot ===
Boikot terjadi pada beberapa Pertandingan Olimpiade oleh kelompok-kelompok pemrotes, aktivis atau politik yang memiliki keluhan terhadap negaranagara tuan rumah. Kadang-kadang boikot-boikot ini disanksikan oleh negaranagara-negaranagara anggota seperti pada 1980 dan 1984. Sementara tidak ada negaranagara manapun yang mengindikasikan boikot terhadap Olimpiade Musim Panas 2008, beberapa kelompok memulai kampanye mandiri untuk melakukannya.
 
Seruan boikot terhadap Olimpiade 2008 sebagai protes kekerasan yang dilakukan pemerintah Cina terhadap etnis Tibet. Organisasi kebebasan pers '[[Reporters Without Borders]]' mendukung sebuah boikot terhadap Olimpiade Musim Panas 2008 Beijing, mengutip ringkasan persnya dan kebebasan pribadi dan efek positif dari boikot lebih awal sebelum Olimpiade. Situs web mereka mendorong pengguna untuk mempetisi [[PBB]] untuk memulai boikot resmi. Beberapa organisasi pro-kemerdekaan [[Tibet]] seperti ''Students for a Free Tibet'' juga menyerukan penentangan terhadap Olimpiade Beijing.
 
=== Kualitas udara dan cuaca ===
Keprihatinan atas kualitas udara Beijing dan efeknya kepada atlet-atlet terus menigkat. Sementara Beijing, pada penawaran pertamanya pada tahun 2001, berjanji untuk mengurangi polusi udara, data menunjukan meskipun Beijing telah berhasil memangkas emisinya secara drastis, polusi tetap tinggi dikarenakan polusi yang masih tinggi di propinsi-propinsi tetangganya. Pada level sekarang, polusi udara paling tidak 2 sampai 3 kali diatas batas aman Organisasi Ksehatan Dunia ([[WHO]]). Dr. Marco Cardinale kepada Asosiasi Olimpiade Inggris menyatakan bahwa polusi udara yang disertai dengan panas dan kelembaban membuat kita sangat tidak mungkin akan menyaksikan performa yang luar biasa pada olahragaulah raga yang memerlukan daya tahan tubuh. Meskipun demikian, Beijing telah menrelokasikan sebuah pabrik besi baja penting sebagai contoh atas komitmennya untuk memperbaiki kualitas udara. .<ref>{{cite news |last=Oster |first=Shai |title=Will Beijing's Air Cast Pall Over Olympics? |publisher=The Wall Street Journal|date=[[2007-02-15]] |url=http://pqasb.pqarchiver.com/wsj/access/1216359091.html?dids=1216359091:1216359091&FMT=ABS&FMTS=ABS:FT&date=Feb+15%2C+2007&author=Shai+Oster&pub=Wall+Street+Journal&edition=Eastern+edition&startpage=B.1&type=8_90&desc=Beijing+Olympics+2008%3A+Will+Beijing%27s+Air+Cast+Pall+Over+Olympics%3F}}</ref> Pemerintah RRT telah membuat jaminan bahwa "langit biru bukan hanya syarat bagi Beijing, tetapi juga semua tempat di sekitar Beijing."<ref name="Environment">{{cite news|url=http://en.beijing2008.cn/29/47/article214024729.shtml |title=Promise of clean air during Olympics |date=[[2007-03-13]] |accessdate=2007-03-16 |publisher=[[BOCOG]]}}</ref>
 
Penemuan oleh badan meteorologi menyatakan bahwa, berdasarkan data curah hujan selama 30 tahun terakhir, kemungkinan hujan pada upacara pembukaan dan penutupan olimpiade adalah sebesar 50%<ref name="BOCOG rain">{{cite news |title=Beijing to keep skies clear on Games' opening day |date=[[2007-04-26]] |url=http://en.beijing2008.cn/11/20/article214042011.shtml |publisher=[[BOCOG]] |accessdate=2007-04-27}}</ref>. Untuk memperkecil kemungkinan hujan tersebut, pejabat Beijing berencana untuk menggunakan teknik 'pembibitan awan' untuk merangsang hujan beberapa hari sebelum pertandingan dimulai. Sedagkan keefektifan teknik ini dipertanyakan, Beijing optimis bahwa teknik tersebut akan mengurangi curah hujan selama pertandingan<ref name="CBN rain">{{cite news |url=http://www.cbn.com/CBNnews/146187.aspx |date=[[2007-04-27]] |author=Robertson, Laura |title=Beijing Fights Olympic Rain, But Can it Prevent the Protestors' Storm? |publisher=[[CBN News]] |accessdate=2007-04-27}}</ref> Officials have also stated that by inducing rain, they hope to clean some of the pollution out of the air.<ref name="Pilot rain" />.