Libanon: Béda antara owahan

Konten dihapus Konten ditambahkan
c mbenakaké éjaan using AWB
c éjaan using AWB
Larik 21:
| [[Basa Prancis|Prancis]], [[Basa Inggris|Inggris]], [[Basa Armenia|Armenia]]
|-
| '''[[IbukuthaKutha krajan]]'''
| [[Beirut]]
|-
Larik 30:
| [[Saad Hariri]]
|-
| '''[[WilayahWewengkon]]'''<br />&nbsp;- Total <br />&nbsp;- % air
| [[Daftar nagara miturut amba wilayahwewengkon|Urutan ka-166]]<br />10.452&nbsp;km²<br />1,6%
|-
| '''[[PedunungPadunung]]'''
<br />&nbsp;- Total (September [[2005]])
<br />&nbsp;- [[Kapadhetan]]
Larik 60:
'''Republik Libanon''' iku sawijining [[nagara]] ing [[Wétan Tengah]], sadawané [[Segara Tengah]], lan wewatesan karo [[Suriah]] ing sisih lor lan wétan, lan [[Israèl]] ing sisih kidul. Gendéra Libanon nampilaké gambar wit Aras awarna ijo kanthi latar wuri putih, diapit déning loro garis abang horisontal ing dhuwur lan ngisoré. Amarga kahanané kang manéka werna, Libanon nganut sistem pulitik khusus, kang dikenal minangka [[konfesionalisme]], kang dimaksud kanggo ngedum kakuwasan kanthi adil ing antara aliran-aliran agama kang béda-béda.<ref>Countries Quest. [http://www.countriesquest.com/middle_east/lebanon/government.htm "Lebanon, Government"]. Diakses [[14 Desember]] [[2006]].</ref>
<!--
Sebelum [[Perang Saudara Lebanon]] (1975-1990), nagara ini menikmati ketenangan dan kemakmuran yang relatif, didorong oleh sektor pariwisata, pertanian, dan perbankan dalam ékonominya.<ref>U.S. Department of State. [http://www.state.gov/r/pa/ei/bgn/35833.htm "Background Note: Lebanon (History) August 2005"] Diakses [[2 Desember]] [[2006]].</ref> Lebanon dianggap sebagai ibukotakutha krajan perbankan di [[dunia Arab]] dan umumnya dianggap sebagai "[[Swiss]] di Timur Tengah"<ref>USPG. [http://www.uspg.org.uk/news/news_israel.php "Anglican Church in Jerusalem responds to the Middle East crisis"]. Diakses [[31 Oktober]] [[2006]].</ref><ref>Socialist Party (2005). [http://www.socialistparty.org.uk/2005/384/index.html?id=mp6.htm "A new crisis in the Middle East?"]. Diakses [[31 Oktober]] [[2006]].</ref> Karena kekuatan finansialnya, Lebanon juga menarik banyak sekali wisatawan,<ref name="tourism">Anna Johnson (2006). [http://www.chron.com/disp/story.mpl/ap/fn/4297143.html "Lebanon: Tourism Depends on Stability"]. Diakses [[31 Oktober]] [[2006]].</ref> hingga ibukotanyakutha krajannya, [[Beirut]], dirujuk oleh banyak orang sebagai "[[Paris]]nya Timur Tengah."<ref>TC Online (2002). [http://archives.tconline.org/Stories/april02/fc6.html "Paris of the Middle East"]. Diakses [[31 Oktober]] [[2006]].</ref>
 
Segera setelah perang, ada banyak upaya untuk menghidupkan kembali ékonominya dan membangun kembali [[infrastruktur]] nasionalnya.<ref>Canadian International Development Agency. [http://www.acdi-cida.gc.ca/lebanon#3 "Lebanon: Country Profile"]. Diakses [[2 Desember]] [[2006]].</ref> Pada awal 2006, stabilitas yang cukup besar telah tercapai di hampir seluruh negeri, rekonstruksi [[Beirut]] hampir selesai,<ref>Center for the Study of the Built Environment. [http://www.csbe.org/saliba/essay1.htm "Deconstructing Beirut's Reconstruction: 1990-2000"]. Diakses [[31 Oktober]] [[2006]].</ref> dan semakin banyak wisatawan asing yang datang ke [[resort|resort-restor]] Lebanon.<ref name="tourism"/> Namun, [[Perang Lebanon 2006]] menimbulkan [[Korban Perang Lebanon 2006|korban sipil dan militer]], kerusakan hebat pada [[infrastruktur sipil]], dan pengungsian besar-besaran dari [[12 Juli]] [[2006]] hingga gencatan senjata diberlakukan pada [[14 Agustus]] [[2006]]. Pada September 2006, pemerintah Lebanon telah memberlakukan rencana pemulihan awal yang ditujukan untuk membangun kembali properti yang dihancurkan oleh serangan-serangan Israèl di Beirut, [[Tirus]], dan [[désa|désa-désa]] lainnya di Lebanon selatan.
Larik 72:
{{utama|Geografi Lebanon}}
[[Berkas:Map_of_Lebanon.png|left|225px|Peta Lebanon]]
Sebuah nagara di [[Timur Tengah]], Lebanon berbatasan di barat dengan [[Laut Tengah]] (garis pantai sepanjang: 225 [[kilometer]]) dan di timur dengan [[Depresi Suriah-Afrika]]. Lebanon berbatasan dengan [[Suriah]] sepanjang 375 km di utara dan di timur; dengan [[Israèl]] sepanjang 79 km di selatan. Perbatasan dengan Israèl telah disetujui oleh [[PBB]] (lihat [[Garis Biru (Lebanon)]], meskipun sebongkah tanah kecil disebut [[Shebaa Farms]] yang terletak di [[dataran tinggi Golan]] diklaim oleh Lebanon namun diduduki oleh Israèl, yang mengklaim bahwa tempat itu merupakan tanah Siria. PBB telah mengumumkan secara resmi bahwa wilayahwewengkon ini bukan merupakan milik Lebanon, namun pejuang Lebanon kadangkala melancarkan serangan terhadap orang Israèl yang berada di dalamnya.
 
== Pembagian administrasi ==
Larik 125:
Populasi Lebanon terdiri dari beragam grup etnik dan agama: [[Muslim]] ([[Syi'ah]], [[Sunni]], [[Druze]], dan [[Alawi]]), [[Kristen]] (Katolik [[Maronit]], [[Ortodoks Yunani]], Katolik Yunani, [[Armenia]], [[Koptik]]), dan lainnya. Sensus resmi tidak dilakukan sejak [[1932]], menandakan sensitivitas politik di Lebanon terhadap keseimbangan keagamaan.
 
Diperkirakan bahwa 59% dari penduduk Lebanon adalah [[Muslim]] ([[Sunni]], [[Syi'ah]], dan [[Druze]]) dan 39% [[Kristen]] (umumnya [[Maronit]], [[Gereja Ortodoks Antiokia]], [[Gereja Apostolik Armenia|Apostolik Armenia]], [[Gereja Katolik Yunani Melkit|Katolik Yunani Melkit]], [[Gereja Asiria di Timur]], [[Katolik Khaldea]] dan minoritas [[Protestan]].<ref name="cia">[[CIA]], the World Factbook (2006). [https://www.cia.gov/library/publications/the-world-factbook/geos/le.html "Lebanon"]. Diakses [[7 November]], [[2006]].</ref> Ada kelompok minoritas kecil [[Yahudi]] yang tinggal di [[Beirut]] pusat, [[Byblos]], dan [[Bhamdoun]]. Lebanon juga mempunyai sebuah komunitas kecil (kurang dari 1%) [[Kurdi]] (juga dikenal sebagai Mhallami atau ''Mardinli'') yang umumnya bermigrasi dari Suriah timur laut dan Turki tenggara, diperkirakan jumlahnya antara 75.000 hingga 100.000 orang, yang termasuk dalam kelompok Sunni. Dalam tahun-tahun belakangan ini mereka memperoleh kewarganagaraan Lebanon sehingga menguntungkan kelompok Muslim dan Sunni khususnya.<ref>International Journal of Kurdish Studies, Jan, 2002 oleh Lokman I. Meho [http://www.findarticles.com/p/articles/mi_m0SBL/is_16/ai_n13807710 "The Kurds in Lebanon: a social and historical overview"]</ref> Selain itu, ada pula ribuan suku Beduin Arab di Bekaa dan di wilayahwewengkon Wadi Khaled, yang kesemuanya tergolong Sunni, yang juga mendapatkan kewarganagaraan Lebanon. Ada sekitar 15 juta orang keturunan Lebanon, terutama Kristen, menyebar di seluruh dunia.
 
Jumlah mereka yang tinggal di Lebanon sendiri diperkirakan 3.874.050 pada Juli 2006.<ref name="cia" /> Ada sekitar 16 juta orang keturunan Lebanon yang tersebar di seluruh dunia, yang terbanyak adalah di [[Brasil]].<ref>Marina Sarruf (2006). [http://melbourne.indymedia.org/news/2006/07/117345.php "Brazil Has More Lebanese than Lebanon"]. Diakses [[30 November]] [[2006]].</ref> [[Argentina]], [[Australia]], [[Kanada]], [[Kolombia]], [[Perancis]], [[Britania Raya]], [[Meksiko]], [[Venezuela]] dan [[AS]] juga memiliki komunitas Lebanon yang besar.
Larik 134:
{{utama|Budaya Lebanon}}
 
Selama beribu-ribu tahun Lebanon telah menjadi persimpangan utama peradaban. Karena itu tidak mengherankan bila nagara kecil ini mempunyai budaya yang luar biasa kaya dan hidup. Campuran kelompok etnis dan agama yang sangat luas di Lebanon ikut menyumbangkan tradisi makanan, musik dan sastra, serta festival. [[Beirut]] khususnya merupakan panggung seni yang sangat hidup dengan berbagai pertunjukan, pameran, pameran mode, dan konser yang diadakan sepanjang tahun di berbagai galeri, muséum, teater dan tempat-tempat terbuka. Masyarakatnya modern, terdidik, sangat mirip dengan banyak masyarakat EropaÉropah lainnya di Mediterania. Meskipun sangat mirip dengan EropaÉropah, bangsa Lebanon sangat bangga akan warisan mereka dan telah menjadikan negeri itu dan khususnya Beirut pusat kebudayaan dunia Arab. Lebanon adalah nagara anggota [[La Francophonie|Organisation Internationale de la Francophonie]] (nagara berbahasa Perancis). Karena itulah kebanyakan orang Lebanon berdwibahasa, mampu berbahasa [[Bahasa Arab|Arab]] dan [[Bahasa Perancis|Perancis]]. Namun demikian, [[bahasa Inggris]] kini sangat populer khususnya di antara mahasiswa. Di nagara ini agama Kristen bergaul akrab dengan Islam, dan Lebanon juga merupakan pintu masuk Arab ke EropaÉropah serta jembatan EropaÉropah ke dunia Arab.
 
Lebanon juga mempunyai sejumlah [[Daftar universitas di Lebanon|universitas]] yang bergengsi, termasuk [[Universitas Amerika di Beirut]], [[Universitas Lebanon]] milik nagara, dan [http://www.usj.edu.lb/ Université Saint-Joseph].