Géografi Indonésia: Béda antara owahan

Konten dihapus Konten ditambahkan
Arupako (parembugan | pasumbang)
c éjaan, replaced: yaiku → ya iku (3) using AWB
Arupako (parembugan | pasumbang)
c éjaan, replaced: desa → désa, Indonesia → Indonésia (44) using AWB
Larik 1:
[[Gambar:Map of IndonesiaIndonésia Demis.png|400px|thumb|right|Peta relief IndonesiaIndonésia]]
'''[[IndonesiaIndonésia]]''' ndarbèni 17.504 [[pulo]] (data ttaun 2004; pirsani: [[Gunggung pulo ing IndonesiaIndonésia]]), watara 6.000 ing antarané ora ana padunungé, nyebar ing saubengé [[katulistiwa]], kanthi hawa tropis. Pulo paling padhet padunungé ya iku Pulo Jawa, luwih saka setengah (65%) populasi IndonesiaIndonésia. IndonesiaIndonésia dumadi saka 5 Pulo gedhé, ya iku: [[Jawa]], [[Sumatra]], [[Kalimantan]], [[Sulawesi]], lan [[Irian Jaya]].
 
IndonesiaIndonésia nduwèni luwih saka 400 gunung geni lan 130 ing antarané klebu gunung geni aktif. Sebagéyan saka gunung geni dumunung ing dhasaring segara lan ora lumahing segara. IndonesiaIndonésia minangka papan patemon 2 rangkaian gunung geni aktif ('''Ring of Fire'''). Ana puluhan patahan aktif ing wewengkon IndonesiaIndonésia.
 
== Kahanan alam ==
Sebagéyan ahli mérang IndonesiaIndonésia dadi telung wewengkon geografis utama ya iku:
*[[Kapuloan Sundha Besar]] nyakup Pulo Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi.
*[[Kapuloan Sundha Kecil]] nyakup Bali, Nusa Tenggara Kulon lan Nusa Tenggara Timur.
*[[Kapuloan Maluku]] lan [[Irian]]
 
Ing zaman es pungkasan, ssadurungé taun 10.000 SM (Sadurungé Masehi), Ing bagéyan kulon IndonesiaIndonésia ana dharatan Sundha sing kahubung menyang bawana Asia lan memungkinkan fauna lan flora Asia pindhah menyang bagéyan kulon IndonesiaIndonésia. Ing bagéyan wétan IndonesiaIndonésia, ana dharatan Sahul sing kahubung menyang bawana Australia lan memungkinkan fauna lan flora Australia pindah menyang bagéyan wétan IndonesiaIndonésia. Ing bagéyan tengah ana pulo-pulo sing kapisah saka kaloro bawana kasebut.
<!--
Karena hal tersebut maka ahli biogeografi membagi IndonesiaIndonésia atas kehidupan flora dan fauna yakni:
*Daratan IndonesiaIndonésia Bagian Kulon dengan flora dan fauna yang sama dengan benua Asia.
*Daratan IndonesiaIndonésia Bagian Tengah ([[Wallacea]]) dengan flora dan fauna endemik/hanya Ana Ing daerah tersebut.
*Daratan IndonesiaIndonésia Bagian Timur dengan flora dan fauna yang sama dengan benua Australia.
 
Ketiga bagian daratan tersebut dipisahkan oleh garis maya/imajiner yang dikenal sebagai [[Garis Wallace-Weber]], yaitu garis maya yang memisahkan Daratan IndonesiaIndonésia Kulon dengan daerah Wallacea (IndonesiaIndonésia Tengah), dan [[Garis Lyedekker]], yaitu garis maya yang memisahkan daerah Wallacea (IndonesiaIndonésia Tengah) dengan daerah IndonesiaTimurIndonésiaTimur.
 
Berdasarkan [[Garis-garis Besar Haluan Negara]] (GBHN) 1993, maka wewengkon IndonesiaIndonésia dibagi menjadi 2 kawasan pembangunan:
* Kawasan Kulon IndonesiaIndonésia. Terdiri saka Jawa, Sumatra, Kalimantan, Bali.
* Kawasan Timur IndonesiaIndonésia. Terdiri saka Sulawesi, Maluku, Irian/Papua, Nusa Tenggara Kulon dan Nusa Tenggara Timur.
 
{{Peta IndonesiaIndonésia}}
=== Kapuloan Sunda Besar ===
Terdiri atas Pulo-Pulo utama: [[Sumatra]], [[Kalimantan]], [[Jawa]] dan [[Sulawesi]] dan dengan ribuan Pulo-Pulo sedang dan kecil berpenduduk maupun tak berpenghuni. Wewengkon ini minangka konsentrasi penduduk IndonesiaIndonésia dan papan Sebagéyan besar kegiatan ekonomi IndonesiaIndonésia berlangsung.
 
==== Pulo Sumatra ====
Pulo Sumatra, berdasarkan luas minangka [[Daftar Pulo menurut luas wewengkon|Pulo terbesar keenam di dunia]]. Pulo ini membujur saka kulon segara ke arah tenggara dan melintasi [[khatulistiwa]], seolah membagi Pulo Sumatra atas dua bagian, Sumatra belahan bumi utara dan Sumatra belahan bumi selatan. [[Pegunungan Bukit Barisan]] dengan beberapa puncaknya yang meluwihi 3.000 m di atas permukaan segara, minangka barisan gunung geni aktif, berjalan sepanjang sisi kulon Pulo saka ujung utara ke arah selatan; sehingga membuat dataran di sisi kulon Pulo relatif sempit dengan pantai yang terjal dan dalam ke arah [[Samudra Hindia]] dan dataran di sisi timur Pulo yang luas dan landai dengan pantai yang landai dan dangkal ke arah [[Selat Malaka]], [[Selat Bangka]] dan [[Segara China Selatan]].
 
Di bagian utara Pulo Sumatra berbatasan dengan [[Segara Andaman]] dan di bagian selatan dengan [[Selat Sunda]]. Pulo Sumatra ditutupi oleh [[hutan tropik primer]] dan [[hutan tropik sekunder]] yang lebat dengan tanah yang subur. Gungng geni yang tertinggi di Sumatra adalah [[Gunung Kerinci]] di Jambi, dan dengan gunung geni lainnya yang cukup terkenal yaitu [[Gunung Leuser]] di Nanggroe Aceh Darussalam dan [[Gunung Dempo]] di perbatasan Sumatra Selatan dengan Bengkulu. Pulo Sumatra minangka kawasan episentrum [[gempa bumi]] karena dilintasi oleh [[patahan kerak bumi]] disepanjang [[Bukit Barisan]], yang disebut [[Patahan Sumatra]]; dan patahan kerak bumi di dasar Samudra Hindia disepanjang lepas pantai sisi kulon Sumatra. Danau terbesar di IndonesiaIndonésia, [[Danau Toba]] Ana di Pulo Sumatra.
 
KeIngtan penduduk Pulo Sumatra urutan kedua setelah Pulo Jawa.
Larik 38:
 
==== Pulo Kalimantan (Borneo) ====
Kalimantan minangka nama daerah wewengkon IndonesiaIndonésia di Pulo [[Borneo]] (wewengkon negara [[Malaysia]] dan Brunei juga ada yang berada di Pulo Borneo), berdasarkan luas minangka [[Daftar Pulo menurut luas wewengkon|Pulo terbesar ketiga di dunia]], setelah [[Irian]] dan [[Tanah Hijau|Greenland]]. Bagian utara Pulo Kalimantan, [[Sarawak]] dan [[Sabah]], minangka wewengkon [[Malaysia]] yang berbatasan langsung dengan Kalimantan wewengkon IndonesiaIndonésia dan wewengkon [[Brunei Darussalam]]; di bagian selatan dibatasi oleh [[Segara Jawa]]. Bagian kulon Pulo Kalimantan dibatasi oleh [[Segara China Selatan]] dan [[Selat Karimata]]; di bagian timur dipisahkan dengan Pulo Sulawesi oleh [[Selat Makassar]]. Di bagian tengah Pulo minangka wewengkon bergunung-gunung dan berbukit; pegunungan di Kalimantan wewengkon IndonesiaIndonésia ora aktif dan tingginya dibawah 2.000 meter diatas permukaan segara; sedangkan wewengkon pantai minangka dataran rendah, berpaya-paya dan tertutup lapisan tanah gambut yang tebal.
 
Pulo Kalimantan dilintasi oleh garis [[katulistiwa]] sehingga membagi Pulo Kalimantan atas Kalimantan belahan bumi utara dan Kalimantan belahan bumi selatan. Kesuburan tanah di Pulo Kalimantan kurang bila dibanding kesuburan tanah di Pulo Jawa dan Pulo Sumatera, demikian pula keIngtan penduduknya tergolong jarang. Pulo Kalimantan sama halnya Pulo Sumatera, diliputi oleh [[hutan tropik]] yang lebat (primer dan sekunder). Secara geologik Pulo Kalimantan stabil, relatif aman saka gempa bumi (tektonik dan vulkanik) karena ora dilintasi oleh patahan kerak bumi dan ora mempunyai rangkaian gunung geni aktif seperti halnya Pulo Sumatera, Pulo Jawa dan Pulo Sulawesi. Sungai terpanjang di IndonesiaIndonésia, [[Sungai Kapuas]], 1.125 kilometer, berada di Pulo Kalimantan.
 
Saat ini Pulo Kalimantan secara administratif pemerintahan terbagi atas 4 provinsi yaitu:
Larik 46:
 
==== Pulo Jawa ====
Pulo Jawa, minangka Pulo yang terIngt penduduknya per kilometer persegi di IndonesiaIndonésia. Pulo melintang saka Kulon ke Timur, berada di belahan bumi selatan.
 
Barisan pegunungan geni aktif dengan tinggi diatas 3.000 meter diatas permukaan segara berada di Pulo ini, salah satunya [[Gunung Merapi]] di Jawa Tengah dan [[Gunung Bromo]] di Jawa Timur yang terkenal sangat aktif. Bagian selatan Pulo berbatasan dengan [[Samudera India]], pantai terjal dan dalam, bagian utara Pulo berpantai landai dan dangkal berbatasan dengan [[Segara Jawa]] dan dipisahkan dengan Pulo [[Madura]] oleh [[Selat Madura]]. Di bagian kulon Pulo Jawa dipisahkan dengan Pulo Sumatera oleh [[Selat Sunda]] dan di bagian timur Pulo Jawa dipisahkan dengan Pulo Bali oleh [[Selat Bali]].
 
Hutan di Pulo Jawa ora selebat hutan tropik di Pulo Sumatera dan Pulo Kalimantan dan areal hutan diPulo Jawa semakin sempit oleh karena desakandésakan jumlah populasi di Pulo Jawa yang semakin Ingt dan umumnya minangka [[hutan tersier]] dan sedikit [[hutan sekunder]]. Kota-kota besar dan kota industri di IndonesiaIndonésia Sebagéyan besar berada di Pulo ini dan ibukota Republik IndonesiaIndonésia, Jakarta, dumunung di Pulo Jawa. Secara geologik, Pulo Jawa minangka kawasan [[episentrum]] [[gempa bumi]] karena dilintasi oleh [[patahan kerak bumi]] lanjutan patahan kerak bumi saka Pulo Sumatera, yang berada dilepas pantai selatan Pulo Jawa.
 
Saat ini Pulo Jawa secara administratif pemerintahan terbagi atas 6 provinsi yaitu:
Larik 81:
Sebagéyan besar kawasan ini tertutup [[hutan tropik primer]] dan sekunder yang lebat, kecuali di kePuloan Tanimbar dan Aru minangka semak dan [[sabana]]. Gunung geni yang tertinggi di kePuloan Maluku adalah [[Gunung Binaiya]], setinggi 3.039 meter; sedangkan di Pulo Irian pegunungan geni aktif memlintang saka kulon ke timur Pulo, gunung yang tertinggi adalah [[Puncak Jaya]] setinggi 5.030 meter di atas permukaan segara.
 
Pulo Irian juga minangka Pulo dengan keIngtan penduduk yang paling jarang di IndonesiaIndonésia, yaitu sekitar 2 orang per kilometer persegi. Secara geologik, kawasan Maluku dan Irian juga termasuk sangat labil karena minangka titik pertemuan tumbukan ketiga lempeng kerak bumi, Lempeng Asia, Lempeng Australia dan Lempeng Pasifik. [[Palung segara]] terdalam di IndonesiaIndonésia Ana di kawasan ini, yaitu [[Palung Segara Banda]], kedalaman sekitar 6.500 meter dibawah permukaan segara.
 
Saat ini secara administratif pemerintahan KePuloan Maluku dan Irian dibagi atas:
Larik 87:
 
== Iklim ==
IndonesiaIndonésia mempunyai [[iklim tropik basah]] yang dipengaruhi oleh [[angin monsun]] kulon dan monsun timur. Saka bulan November hingga Mei, angin bertiup saka arah Utara Kulon Segara membawa banyak uap air dan hujan di kawasan IndonesiaIndonésia; saka Juni hingga Oktober angin bertiup saka Selatan Tenggara kering, membawa sedikit uap air. Suhu udara di dataran rendah IndonesiaIndonésia berkisar antara 23 derajat Celsius sampai 28 derajat Celsius sepanjang Taun.
 
Namun suhu juga sangat bevariasi; saka rata-rata mendekati 40 derajat Celsius Ing musim kemarau di [[lembah Palu]] - Sulawesi dan di Pulo Timor sampai di bawah 0 derajat Celsius di [[Pegunungan Jayawijaya]] - Irian. Ana salju abadi di puncak-puncak pegunungan di Irian: Puncak Trikora (Mt. Wilhelmina - 4730 m) dan Puncak Jaya (Mt. Carstenz, 5030 m).
 
Ada 2 musim di IndonesiaIndonésia yaitu [[musim hujan]] dan [[musim kemarau]], Ing beberapa papan dikenal [[musim pancaroba]], yaitu musim diantara perubahan kedua musim tersebut.
 
Curah hujan di IndonesiaIndonésia rata-rata 1.600 milimeter seTaun, namun juga sangat bervariasi; saka luwih saka 7000 milimeter seTaun sampai sekitar 500 milimeter seTaun di daerah Palu dan Timor. Daerah yang curah hujannya rata-rata tinggi sepanjang Taun adalah Aceh, Sumatera Kulon, Sumatera Utara, Riau, Jambi, Bengkulu, Sebagéyan Jawa kulon, Kalimantan Kulon, Sulawesi Utara, Maluku Utara dan [[delta Mamberamo]] di Irian.
 
Setiap 3 sampai 5 Taun sekali sering terjadi [[El-Nino]] yaitu gejala penyimpangan cuaca yang menyebabkan musim kering yang panjang dan musim hujan yang singkat. Setelah El Nino biasanya diikuti oleh La Nina yang berakibat musim hujan yang lebat dan luwih panjang saka biasanya. Kekuatan El Nino berbeda-beda tergantung saka berbagai macam faktor, antara lain indeks Osilasi selatan atau [[Southern Oscillation]].
Larik 174:
di kePuloan yang terdiri saka sekitar 17.504 [[Pulo]] (6.000 dihuni); dilintasi [[katulistiwa]]; di sepanjang jalur pelayaran utama saka Samudra Hindia ke Samudra Pasifik
-->
{{Topik IndonesiaIndonésia}}
 
[[Kategori:Géografi Indonésia| ]]