Orde Baru: Béda antara owahan

Konten dihapus Konten ditambahkan
Arupako (parembugan | pasumbang)
c →‎Pulitik: éjaan, replaced: yaiku → ya iku, sehat → séhat using AWB
Arupako (parembugan | pasumbang)
c éjaan, replaced: Indonesia → Indonésia (30) using AWB
Larik 1:
{{Sajarah IndonesiaIndonésia}}
'''Orde Baru''' iku sebutan kanggo mangsa pamaréntahan [[Presidhèn Republik IndonesiaIndonésia|Presidhèn]] [[Soeharto]] ing [[IndonesiaIndonésia]]. Orde Barue nggantèkaké [[Orde Lama]] sing ngarujuk marang era pamaréntahan [[Soekarno]]. Orde Baru lair kanthi semangat "korèksi total" marang panyimpangan d’ening Orde Lama Soekarno.
 
Orde Baru lumaku wiwit taun [[1968]] nganti [[1998]]. Jroning wektu kasebut, [[ékonomi]] [[IndonesiaIndonésia]] maju cepet senadyan dibarengi anané praktèk [[korupsi]] sing ngambra-ambra ing nagara iki. Saliyané iku, kasenjangan antara rakyat sing sugih lan mlarat uga tansaya amba.
 
== Mangsa jabatan Suharto ==
Larik 9:
 
=== Pulitik ===
Presidhèn Soeharto miwiti "Orde Baru" jroning donya pulitik IndonesiaIndonésia lan sacara dramatis ngowahi kawicaksanan jaban rangkah lan jeron nagara.
 
Salah siji kawicaksanan pisanan ya iku ndaftaraké IndonesiaIndonésia dadi anggota PBB manèh. IndonesiaIndonésia nalika tanggal [[19 September]] [[1966]] ngumumaké arep nerusaké kerjasama karo PBB lan nerusake partisipasi jroning kagiatan-kagiatan PBB", lan dadi anggota PBB manèh ing tanggal [[28 September]] [[1966]], persis 16 taun sawisé IndonesiaIndonésia ditampa kanggo sapisanan.
Kawitane, Soeharto nduwèni sikap kang teges. Orde Lama apa Orde Baru. Pangucilan pulitik - ning [[Éropah Timur]] sering kasebut [[lustrasi]] - dilakokake marang pawongan kang sesambungan marang [[Partai Komunis IndonesiaIndonésia]]. Sanksi kriminal kalakokaké kanthi nggelar [[Mahkamah Militer Luar Biasa]] kanggo ngadili para péhak kang dianggep kraman (pemberontak) déning Soeharto. Pangadilan digelar lan sebagéan kang katut "dibuang" menyang [[Pulau Buru]].
 
Déné sanksi nonkriminal kalakokaké kanthi pangucilan pulitik kanthi yasa aturan administratif. Instrumèn penelitian khusus (litsus) katerapake kanggo milihi kekuatan lawas kang katut ing sakjroning gerbong Orde Baru. KTP kacandra ET (eks-[[tapol]]).
Larik 22:
 
=== Eksploitasi sumber daya ===
Selama masa pamaréntahannya, kebijakan-kebijakan ini, dan pengeksploitasian [[sumber daya alam]] secara besar-besaran menghasilkan pertumbuhan ékonomi yang besar namun tidak merata di IndonesiaIndonésia. Contohnya, jumlah orang yang [[kelaparan]] dikurangi dengan besar pada tahun [[1970-an]] dan [[1980-an]].
 
=== Warga Tionghoa ===
Warga keturunan [[Tionghoa]] juga dilarang berekspresi. Sejak tahun 1967, warga keturunan dianggap sebagai warga nagara asing di IndonesiaIndonésia dan kedudukannya berada di bawah warga [[pribumi]], yang secara tidak langsung juga menghapus hak-hak asasi mereka. Kesenian [[barongsai]] secara terbuka, perayaan hari raya [[Imlek]], dan pemakaian [[Bahasa Mandarin]] dilarang, meski kemudian hal ini diperjuangkan oleh komunitas Tionghoa IndonesiaIndonésia terutama dari komunitas pengobatan Tionghoa tradisional karena pelarangan sama sekali akan berdampak pada resep obat yang mereka buat yang hanya bisa ditulis dengan bahasa Mandarin. Mereka pergi hingga ke Mahkamah Agung dan akhirnya Jaksa Agung IndonesiaIndonésia waktu itu memberi izin dengan catatan bahwa Tionghoa IndonesiaIndonésia berjanji tidak menghimpun kekuatan untuk memberontak dan menggulingkan pamaréntahan IndonesiaIndonésia.
 
Satu-satunya surat kabar berbahasa Mandarin yang diizinkan terbit adalah [[Harian IndonesiaIndonésia]] yang sebagian artikelnya ditulis dalam bahasa IndonesiaIndonésia. Harian ini dikelola dan diawasi oleh militer IndonesiaIndonésia dalam hal ini adalah [[ABRI]] meski beberapa orang Tionghoa IndonesiaIndonésia bekerja juga di sana. Agama tradisional Tionghoa dilarang. Akibatnya [[agama Konghucu]] kehilangan pengakuan pemerintah.
 
Pemerintah Orde Baru berdalih bahwa warga Tionghoa yang populasinya ketika itu mencapai kurang lebih 5 juta dari keseluruhan rakyat IndonesiaIndonésia dikhawatirkan akan menyebarkan pengaruh [[komunisme]] di Tanah Air. Padahal, kenyataan berkata bahwa kebanyakan dari mereka berprofesi sebagai pedagang, yang tentu bertolak belakang dengan apa yang diajarkan oleh komunisme, yang sangat mengharamkan perdagangan dilakukan {{fact}}.
 
Orang Tionghoa dijauhkan dari kehidupan politik praktis. Sebagian lagi memilih untuk menghindari dunia politik karena khawatir akan keselamatan dirinya.
 
=== Perpecahan bangsa ===
Di masa Orde Baru pemerintah sangat mengutamakan persatuan bangsa IndonesiaIndonésia. Setiap hari media massa seperti [[radio]] dan [[televisi]] mendengungkan slogan "persatuan dan kesatuan bangsa". Salah satu cara yang dilakukan oleh pemerintah adalah meningkatkan [[transmigrasi]] dari daerah yang padat penduduknya seperti [[Jawa]], [[Bali]] dan [[Madura]] ke luar Jawa, terutama ke [[Kalimantan]], [[Sulawesi]], [[Timor Timur]], dan [[Papua|Irian Jaya]]. Namun dampak negatif yang tidak diperhitungkan dari program ini adalah terjadinya marjinalisasi terhadap penduduk setempat dan kecemburuan terhadap penduduk pendatang yang banyak mendapatkan bantuan pemerintah. Muncul tuduhan bahwa program transmigrasi sama dengan [[Jawa|jawanisasi]] yang disertai sentimen anti-Jawa di berbagai daerah, meskipun tidak semua transmigran itu orang Jawa.
 
Pada awal [[IndonesiaIndonésia: Era Reformasi|Era Reformasi]] konflik laten ini meledak menjadi terbuka antara lain dalam bentuk [[konflik Ambon]] dan [[konflik Madura-Dayak]] di Kalimantan.<ref>[http://www.kompas.com/kompas-cetak/0104/12/daerah/konf30.htm Konflik Antar-etnis Kalimantan:Mencegah Lebih Baik daripada Menindak], diakses 24 Mei 2007</ref> Sementara itu gejolak di [[Papua]] yang dipicu oleh rasa diperlakukan tidak adil dalam pembagian keuntungan pengelolaan sumber alamnya, juga diperkuat oleh ketidaksukaan terhadap para transmigran.
-->
 
== Kaluwihan sistem Pamaréntahan Orde Baru ==
* perkembangan [[GDP]] per kapita IndonesiaIndonésia sing taun 1968 mung [[dolar AS|AS$]]70 lan taun 1996 wis dadi luwih saka AS$1.000
* sukses [[transmigrasi]]
* sukses [[KB]]
Larik 50:
* sukses Gerakan Nasional Orang-Tua Asuh
* sukses keamanan jero negeri
* Investor asing gelem nandur modhal ing IndonesiaIndonésia
* sukses nuwuhaké rasa nasionalisme lan tresna produk jero negeri
 
== Kakurangan Sistem Pamaréntahan Orde Baru ==
* semaraké [[korupsi]], [[kolusi]], [[nepotisme]]
* pembangunan IndonesiaIndonésia sing ora warata lan kesenjangan pembangunan antara pusat lan dhaerah
* munculé rasa ora marem ing sawetara dhaerah amarga kasenjangan pembangunan, utamané ing Aceh lan Papua
* kecemburuan antara pedunung saenggon karo para transmigran sing olèh tunjangan pamaréntah sing cukup gedhé ing taun-taun pisanan
Larik 65:
<!--
== Krisis finansial Asia ==
Pada pertengahan 1997, IndonesiaIndonésia diserang krisis keuangan dan ékonomi Asia (untuk lebih jelas lihat: [[Krisis finansial Asia]]), disertai [[kemarau]] terburuk dalam 50 tahun terakhir dan harga minyak, gas dan komoditas ekspor lainnya yang semakin jatuh. [[Rupiah]] jatuh, inflasi meningkat tajam, dan perpindahan modal dipercepat. Para demonstran, yang awalnya dipimpin para mahasiswa, meminta pengunduran diri Soeharto. Di tengah gejolak kemarahan massa yang meluas, Soeharto mengundurkan diri pada [[21 Mei]] [[1998]], tiga bulan setelah MPR melantiknya untuk masa bakti ketujuh. Soeharto kemudian memilih sang Wakil Presiden, [[B. J. Habibie]], untuk menjadi presiden ketiga IndonesiaIndonésia.
 
== Pasca-Orde Baru ==
Mundurnya Soeharto dari jabatannya pada tahun [[1998]] dapat dikatakan sebagai tanda akhirnya Orde Baru, untuk kemudian digantikan "[[IndonesiaIndonésia: Era Reformasi|Era Reformasi]]".
 
Masih adanya tokoh-tokoh penting pada masa Orde Baru di jajaran pamaréntahan pada masa Reformasi ini sering membuat beberapa orang mengatakan bahwa Orde Baru masih belum berakhir. Oleh karena itu Era Reformasi atau Orde Reformasi sering disebut sebagai "Era Pasca Orde Baru".
Larik 80:
{{Reflist}}
 
{{Topik IndonesiaIndonésia}}
 
[[Kategori:Sajarah IndonesiaIndonésia]]
[[Kategori:Orde Baru| ]]