Powiat: Béda antara owahan

Konten dihapus Konten ditambahkan
Addbot (parembugan | pasumbang)
c Bot: Migrating 30 interwiki links, now provided by Wikidata on d:q247073 (translate me)
Arupako (parembugan | pasumbang)
c éjaan, replaced: kabupaten → kabupatèn (2), Kabupaten → Kabupatèn, Indonesia → Indonésia (4) using AWB
Larik 1:
[[Gambar:POLSKA woj pow.png|thumb|Powiat di Polandia]]
'''Powiat''' iku dhaérah tingkat loro jroning [[pamérangan administratif]] [[Polandia]], bisa diterjemahaké kanthi [[frasa distrik]] utawa dhaérah [[tingkat II]] lan kurang luwih mèmper karo [[kabupatèn]] ing [[IndonesiaIndonésia]]. Powiat iku pérangan saka unit sing luwih gedhé sing disebut ''województwo'', sing kurang luwih setingkat karo [[provinsi]]. Powiat dhéwé dipérang manèh dadi sawetara ''gmina''. Ana rong jinis powiat, ''powiat ziemski'' (distrik rural) sing cacahé 314 lan ''powiat grodzki'' (distrik urban) sing cacahé ana 65.
<!--
== Tentang powiat ==
Sebuah powiat di Polandia biasanya mendapatkan nama ibu kotanya, kecuali beberapa. Nama powiat ini mengambil kelamin [[maskulin]] dari kata sifat ([[adjektif]]) kota yang bersangkutan dan ditakrifkan ([[deklinasi (linguistik)|deklinasi]]). Jadi powiat sekeliling kota [[Kutno]] misalkan, diberi nama ''powiat kutnowski''. Namun jika nama kota ini diikuti oleh kata sifat, yang dipakai sebagai nama powiat hanyalah nama kotanya saja tanpa embel-embel kata sifat. Jadi misalkan powiat dari kota [[Maków Mazowiecki]] adalah ''powiat makowski''.
 
Ada beberapa cara dalam menuliskan powiat ini dalam bahasa IndonesiaIndonésia. Karena powiat bukan sebuah kata IndonesiaIndonésia maka bisa dipakai frasa "KabupatenKabupatèn Kutno" atau "Distrik Kutno". Bisa pula menggunakan kata powiat sehingga didapatkan "Powiat Kutno". Di dalam bahasa IndonesiaIndonésia nama kota ini tidak ditakrifkan.
 
Lalu jika ibukota powiat emiliki nama dengan kata sifat, nama powiat bisa menjadi "Powiat Maków" atau "Powiat Maków Mazowiecki". Biasanya yang dipakai adalah bentuk pertama.
 
== Sejarah dan fungsi ==
Beberapa munisipalitas perkotaan [[Polandia]] merupakan satuan [[administratif]] yang disebut sebagai "distrik urban" (''powiat grodzki''), mirip dengan administrasi lokal dengan pemerintahan otonom seperti "distrik rural" atau "kabupatenkabupatèn".
 
"Wilayah rata-rata (yang paling besar [[powiat Białystok]]) terdiri dari 5 – 8 munisipalitas." Distrik urban yang paling besar, dilihat dari segi penduduk dan luas, adalah kota [[Warsawa]]. Kekuasaan legislatif dalam sebuah distrik dilimpahkan kepada "dewan distrik" (''rada powiatu'') atau "dewan kota" (''rada miasta''), sedangkan kekuasaan eksekutif lokal dilimpahkan kepada ''starosta'' (semacam bupati), yang di wilayah perkotaan dinamai walikota (''burmistrz'') atau "presiden."
Larik 19:
 
Sesudah Polandia medapat kemerdekaan pada [[1918]], kembali powiat lagi menjadi kesatuan teritorial yang dasar di seluruh Polandia.
Powiat dihapuskan pada 1975 demi ''wojewodstwo'' yang lebih besar, tetapi diperkenalkan kembali pada 1999. Sekarang ada 314 "kabupatenkabupatèn" (''powiat ziemski'') dan 65 "kota otonom" (''powiat grodzki''), atau lebih resmi "kotapraja dengan status wilayah" (''miasto na prawach powiatu'').
-->
== Deleng uga ==
* [[Daftar powiat ing Polandia]]
 
{{geo-stub}}
 
[[Kategori:Pamérangan administratif]]
[[Kategori:Polandia]]
 
 
{{geo-stub}}