Kabupatèn Indragiri Hilir: Béda antara owahan

Konten dihapus Konten ditambahkan
c éjaan using AWB
Arupako (parembugan | pasumbang)
c éjaan, replaced: Indonesia → Indonésia (11) using AWB
Larik 12:
| kepadatan = -
| kacamatan = -
| bahasa = [[Basa Banjar]], [[Basa Melayu]], [[Basa Bugis]], [[Basa IndonesiaIndonésia]], dll.
| kalurahan = -
| dasar hukum =
Larik 24:
}}
 
'''Kabupatèn Indragiri Hilir''' iku [[kabupatèn]] ing provinsi [[Riau]], [[IndonesiaIndonésia]].
<!--
== Sejarah ==
Untuk melihat latar belakang sejarah berdirinya Kabupatèn [[Indragiri Hilir]] sebagai salah satu daerah otonom, dapat ditinjau dalam dua periode, yaitu periode sebelum kemerdekaan dan periode sesudah kemerdekaan Republik [[IndonesiaIndonésia]].
 
=== Periode Sebelum Kemerdekaan Republik [[IndonesiaIndonésia]] ===
 
'''[[Kerajaan Keritang]]'''
Larik 71:
'''Masa Pendudukan [[Jepang]]'''
 
Balatentara [[Jepang]] memasuki Indragiri Hilir pada tanggal 31 Maret 1942 melalui [[Singapura]] terus ke [[Rengat]]. Tanggal 2 April 1942 Jepang menerima penyerahan tanpa syarat dari pihak Belanda yang waktu itu dibawah Controlleur K. Ehling . Sebelum tentara [[Jepang]] mendarat untuk pertama kalinya di daerah ini dikumandangkan [[lagu IndonesiaIndonésia Raya]] yang dipelopori oleh Ibnu Abbas.
 
Pada masa pendudukan [[Jepang]] ini Indragiri Hilir dikepalai oleh seorang [[Cun Cho]] yang berkedudukan di [[Tembilahan]] dengan membawahi 5 [[Ku Cho]], yaitu:
Larik 83:
Pemerintahan [[Jepang]] di Indragiri Hilir sampai bulan Oktober 1945 selama lebih kurang 3,5 tahun.
 
=== Periode setelah berdirinya IndonesiaIndonésia ===
Pada awal kemerdekaan [[IndonesiaIndonésia]], [[Indragiri]] (Hulu dan Hilir) masih merupakan satu [[kabupatèn]]. Kabupatèn Indragiri ini terdiri atas 3 [[kewedanaan]], yaitu Kewedanaan [[Kuantan Singingi]] dengan ibu kotanya [[Teluk Kuantan]], Kewedanaan [[Indragiri Hulu]] dengan ibu kotanya [[Rengat]] dan Kewedanaan Indragiri Hilir dengan ibu kotanya Tembilahan.
 
Kewedanaan Indragiri Hilir membawahi 6 wewengkon yaitu:
Larik 115:
Setelah melalui penelitian, baik oleh Gubernur maupun Departemen Dalam Negeri, maka pemekaran diawali dengan dikeluarkannya Surat Keputusan Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Riau (Propinsi [[Riau]]) tanggal 27 April 1965 nomor 052/5/1965 sebagai Daerah Persiapan Kabupatèn Indragiri Hilir.
 
Pada tanggal 14 Juni 1965 dikeluarkanlah Undang-undang nomor 6 tahun 1965 Lembaran Nagara Republik [[IndonesiaIndonésia]] no. 49, maka Daerah Persiapan Kabupatèn Indragiri Hilir resmi dimekarkan menjadi Kabupatèn Daerah Tingkat II Indragiri Hilir (sekarang Kabupatèn Indragiri Hilir) yang berdiri sendiri, yang pelaksanaannya terhitung tanggal 20 November 1965.
-->
== Kacamatan-Kacamatan ==
Larik 155:
=== Perkebunan ===
 
Kebun Kelapa identik dengan Indragiri Hilir dan Indragiri Hilir adalah sentra kebun kelapa paling luas di [[IndonesiaIndonésia]], menjadi hamparan kebun kelapa dunia. Di sini pohon-pohon kelapa tumbuh dengan suburnya dari lahan-lahan yang semula hutan rawa-rawa.
 
sebagai nagara pemilik kebun kelapa terluas di dunia, [[IndonesiaIndonésia]] mempunyai perkebunan seluas 3,7 juta hektar yang tersebar di kepulauan kelapa. Wewengkon [[Kateman]] atau yang lebih di kenal dengan sebagai [[Sungai Guntung]] adalah [[Kacamatan]] yang memiliki kebun kelapa paling luas disana. Kebun-kebun ini adalah milik [[PT. Pulau Sambu]], sebuah perusahaan [[agrobisnis]] yang memiliki kebun sekaligus pabrik minyak kelapa di Indragiri Hilir.
 
Kebun kelapa disana dikelola secara profesional. Hamparan kebun itu bukan hanya subur, produktif dan dihandalkan, tapi juga indah mengasyikan. Kebun Kelapa [[Guntung]] sudah menjadi objek wisata atau [[agrowisata]] yang luar biasa. Dan inilah kebun kelapa raksasa dan daya tarik wisata yang tiada tara. Kabarnya disekitar pantai akan dibuat badan jalan, sepanjang tepi kanal dan tanggul akan dapat dilalui kendaraan.
Larik 210:
 
[[Kategori:Kabupatèn ing Riau|Indragiri Hilir]]
[[Kategori:Kabupatèn ing IndonesiaIndonésia|Indragiri Hilir]]
[[Kategori:Kabupatèn Indragiri Hilir| ]]