Layang èlèktronik: Béda antara owahan

Konten dihapus Konten ditambahkan
Legobot (parembugan | pasumbang)
c Bot: Migrating 113 interwiki links, now provided by Wikidata on d:q9158 (translate me)
Top4Bot (parembugan | pasumbang)
éjaan using AWB
Larik 1:
'''Layang èlèktronik''' ([[basa IndonesiaIndonésia]]: '''Surat elektronik''', dicekak '''ratel''', '''ratron''', '''surel''', utawa '''surat-e''') utawa '''layang digital''' utawa pos [[elektronik]] (dicekak '''pos-el''') utawa jeneng umumé jroning [[basa Inggris]] "'''''e-mail''''' utawa '''''email'''''" (ejaan IndonesiaIndonésia: '''imèl''') iku sarana kirim [[layang]] liwat jalur [[Internèt]].
<!--
Dengan surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman (dengan membeli [[perangko]]), tetapi surat elektronik umumnya biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk membayar sambungan Internet. Tapi ada perkecualian misalnya surat elektronik ke [[telepon genggam]], kadang pembayarannya ditagih per pengiriman.
 
== Sejarah ==
Surat elektronik sudah mulai dipakai di tahun [[1960-an]]. Pada saat itu Internet belum terbentuk, yang ada hanyalah kumpulan '[[mainframe]]' yang terbentuk sebagai [[jaringan]]. Mulai tahun [[1980-an]], surat elektronik sudah bisa dinikmati oleh khalayak umum. Sekarang ini banyak perusahaan pos di berbagai negaranagara menurun penghasilannya disebabkan masyarakat sudah tidak memakai jasa pos lagi.
-->
Anatomi layang èlèktronik:
Larik 20:
** <tt>'''vibriel'''</tt>: jeneng ''domain'', biasané nuduhaké jeneng prusahaan/organisasi/perorangan (Vibriel)
** <tt>'''net'''</tt>: ''second level domain'', nuduhaké yen ''domain'' iki klebu kategori ''networking'' (net)
** <tt>'''id'''</tt>: ''top level domain'', nuduhaké yen ''domain'' iki kadaftar ing otoritas ''domain'' [[IndonesiaIndonésia]] (id)
|}
<!--
Larik 35:
Ada dua cara untuk mengakses surat elektronik:
* Dengan cara menggunakan '[[browser web|browser]]', seperti [[Internet Explorer]] atau [[Mozilla Firefox]]. Metode ini disebut sebagai ''web-based'', artinya kita menggunakan media web sebagai perantara ke kotak surat elektronik. Contoh: [[Yahoo! Mail]] dan [[Gmail]]. Untuk menggunakannya, pengguna haruslah dalam keadaan ''online''. Layanan surat elektronik berbasis web biasanya disediakan oleh penyelenggara layanan email gratis.
 
* Menggunakan program pengakses surat elektronik (''e-mail client''), seperti: Eudora Mail, [[Outlook Express]], [[Mozilla Thunderbird]], Mutt. Dengan menggunakan program seperti ini, seseorang harus mengetahui konfigurasi yang bisa didapat dari ISP. Keuntungannya adalah dapat membaca surat elektronik tanpa perlu terhubung secara terus-menerus dengan internet dan puluhan surat elektronik dapat diterima dan dikirimkan secara bersama-sama sekaligus. Kelebihan yang lainnya adalah perangkat lunak ini menyediakan fungsi-fungsi penyuntingan dan pembacaan email secara ''offline''. Dengan demikian biaya koneksi ke internet dapat dihemat.
 
Baris 60 ⟶ 59:
* [[Milis]]
* [[Komunitas maya]]
 
{{stub}}
 
[[Kategori:Layang elektronik| ]]
 
 
{{stub}}